Jumat, 18 Februari 2022 13:27 WIB

Tembus 60rb Lebih Kasus Positif Covid Baru, Kemenkes Pastikan BOR RS Nasional Masih Memadai

Ditinjau oleh : Perkembangan kasus positif Covid-19 di Indonesia kini telah mencapai 63.956 per 17 Februari lalu

picture-of-article

Perkembangan kasus positif Covid-19 di Indonesia kini telah mencapai 63.956 per 17 Februari lalu. Menanggapi hal tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memastikan keterisian rumah sakit (BOR) masih dalam kondisi yang memadai.

Setidaknya hingga 17 Februari siang, jumlah keterisian rumah sakit mencapai 36% dengan total pemakaian tempat tidur sebanyak 33.643 serta yang tersedia sebanyak 92.690. Dengan rincian tempat tidur ICU tersedia 8.627 dan tempat tidur isolasi sebanyak 85.063.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid terus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan upaya penguatan protokol kesehatan untuk mencegah perluasan penyebaran Covid-19 varian Omicron.

“Kita berharap masyarakat tetap waspada walaupun mungkin terjadi penurunan kasus di wilayahnya. Ingat bahwa untuk Jawa dan Bali akan ada potensi peningkatan kasus di 3 sampai 4 minggu ke depan. Oleh karena itu kita tetap menjalankan protokol kesehatan, deteksi dini, dan segera vaksinasi,”jelas dr. Nadia

dr. Nadia juga menyampaikan meskipun tingkat perawatan pasien Covid-19 varian Omicron di rumah sakit ini lebih rendah dibandingkan dengan gelombang varian Delta lalu, Ia menyoroti risiko gejala berat untuk beberapa kelompok rentan seperti lansia, pengidap komorbid serta orang-orang yang belum melakukan vaksinasi.

"Kita tahu walaupun kematian serta perawatan di rumah sakit akibat Omicron jauh lebih rendah dibandingkan pada saat Delta, tetap akan ada kelompok-kelompok yang berisiko terjadi keparahan dan kematian yaitu kelompok lansia, kemudian kelompok komorbid apalagi komorbidnya lebih dari satu dan tidak terkendali dengan baik,"tambah dr. Nadia

Baca juga : Hepatitis Akut Masih Menjadi Ancaman, Masyarakat Diharapkan Tetap Waspada

0 Disukai

95 Kali Dibaca