Kamis, 28 April 2022 17:14 WIB

Jaga Tubuh Tetap Sehat Dengan Mengatur Pola Makan Saat Hari Raya

Ditinjau oleh : Hari Raya Idul Fitri identik dengan adanya perayaan dengan berkumpul bersama keluarga serta makan-makan

picture-of-article

Hari Raya Idul Fitri identik dengan adanya perayaan dengan berkumpul bersama keluarga serta makan-makan. Banyak makanan yang biasanya dihidangkan pada saat hari raya, seperti kue, makanan bersantan, serta makanan dengan daging di dalamnya yang jika dikonsumsi berlebih dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri waktu makan kembali seperti semula dibandingkan saat berpuasa, setidaknya terdapat 16 jam atau bahkan lebih untuk bisa mengkonsumsi makanan. Hal ini juga menjadikan frekuensi makan menjadi lebih sering atau bisa kapanpun.

Mengingat hal tersebut, ada baiknya untuk tetap menjaga pola makan agar tidak timbul masalah kesehatan pada saat berkumpul bersama. Berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengatur makanan yang baik saat hari raya, seperti :

  1. Porsi Makan Kecil
    Saat hari raya, makan lah secukupnya dengan porsi kecil. Salah satu tipsnya dapat menggunakan piring kecil untuk mengurangi konsumsi berlebih.
     
  2. Protein Harus Lebih Banyak Dari Karbohidrat
    Konsumsi makanan berprotein harus lebih besar dibandingkan makanan berkarbohidrat, hal ini dikarenakan protein dapat menghasilkan rasa kenyang lebih lama yakni 4-8 jam dibandingkan karbohidrat.
     
  3. Konsumsi Buah dan Sayur
    Tetap mengkonsumsi buah dan sayuran hijau untuk menyeimbangkan konsumsi makanan berlemak ataupun bersantan saat hari raya. Selain itu serat pada buah dan sayur dapat menyerap kelebihan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

  1. Tidak Menuang Kuah Terlalu Banyak
    Pastikan saat memakan makanan dengan kuah bersantan tidak mengambil kuah terlalu banyak, hal ini dikarenakan kuah bersantan memiliki banyak zat seperti lemak jenuh tinggi yang kurang baik untuk tubuh. Ambilah lauk seperti pada ayamnya saja pada olahan opor.
     
  2. Tidak Makan Terlalu Cepat
    Beberapa penelitian menyebutkan makan terlalu cepat justru akan lebih menimbulkan rasa lapar kembali datang. Selain itu, makan terlalu cepat juga tidak baik untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, disarankan untuk makan secara perlahan sekitar 15-20 menit.
     
  3. Makan Dengan Varian Menu Berbeda Setiap Waktu Makan
    Hal ini berguna sebagai penyeimbang dikala makan pagi, makan siang serta makan malam agar konsumsi gizi, baik protein, serat maupun karbohidrat tetap terjaga seimbang
     
  4. Makan Kue Hanya Saat Di Jam Snack atau Diantara Waktu Makan Berat
    Makan lah kue atau snack lainnya pada saat diantara waktu makan berat, selain itu tetap batasi jumlah konsumsinya agar kalori yang dikonsumsi tidak melebihi batas kalori harian.
     
  5. Perbanyak Minum Air Putih
    Air putih yang memiliki 0 kalori menjadi minuman yang baik dikonsumsi selain dibandingkan minuman bersoda yang memiliki total 100-150 kkal ataupun minuman kemasan lainnya.

Sebagai contoh, pada menu makanan khas hari raya seperti 100 gram kue nastar memiliki kandungan kalori sebesar 512 kkal, protein 16 gram, lemak 24,5 gram serta karbohidrat 57 gram. Sementara untuk 240 gram porsi opor ayam mengandung kalori sebesar 320 kkal, 11 gram karbohidrat, 15 gram protein serta 25 gram lemak.

Sementara itu, untuk tips sehat saat berlebaran lainnya adalah seperti :

  • Kendalikan Nafsu Makan, hal ini seperti saat berkunjung ke rumah orang lain, habiskan banyak waktu untuk mengobrol agar tidak tergoda untuk mencicipi banyak makanan yang disajikan.
  • Perhatikan Varian Makanan, seperti :
    - Karbohidrat : 45-60% dari total kalori harian
    - Lemak : 20-25% dari total kalori harian
    - Protein : 10-20% dari total kalori harian
    - Serat : lebih dari 25 gram per hari
    - Gula : 50 gram atau setara 4 sendok makan per hari
    - Garam : 5 gram atau setara 1 sendok makan per hari.
  • Penuhi Piring Dengan Sayur, agar merasa lebih cepat kenyang karena mengandung banyak serat.
  • Hindari Bagian Daging Yang Berlemak, agar menghindari peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Jangan makan Berlebih atau Sampai Kekenyangan, guna mencegah terjadinya kelebihan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Untuk menyaksikan kembali webinar kesehatan bersama Yakes-Telkom dengan tema Pengaturan Makanan Yang Tepat Saat Hari Raya ini, Yakes Family dapat mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui link https://bit.ly/MengaturMakanSaatHariRaya

Selain info di atas, jika ingin lihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link:
linktr.ee/YakesPromotifPreventif

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Faktor Risiko Osteoporosis di Usia Senja

0 Disukai

810 Kali Dibaca