Jumat, 18 Februari 2022 14:28 WIB

Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Lemak Perut Meningkat

Ditinjau oleh : Kebanyakan orang tidak menyadari kebiasaan sehari-hari ini justru dapat meningkatkan kondisi lemak dalam perut

picture-of-article

Kebanyakan orang tidak menyadari kebiasaan sehari-hari ini justru dapat meningkatkan kondisi lemak dalam perut. Hal ini akan berakibat fatal jika kondisi lemak perut menjadi over atau Obesitas, yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan serta menimbulkan risiko penyakit lainnya.

Melansir dari laman Eat This, kondisi lemak perut yang berlebih akan berpotensi menyebabkan beberapa penyakit seperti :

  • Penyakit Jantung
  • Gangguan Pernapasan
  • Diabetes
  • Kematian Dini

Adapun beberapa kebiasaan harian yang dapat menyebabkan peningkatan lemak dalam perut diantaranya adalah :

  1. Terlalu Banyak Ngemil
    Kebiasaan untuk selalu makan camilan dapat membuat kondisi lemak dalam perut meningkat, hal ini dikarenakan camilan banyak mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.
     
  2. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berkarbohidrat
    Mengkonsumsi terlalu banyak olahan makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat meningkatkan lemak dalam perut, ini disebabkan olahan karbohidrat mengandung kadar gula yang tinggi.
     
  3. Makan Terlalu Cepat
    Menurut penelitian yang ditemukan oleh Journal of American Dietetic Association, pola makan yang lebih lambat justru dapat lebih kenyang dibandingkan dengan pola makan secara cepat.
     
  4. Makan Terlalu Larut Malam
    Kebiasaan lain yang sering ditemukan adalah makan terlalu larut makan. Hal ini dapat berakibat buruk karena asupan makanan yang dikonsumsi mendekati waktu tidur, tidak dapat tercerna dengan baik dan meningkatkan risiko penumpukan lemak dalam perut.
     
  5. Melewatkan Sarapan
    Kebiasaan untuk melewatkan waktu sarapan pagi juga dapat meningkatkan risiko penambahan lemak perut, hal ini disebabkan oleh adanya hormon insulin yang justru dapat meningkat ketika tubuh tidak mengkonsumsi kadar kalori yang normal.
     
  6. Jarang Melakukan Olahraga
    Selain kebiasaan makan, faktor olahraga juga dapat menentukan kadar lemak dalam perut, orang yang berolahraga akan menggunakan energi dalam makanan sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dihindari dengan mulai melakukan kebiasaan hidup sehat yang diiringi dengan rutin melakukan olahraga.

Baca juga : Mau Mudik Lebaran? Jangan Lupa Siapkan Hal Ini Yakes Family!

0 Disukai

133 Kali Dibaca