Menjaga Kesehatan Mata di Era Virtual

Seiring dengan perkembangan Covid-19 yang belum menunjukkan penurunan signifikan, terjadi banyak perubahan tatanan dalam kehidupan. Hampir seluruh kegiatan baik pembelajaran dan perkantoran dilakukan secara virtual melalui gadget, sehingga praktis sebagian besar waktu tersita di depan laptop atau handphone. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan mata bagi Yakes Family. Dan perlu digaris bawahi, mata merupakan salah satu organ vital yang berhubungan dengan penyebaran dan penularan Covid-19.

Beberapa gangguan kesehatan mata yang terjadi di era virtual ini diantaranya computer vision syndrome atau sindrom penglihatan komputer, yang kasusnya meningkat selama empat hingga lima bulan terakhir. Keluhan yang umum didapati dari gangguan ini adalah pandangan menjadi kabur atau blur, dan sakit kepala. Maka pencegahan yang paling efektif adalah mengurangi intensitas serta waktu penggunaan layar computer dan gadget lain. Jika cara tersebut kurang memungkinkan karena banyaknya pekerjaan, maka tips 20-20-20 dapat dicoba.

Apakah 20-20-20 tersebut? Yakni, melakukan istirahat pandangan dari gadget setiap 20 menit, lalu melihat objek yang jaraknya 20 kaki dari mata, selama 20 detik. Upaya lain untuk mencegah gangguan tersebut adalah mengatur kecerahan cahaya dan kontras layar. Tidak dianjurkan untuk bekerja di ruangan yang pencahayaannya kurang. Meskipun gangguan ini tidak menimbulkan gejala yang permanen, namun jika tidak melakukan tindakan pencegahan serta penanganan saat sudah ada gejala, maka gangguan bisa terus terjadi bahkan lebih berat.

Selain pencegahan secara fisik, Yakes Family juga perlu melakukan pencegahan terhadap timbulnya gangguan mata dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang dapat menunjang kesehatan mata yaitu:

  1. Omega-3

Fungsi penting Omega 3 pada kesehatan mata adalah sebagai penjaga kesehatan retina dan membantu mencegah mata kering. Sifat Omega 3 sebagai zat anti inflamasi atau anti peradangan dapat membantu imun tubuh untuk melawan virus. Omega 3 banyak terkandung pada ikan seperti ikan kembung; ikan teri; ikan sarden; dan banyak ikan laut lain. Selain itu juga terkandung pada kuning telur, dan bagi para vegetarian tidak perlu khawatir karena sumber protein nabati seperti kedelai, chia seed, dan flaxseed mengandung Omega 3 yang cukup tinggi untuk menunjang kesehatan mata.

  1. Vitamin A

Zat gizi ini sudah sangat popular dikenal sebagai “pelindung” kesehatan mata. Kandungan anti oksidan dalam vitamin A mencegah timbulnya radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Retinol dan betakaroten sebagai antioksidan dalam vitamin A banyak terkandung dalam makanan berwarna kuning atau oranye seperti wortel, ubi kuning, labu kuning, buah bit.

  1. Vitamin C

Hampir sama dengan vitamin A, dalam vitamin C juga terkandung anti oksidan sebagai pencegah radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan retina, mencegah katarak, juga menjaga kesehatan pembuluh darah mata. Vitamin C terkandung dalam buah dan sayur yang ada di sekitar kita.

  1. Zink

Zink bekerja sama dengan vitamin A untuk mensintesisnya guna menjaga kesehatan retina sehingga lebih maksimal dalam menunjang mata dan penglihatan yang sehat. Zink terkandung dalam sumber hewani seperti ikan dan daging ayam (tanpa kulit), juga sumber nabati seperti kedelai dan buah- buahan yakni alpukat, pisang, serta sayuran hijau.

Nah, setelah Yakes Family mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat digunakan sebagai sumber zat gizi untuk kesehatan mata, berikut resep minuman segar yang dapat dicoba Yakes Family di rumah untuk menjaga penglihatan kita di era virtual ini , berikut bahan- bahan dan cara membuat :

Yakes Karotenoid Smoothie

Bahan :

  • Strawberry  (50 gr/ 5 BUAH)
  • Wortel (60 gr/ 1 buah ukuran sedang)
  • Oatmeal (30 gr/ 3 sdm)
  • Yoghurt tawar (100 ml)

Cara Membuat :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender
  2. Blender bahan-bahan tersebut dengan kecepatan minimal
  3. Tambahkan es batu jika suka
  4. Yakes Karotenoid Smoothie siap disajikan

Keterangan :

  • Kandungan kalori tiap satu sajian: 183 kkal
  • Kandungan vitamin A tiap 1 sajian: 967 mcg (lebih tinggi dari AKG vitamin A harian: 700 mcg), Karoten: 4 mcg

Vitamin A didapatkan dari strawberry dan wortel

Selamat mencoba, Yakes Family! #SehatTekadKita (YKS04)

 

Referensi :

Prinsip Dasar Ilmu Gizi Sunita Almatsier 2006

Baca juga : Yakes Mobile, Download Sekarang dan Nikmati Segudang Manfaatnya