Rabu, 02 Februari 2022 10:45 WIB

Mengenal Lebih Jauh BA.2, Subvarian Virus Baru yang Dijuluki ‘Son of Omicron’

picture-of-article

Persoalan baru terkait Covid-19 kembali mencuri perhatian masyarakat umum, kali ini sub varian baru yang disebut-sebut sebagai ‘Son of Omicron’ yakni jenis BA.2 telah teridentifikasi di beberapa negara. Lantas apa sebenarnya sub varian BA.2 ini? apakah lebih berbahaya dari beberapa varian covid sebelumnya?

Melansir dari data Medical News Today, sub varian virus yang disebut sebagai ‘Son of Omicron’ ini sebagian besar merupakan mutasi yang sama dengan Omicron. Sementara itu, berdasarkan artikel yang dilansir oleh Newscientist.com sub varian BA.2 ini dapat memungkinkan 50 persen lebih mudah menular dibandingkan sub varian BA.1, namun tidak lebih berbahaya daripada BA.1.

Baca Berita Lainnya : Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes

Meskipun tingkat penyebaran sub varian BA.2 ini lebih tinggi, masyarakat diimbau tidak perlu panik, namun cukup hati-hati dan waspada terhadap penyebaran sub varian BA.2 ini. sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Wakil Presiden Kesehatan Global di RTI International Dr Richard Reithinger, yang menjelaskan untuk saat ini vaksin Covid-19 masih cukup efektif untuk melindungi orang dari infeksi terhadap varian virus Covid-19.

“Selain itu divaksinasi, orang harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak fisik, dan cuci tangan, terutama di lingkungan yang ramai atau dengan transmisi tinggi,”jelas Dr Richard.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Direksi Yakes Telkom Kunjungi Peserta di Beberapa Rumah Sakit Mitra

0 Disukai

173 Kali Dibaca