Rabu, 16 Desember 2020 03:21 WIB

Mengenal Lebih Jauh Tentang Telemedicine

picture-of-article

Di tengah masa pandemi Covid-19, Telemedicine merupakan salah satu layanan yang marak digunakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan.

Sebenarnya layanan telemedicine ini tidak hadir secara di khusus di saat pandemi covid-19 ini, layanan ini telah ada sebelumnya, dengan menggunakan perangkat teknologi yang berbeda.

Telemedicine merupakan pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh dokter umum atau dokter gigi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk kepentingan konsultasi dan pengobatan individu maupun kelompok masyarakat. Telemedicine dapat dilakukan dalam bentuk moda daring tulisan, suara dan atau video secara langsung.

Telemedicine dapat dilakukan secara langsung (sinkronis) ataupun secara tidak langsung (asinkronis):

  1. Telemedicine sinkronis : dilakukan dengan cara interaktif secara langsung, misalnya melalui video call, sehingga baik dokter atau pasien dapat berinteraksi langsung untuk konsultasi. Walau konsultasi dilakukan secara online, dokter tetap memegang data kesehatan pasien sebagai dasar konsultasi tersebut.
  2. Telemedicine asinkronis : data kesehatan pasien dikirim melalui email kepada dokter, dipelajari, kemudian muncul diagnosa.

Menurut WHO, ada 4 hal tentang telemedicine yang saling terkait:

  1. Untuk memberikan dukungan klinis
  2. Mengatasi hambatan geografis dan jarak
  3. Menggunakan berbagai jenis perangkat teknologi informasi
  4. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Fungsi utama dari telemedicine adalah mempermudah pelayanan medis oleh tenaga/fasilitas kesehatan, bagi masyarakat yang lokasinya sulit dijangkau. Selain fungsi utama tesebut, telemedicine juga mempunyai beberapa fungsi antara lain :

  1. Mempercepat dan memudahkan sistem rujukan
  2. Membantu pertolongan pertama pada pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit
  3. Membantu akses kesehatan bagi masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan
  4. Membantu mengurangi kepadatan rumah sakit sehingga layanan di rumah sakit bisa lebih maksimal bagi pasien yang membutuhkan.

Dalam melakukan layanan kesehatan di masa pandemi covid-19, Yakes Telkom juga melakukan layanan telemedicine kepada para pelanggannya. Pelanggan dapat mengakses layanan telemedicine dari manapun, dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimilikinya. Pelanggan dapat melakukan interaksi langsung dengan dokter melalui daring tulisan, suara ataupun video call. Proses telemedicine akan menjadi lebih cepat dengan adanya hasil pemeriksaan penunjang dalam bentuk soft copy yang telah dikirim oleh pihak laboratorium. Sehingga dengan layanan telemedicine ini pelanggan Yakes Telkom tetap mendapatkan layanan kesehatan dengan rasa aman, mudah, cepat, akurat dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang telah terintegrasi.

Dalam pelaksanaan telemedicine tentu dibutuhkan berbagai macam dukungan antara lain koneksi internet yang stabil agar layanan konsultasi dapat berjalan lancar, dan yang paling penting adalah edukasi kepada masyarakat tentang cara akses telemedicine dengan menggunakan teknologi yang ada.

Sehingga dalam situasi pandemi ini, telemedicine tetap menjadi pilihan utama meski masyarakat masih bisa mengakses fasilitas layanan kesehatan secara langsung. (YKS-04)

Baca juga : MEMPERSIAPKAN MASA PENSIUN