Yakes Telkom App

MONITOR KESEHATAN DENGAN YAKES TELKOM APP

Konsultasi DokterWAP & VIPKonfirmasi RJTL/RI
Medical RecordMedical Check UpInformasi
Login ke Yakes Telkom APPApp StoreGoogle Play

PELATIHAN POLA AKTIVITAS UNTUK PENYAKIT KRONIS

Senin, 12 November 2018 - 11:24
PELATIHAN POLA AKTIVITAS UNTUK PENYAKIT KRONIS
Sumber gambar : yakestelkom.or.id
Yakes-Telkom, dalam rangka transformasi paradigma fromcurative to preventive, terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Tidak hanya menyasar pada layanan kuratif yang diberikan di TPKK, tetapi Yakes-Telkom juga melakukan pembinaan kesehatan kepada peserta melalui rujukan yang diberikan oleh dokter ke Preventive Centre, sebagai pusat kegiatan promotif dan preventif terpadu untuk peserta Yakes-Telkom.
 
Untuk menunjang hal tersebut, Yakes-Telkom Pusat baru saja melakukan Pelatihan Pola Aktivitas untuk Penyakit Kronis pada tanggal 10 dan 11 November 2018. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Sabilulungan kantor Yakes Pusat, bertempat di Jalan Cisanggarung No. 2. Pelatihan yang dilakukan selama dua hari ini diikuti secara langsung oleh para instruktur Preventive Center Area III, Dokter dan Ahli Gizi yang bertugas di TPKK Jawa Barat, serta Tim Pembinaan baik Area maupun Pusat. Selain diikuti secara langsung oleh para peserta Yakes Jawa Barat, pelatihan ini juga diikuti secara online oleh karyawan bidang Pelayanan di seluruh Area Yakes. Dengan mekanisme webinar, pelatihan yang dilakukan selama dua hari tersebut menjadi pelatihan online pertamadi lingkungan Yakes-Telkom.
Pelatihan ini diisi oleh narasumber dari Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Pada hari pertama, narasumber dari BKOM memberikan materi mengenai Fisiologi Olahraga dan Program Latihan oleh Dody Iskandar, S.Si., M.Kes., AIFO. Pada sesi ini dibahas mengenai pentingnya menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Dengan bugar maka kita dapat bekerja secara produktif.
 
 
pelatihan-pola-aktivitas-pusat2.jpg
 
Materi selanjutnya dari BKOM diisi oleh dr. Riza Adriyani, M. Or mengenai Pemeriksaan Prepartisipasi, Olahraga BBTT (Baik Benar Teratur Terukur), dan Prinsip Latihan Fisik pada Penyakit Hipertensi dan PJK. Melalui materi tersebut, dijelaskan mengenai pentingnya pemeriksaan awal sebelum melakukan program latihan fisik ataupun kompetisi olahraga agar dapat mengurangi risiko terhadap kejadian penyakit jantung saat berolahraga. Peserta juga perlu mengetahui bahwa dalam berolahraga, ada prinsip untuk melakukan olahraga dengan baik, benar, teratur, dan terukur sehingga kebugaran jasmani yang disasar dapat tercapai.
 
 
pelatihan-pola-aktivitas-pusat4.jpg
 
Selain itu, dalam upaya untuk mengendalikan besarnya biaya yang dikeluarkan terhadap penanganan Top 6 (Diabetes Melitus, Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, Stroke, Gagal Ginjal Kronik, Kanker) atau yang disebut sebagai non communicable disease, materi pada hari kedua diisi mengenai prinsip latihan fisik pada Obesitas, Diabetes Melitus, Dislipidemia, serta penyakit gangguan tulang dan sendi. Materi ini diisi oleh dua narasumber dari PDSKO yaitu dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO dan dr. Nora Sutarina, Sp.KO. Rangkaian pelatihan selama dua hari tersebut ditutup dengan materi oleh dr. Edward E. Tambunan Sp.KO mengenai Penanganan Cedera Olahraga. Peserta pelatihan pun mendapatkan upgrade informasi terkait penanganan pertama yang dapat diberikan kepada pasien jika nantinya mengalami cedera ketika berolahraga.
 
pelatihan-pola-aktivitas-pusat6.jpg
 
Dengan materi-materi yang diberikan selama dua hari pelatihan tersebut, diharapkan peserta pelatihan mendapatkan wawasan serta pengetahuan baru untuk menangani pasien yang memerlukan rujukan pola aktivitas di Preventive Centre, mengevaluasi pola kerja, dan optimalisasi pemanfaatan sarana yang ada di Preventive Centre.
#sehatitukeren
 
Galeri Foto Pelatihan Pola Aktivitas :