Yakes Telkom App

MONITOR KESEHATAN DENGAN YAKES TELKOM APP

Konsultasi DokterWAP & VIPKonfirmasi RJTL/RI
Medical RecordMedical Check UpInformasi
Login ke Yakes Telkom APPApp StoreGoogle Play

DIGITAL INFORMATION FOR HEALTH CARE SERVICE

Senin, 01 Januari 2018 - 22:07
DIGITAL INFORMATION FOR HEALTH CARE SERVICE
Sumber gambar : yakestelkom.or.id
Tahun 2017 menjadi acuan Yakes Telkom untuk berpacu dengan arus digital social yang semakin kencang di masyarakat Indonesia. Divisi IT Yakes Telkom terus berusaha megembangkan aplikasi-aplikasi yang menjadi sarana informasi bagi seluruh manajemen Yakes Telkom dan para peserta yang diantaranya Medical Record Online (MRO), Aplikasi berbasis Android dan IOS, SMS GateWay, dan Dashboard Controling and Monitoring.
 
Pengembangan Apliaksi ini menajadi salah satu pekerjaan utama Divisi IT Yakes Telkom untuk mensupport layanan Yakes Telkom kepada peserta, baik Pensiunan ataupun Karyawan beserta keluarga. Medical Record Online (MRO) atau yang awal diberi nama SIMOPYAN (Sistem Oprasi Layanan) berkembang menjadi dua aplikasi yaitu, Medical Record Online dan Medical Record WAP. Medical Record Online (MRO) berisikan Modul Registrasi, Modul Pemeriksaan Umum, Modul Pemeriksaan Gigi, Modul Pemeriksaan KB, Modul Pemeriksaan Ibu dan Anak, Modul restitusi, Modul Tindakan, Modul Rujukan, dan, Modul Resep. Kegunaan dari Medical Record Online adalah untuk mencatat seluruh transaksi medis peserta di TPKK.
 
Medical Record yang kedua adalah Medical Record WAP. Medical Record WAP memiliki kegunaan pencatatan serta pelaporan termasuk pada salah satu tugas penting dari kegiatan WAP. Dengan Medical Record WAP ini dapat mempermudah tugas para Ahli yang tergabung didalam WAP untuk berkomunikasi terkait progress treatment yang diberikan kepada peserta WAP.
 
Selain itu YakesTelkom menciptakan satu aplikasi pelayanan bagi para peserta berbasis Mobile (Android dan IOS) yang berkaitan dengan layanan kesehatan. Aplikasi tersebut diberi nama Health In Your Hand Yakes Telkom. Aplikasi HealthIn Your Hand ini telah soft launching oleh Direktur Yakes Telkom, Kamis (6/4) di Ruang konfrensi Lt.8, Gedung GMP Telkom Jl. Japati no.1 Bandung. Hari itu juga dibuka dengan kegiatan Seminar Kesehatan bersama Pensiunan dan karyawan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 Yakes Telkom. Peresmian aplikasi ini turut disaksikan oleh Jajaran Management Yakes Telkom, P2Tel, Karywan/ti PT. Telkom, dan sejumlah tamu undangan lainnya.
 
ads-ios.jpg
 
Demi mempermudah komunikasi antara Yakes Telkom dan para peserta, Yakes Telkom juga mengembangkan SMS GateWay yang diperuntukan untuk menyampaikan informasi kepda peserta mengenai tindak lanjut dari Restitusi yang dilakukan oleh peserta. Pasalnya Restitusi menjadi bagian dari pelayanan Yakes Telkom untuk bisa mengemabalikan biaya pengobatan peserta yang berobat kepada Mitra kesehatan yang sudah bekerjasama dengan YakesTelkom. Dengan adanya SMS GateWay ini para peserta diharpakn tidak perlu repot-repot untuk ke TPKK menanyakan Reimbursement.
 
Setelah semua aplikasi Digital Information yang dimiliki Yakes Telkom dikembangkan, Manajemen Yakes Telkom membuat suatu trobosan dengan menciptakan Dashboard Controling and Monitoring sebagai  salah satu alat untuk dapat menyajikan informasi  dan visualisasi data  antar muka  terutama perihal BP-CC sehingga dashboard ini dapat digunakan control dari program yang dilakukan dalam rangka kendali  biaya dan mutu. Dashboard ini juga dapat memiliki fungsi  Bisnis Intelegent untuk melaorkan, mengolah data, analisis, pengolahan data analisa prediktif bahkan Bisnis Ferformance Management. Karena pentingnya peran dashboard tersebut maka dipandan perlu alat ini dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pengambilan decision support dalam pengendalian BPCC. 
Pada akhir tahun 2017 ini Team IT, Bagian Keuangan  dan Bagian Yankesta Yakes Telkom telah selesai membangun Dashboard ini untuk tahap awal dan pengembangan selanjutnya focus pada dashboard penyakit utama yang berbiaya besar atau penyakit Top Six. 
 
Dashboard BPCC ini menyajikan kunjungan TPKK, costplant, Realisasi biaya nasional, Realisasi Biaya Perlayanan yang mengacu pada data RKA, SIMKUG, Biaya Operasional, dan data BP-CC. Data diambil berdasarkan pada data tagihan terakhir pembayaran yang dilakukan oleh keuangan sehingga jika ditemukan suatu kondisi trend, pola dan anomaly pada biaya BPCC dapat segera dilakukan tindakan untuk mencegah menjadi tidak terkontrol. 
 
Tampilan dalam dashboard ini juga penggunaan dalam menbaca informasinya cukup mudah sehingga ketika dibuka dapat memberikan gambaran secara umum tentang profile BPCC. Profil yang ditampilkan mencakup tampilan pencapaian Biaya Operasional dan BPCC dibandingkan dengan RKA dan pencapaian tahun sebelumnya sesuai bulan berjalan. Besar harapan kami Dashboard ini untuk dapat dimanfaatkan secara optimal dan penyempurnaannya adal dilakukan update pada tahun 2018 ini.
 
.
 
dashborad.jpg
 
Semoga di Tahun 2018 ini Yakes Telkom terus menciptkan trobosan program-program yang mampu menyempurnakan pelayanan kepada Peserta dan juga selalu memberikan pelayanan secara paripurna kepada seluruh peserta Yakes Telkom yaitu Karyawan dan Pensiunan beserta keluarga.