Senin, 22 Maret 2021 09:23 WIB

Olahraga Kesehatan

Olahraga Kesehatan adalah olahraga yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dinamis yaitu bukan hanya sehat dikala diam (sehat statis), dimana seseorang mempunyai kemampuan gerak yang dapat mendukung aktivitas kehidupannya  sehari-hari. 

Berdasarkan konsep di atas, maka dapat digambarkan bahwa orang yang sehat secara dinamis (sehat dikala aktif) pasti juga sehat secara statis (sehat dikala diam), tetapi orang yang sehat secara statis belum tentu sehat secara dinamis. 

Secara fisiologis olahraga kesehatan dapat dilihat dari beberapa prinsip diantaranya:

  1. Gerakannya mudah, sehingga dapat diikuti oleh orang kebanyakan.
  2. Gerakannya tidak eksplosif.
  3. Tidak ada gerakan yang sangat cepat dan kuat (power) hanya bersifat low impact (hentakan ringan) dan half impact (hentakan sedang).
  4. Terdiri dari berbagai gerak yang dapat menjangkau seluruh sendi dan otot sehingga tidak melatih otot dan sendi tertentu saja.
  5. Gerakan yang dilakukan bersifat berkelanjutan (continue), memiliki serangkaian gerak yang diatur atau tidak berhenti sejenak di tengah latihan. Pada dasarnya istirahat terlalu lama akan menurunkan denyut nadi latihan. 
  6. Bebas stres, yaitu olahraga tidak bersifat kompetitif seperti olahraga prestasi (atlet) atau olahraga permainan (sepak bola).
  7. Dilakukan 3-5 x seminggu (minimal 2x seminggu)
  8. Dapat mencapai intensitas latihan antara 65-80% dari denyut nadi maksimal. Cek denyut nadi maksimal melalui Kalkulator Sehat ini.
  9. Bersifat adekuat (cukup), yaitu dilakukan selama 10 – 30 menit.
  1. Mencegah terkena Penyakit Tidak Menular (Non Infeksi)
    Manfaat dari rutin melakukan olahraga kesehatan yaitu dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut dapat dijadikan cara untuk mengontrol keseimbangan kondisi tubuh sehingga bisa terhindari terkenanya penyakit tidak menular seperti Diabetes Mellitus, Hipertensi, Dislipidemia (tingginya kolesterol dalam darah) dan Penyakit Jantung Koroner. 

  2. Meningkatkan kemampuan gerak
    Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan kontraksi otot dan kemampuan sendi. Jika otot dan sendi terlatih maka kemampuan gerak akan meningkat sesuai yang diinginkan.

  3. Meningkatkan kebugaran
    Kebugaran merupakan suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi seseorang agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami gangguan kesehatan dan kelelahan yang berlebih.

  4. Mengendalikan berat badan
    Secara tidak langsung olahraga kesehatan akan meningkatkan metabolisme sehingga penumpukan lemak di dalam tubuh dapat terkontrol.

  5. Meningkatkan semangat hidup
    Orang yang sehari-hari menjalankan olahraga kesehatan maka akan meningkat secara motivasi dan juga semangat dalam melakukan aktivitas karena hormon endorfinnya akan meningkat.

  6. Meningkatkan imun tubuh
    Olahraga kesehatan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dikarenakan kebugaran yang selalu terjaga sehingga tidak gampang sakit.

  7. Menangkal radikal bebas
    Saat melakukan olahraga kesehatan, tubuh akan menghasilkan anti radikal bebas, sedangkan olahraga yang berat dapat menghasilkan radikal bebas yang akan merusak inti sel dalam tubuh sehingga mempercepat penuaan.

  1. Jalan santai.
  2. Jogging.
  3. Sepeda.
  4. Renang.
  5. Berkuda.
  6. Tenis meja.
  7. Badminton.
  8. Senam.
  9. Angkat beban.

Bisa dilihat dari beberapa olahraga di atas dikategorikan sebagai olahraga kesehatan dengan catatan mematuhi prinsip-prinsip olahraga yang menjadi pedoman sebagai olahraga kesehatan.

Baca juga : Diagnosis Obesitas