Yakes Telkom App

MONITOR KESEHATAN DENGAN YAKES TELKOM APP

Konsultasi DokterWAP & VIPKonfirmasi RJTL/RI
Medical RecordMedical Check UpInformasi
Login ke Yakes Telkom APPApp StoreGoogle Play

GOWES SANTAI SAAT PUASA

Jumat, 24 Mei 2019 - 14:41
GOWES SANTAI SAAT PUASA
Sumber gambar : Kontributor Reg 7
Makassar. Menyalurkan hobi tanpa memandang waktu dan tempat kapan dan dimanapun bisa saja dilakukan. Salah satu hobi yang baik saat puasa untuk tubuh adalah bersepeda. Yakes Regional Kepulauan dengan para pencinta gowes mengayuh sepedanya meskipun mereka berpuasa. Tepatnya Kamis (9/5) mereka melakukan gowes santai sambil menikmati suasana sore dengan semilir angin yang mulai adem menerpa wajah di seputaran kota Makassar.
 
Bersepeda saat puasa memang menjadi tantangan tersendiri karena akan berpikir melelahkan dan dehidrasi. Padahal, justru bulan puasa diharuskan untuk bergerak lebih agar dapat memobilisasi lemak untuk dikatabolisir menjadi gula darah dalam tubuh. Dengan berolahraga selama 15 menit sehari disaat berpuasa maka tubuh akan terasa segar, melancarkan alirah darah dan mengencakan otot yang lemas karena seharian tidak makan dan minum sehingga terasa enteng saat beraktivitas.
 
Disamping itu olahraga dikala berpuasa juga terbukti mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang membuat pendisribusian gula darah menuju ke sel-sel tubuh menjadi lebih efisien. Risiko akan kedatangan berbagai penyakit mematikan seperti jantung, stroke dan diabetes pun akan menurun. Selain itu, juga mampu membantu menetralkan semua determinan utama penuaan otot, meningkatkan fungsi kognitif, memperbaiki komposisi tubuh hingga mampu mencegah depresi.
(YKS07-01)