Metode Tracing Kontak Erat Penderita Covid-19 bagi Pelanggan Yakes Jateng & DIY

Masih tingginya angka penularan covid-19 di wilayah Jateng & DIY, yaitu berada di urutan ke-3 setelah DKI Jakarta dan Surabaya, menuntut kita untuk lebih waspada dan tetap pro aktif dalam mencegah terjadinya penularan.

Jika ada salah satu pelanggan (Karyawan Telkom/TelkomGroup/Pensiunan) kita terindikasi terinfeksi Covid-19, bagaimanakah cara kita melakukan tracing dengan baik untuk mencegah penularannya? Mungkinkah kita melakukan investigasi pada semua yg berkontak? Berapa banyak waktu yang dibutuhkan?

Untuk itu Yakes Regional Jateng & DIY berinovasi membuat langkah sederhana untuk mempersingkat waktu investigasi dalam bentuk pengisian link google form yang di dalamnya berisi serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan tracing kontak erat penderita Covid-19.

Hasil pengisian link google form tersebut  digunakan untuk menentukan apakah pelanggan memerlukan pemeriksaan laboratorium (rapid test/pemeriksaan darah rutin /CRP kuantitatif/swab) atau cukup isolasi mandiri tanpa pemeriksaan laboratorium. Tentu saja kejujuran pelanggan dalam menjawab pertanyaan yang ada di google form tersebut menjadi kunci keberhasilan tracing dengan metode ini.

Dengan tersosialisasinya link google form ini kepada seluruh pelanggan, besar harapan jika suatu saat Yakes Telkom Regional Jateng & DIY dihadapkan pada suatu kondisi harus melakukan tracing, berapapun jumlah peserta yang di tracing tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tindak lanjut bagi yang kontak erat dengan pelanggan yang terindikasi Covid-19 dapat segera dilakukan. (YKS-04)