• Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terpopuler

Info Terbaru

Artikel

Be Mindful of Your Mental Health Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

Artikel

Wow! Sekarang Semua Bisa Buka Yakes Mobile Hi teman-teman TelkomGroup! Ada kabar gembira nih, sekarang Yakes Mobile bisa digunakan oleh seluruh karyawan Telkom Group loh! Caranya mudah sekali. Silakan download aplikasi Yakes Mobile melalui PlayStore dan AppStore. Kemudian lakukan login dengan akun Portal Telkom. Teman-teman bisa mengakses berbagai informasi seputar kesehatan yang tersedia di Yakes Mobile dan pastinya bermanfaat sekali. Tidak hanya itu, bila ingin berkonsultasi seputar gizi dan psikologi bisa langsung akses menu Konsultasi Ahli yang tersedia hanya di aplikasi Yakes Mobile. Seru kan.. Selamat mencoba! Helpdesk: 082115667778 #SehatdiTanganAnda #MelayaniDenganCinta

Artikel

Yakes Mobile, Download Sekarang dan Nikmati Segudang Manfaatnya Kemudahan akses informasi menjadikan kita kian mengandalkan 'mesin pencari' saat sedang sakit tanpa harus bergerak mendatangi lokasi klinik atau rumah sakit. Ini merupakah salah satu yang mendorong Yakes untuk membuat aplikasi Yakes Mobile untuk memudahkan pelanggannya (peserta Yakes) dalam mengakses layanan kesehatan. Beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari pendaftaran antrian klinik TPKK secara online, pengajuan restitusi online, hingga konsultasi dokter melalui chat. Untuk mengetahui direktori dokter dan mitra layanan misalnya rumah sakit, laboratorium, optik dan lain lain juga dapat dilihat di menu Informasi. Berbagai informasi terbaru mengenai kesehatan juga bisa kita temukan dalam artikel-artikel maupun infografis di laman depan aplikasi, seperti info-info pencegahan virus Corona yang saat ini sedang menjadi issue global berikut call center yang dapat langsung diakses dengan sekali klik. Segudang manfaatnya, sayang sekali bila tidak kita manfaatkan. Yuk download aplikasinya melalui Play Store maupun AppStore. ==== Helpdesk: 082115667778 #SehatdiTanganAnda #MelayaniDenganCinta

Artikel

Menjaga Kesehatan Mata di Era Virtual Seiring dengan perkembangan Covid-19 yang belum menunjukkan penurunan signifikan, terjadi banyak perubahan tatanan dalam kehidupan. Hampir seluruh kegiatan baik pembelajaran dan perkantoran dilakukan secara virtual melalui gadget, sehingga praktis sebagian besar waktu tersita di depan laptop atau handphone. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan mata bagi Yakes Family. Dan perlu digaris bawahi, mata merupakan salah satu organ vital yang berhubungan dengan penyebaran dan penularan Covid-19. Beberapa gangguan kesehatan mata yang terjadi di era virtual ini diantaranya computer vision syndrome atau sindrom penglihatan komputer, yang kasusnya meningkat selama empat hingga lima bulan terakhir. Keluhan yang umum didapati dari gangguan ini adalah pandangan menjadi kabur atau blur, dan sakit kepala. Maka pencegahan yang paling efektif adalah mengurangi intensitas serta waktu penggunaan layar computer dan gadget lain. Jika cara tersebut kurang memungkinkan karena banyaknya pekerjaan, maka tips 20-20-20 dapat dicoba. Apakah 20-20-20 tersebut? Yakni, melakukan istirahat pandangan dari gadget setiap 20 menit, lalu melihat objek yang jaraknya 20 kaki dari mata, selama 20 detik. Upaya lain untuk mencegah gangguan tersebut adalah mengatur kecerahan cahaya dan kontras layar. Tidak dianjurkan untuk bekerja di ruangan yang pencahayaannya kurang. Meskipun gangguan ini tidak menimbulkan gejala yang permanen, namun jika tidak melakukan tindakan pencegahan serta penanganan saat sudah ada gejala, maka gangguan bisa terus terjadi bahkan lebih berat. Selain pencegahan secara fisik, Yakes Family juga perlu melakukan pencegahan terhadap timbulnya gangguan mata dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang dapat menunjang kesehatan mata yaitu: Omega-3 Fungsi penting Omega 3 pada kesehatan mata adalah sebagai penjaga kesehatan retina dan membantu mencegah mata kering. Sifat Omega 3 sebagai zat anti inflamasi atau anti peradangan dapat membantu imun tubuh untuk melawan virus. Omega 3 banyak terkandung pada ikan seperti ikan kembung; ikan teri; ikan sarden; dan banyak ikan laut lain. Selain itu juga terkandung pada kuning telur, dan bagi para vegetarian tidak perlu khawatir karena sumber protein nabati seperti kedelai, chia seed, dan flaxseed mengandung Omega 3 yang cukup tinggi untuk menunjang kesehatan mata. Vitamin A Zat gizi ini sudah sangat popular dikenal sebagai “pelindung” kesehatan mata. Kandungan anti oksidan dalam vitamin A mencegah timbulnya radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Retinol dan betakaroten sebagai antioksidan dalam vitamin A banyak terkandung dalam makanan berwarna kuning atau oranye seperti wortel, ubi kuning, labu kuning, buah bit. Vitamin C Hampir sama dengan vitamin A, dalam vitamin C juga terkandung anti oksidan sebagai pencegah radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan retina, mencegah katarak, juga menjaga kesehatan pembuluh darah mata. Vitamin C terkandung dalam buah dan sayur yang ada di sekitar kita. Zink Zink bekerja sama dengan vitamin A untuk mensintesisnya guna menjaga kesehatan retina sehingga lebih maksimal dalam menunjang mata dan penglihatan yang sehat. Zink terkandung dalam sumber hewani seperti ikan dan daging ayam (tanpa kulit), juga sumber nabati seperti kedelai dan buah- buahan yakni alpukat, pisang, serta sayuran hijau. Nah, setelah Yakes Family mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat digunakan sebagai sumber zat gizi untuk kesehatan mata, berikut resep minuman segar yang dapat dicoba Yakes Family di rumah untuk menjaga penglihatan kita di era virtual ini , berikut bahan- bahan dan cara membuat : Yakes Karotenoid Smoothie Bahan : Strawberry  (50 gr/ 5 BUAH) Wortel (60 gr/ 1 buah ukuran sedang) Oatmeal (30 gr/ 3 sdm) Yoghurt tawar (100 ml) Cara Membuat : Masukkan semua bahan ke dalam blender Blender bahan-bahan tersebut dengan kecepatan minimal Tambahkan es batu jika suka Yakes Karotenoid Smoothie siap disajikan Keterangan : Kandungan kalori tiap satu sajian: 183 kkal Kandungan vitamin A tiap 1 sajian: 967 mcg (lebih tinggi dari AKG vitamin A harian: 700 mcg), Karoten: 4 mcg Vitamin A didapatkan dari strawberry dan wortel Selamat mencoba, Yakes Family! #SehatTekadKita (YKS04)   Referensi : Prinsip Dasar Ilmu Gizi Sunita Almatsier 2006

Berita

CINTA YAKES, Mengudara via IG Live Series Yakes Telkom pada Oktober 2020 meluncurkan program baru yaitu Sharing Cinta Yakes (Sharing Cerita tentang Yakes). Sharing Cinta Yakes adalah suatu media campaign Yakes Telkom untuk berbagi cerita kepada pelanggan Yakes dan juga mensosialisasikan program Yakes Telkom. Sharing Cinta Yakes terinspirasi dari program Pagi Ceria (Pelanggan Berbagi Cerita), Program ini akan dikemas dengan lebih santai dan mudah diikuti melalui platform media sosial official Yakes Telkom (Instagram & Facebook). Launching Sharing Cinta Yakes diadakan pada Kamis (8/10), dan pada edisi perdana ini Direktur Utama Yakes Telkom, T.Zilmahram berkenan hadir sebagai narasumber. Dipandu oleh Harnindya Redhita salah satu GENTA dari Yakes Regional IV Jateng & DIY, IG Live Streaming berjalan lancar dan diikuti hingga 174 viewer. Pada kesempatan IG live tersebut, Zil berbagi diskusi tentang pedoman kerja Yakes Telkom yang baru dalam melayani pelanggan yaitu POT CINTA, serta program terbaru Yakes Telkom seperti SABAYA, YAKIN, Taman SEHATI, SEHARUM, PAGI CERIA yang tentunya bertujuan agar Yakes Telkom lebih dekat dengan pelanggan. Pada diskusi tersebut, Zil juga mengapresiasi bahwa Launching Sharing Cinta Yakes ini diprakarsai oleh tim GENTA (Generasi Millenial Yakes Melayani dengan Cinta), dan diharapkan GENTA ini dapat gesit, energik, inovatif, tangguh, serta aktif menjalankan program-program Yakes Telkom agar lebih baik lagi kedepannya. Kegiatan live streaming melalui platform media sosial official Yakes Telkom ini rencananya akan dilaksanakan setiap Kamis di Oktober 2020, dalam bentuk IG Live Streaming dan tentunya akan menghadirkan berbagai narasumber. ‘Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta”. (YKS-04)

Berita

Kenalkan GENTA, Generasi Millenial Yakes Melayani dengan CINTA Bandung – Yakes Telkom, pada Kamis (1/10) meluncurkan program “GENTA”, yaitu sebuah program yang dirancang untuk menjadi model yang mampu mengimplementasikan culture karyawan Yakes dalam menjalankan pedoman kerja POT CINTA Yakes Telkom. GENTA sendiri adalah singkatan dari Generasi Milenial Melayani Dengan Cinta. Peluncuran program GENTA dilakukan oleh Teuku Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom, Teuku Hercules selaku Direktur Investasi dan Keuangan, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum, serta disaksikan oleh jajaran pengurus SL Yakes Telkom, dan seluruh karyawan Yakes Telkom yang menghadiri lewat video conference. Zil dalam sambutannya mengharapkan program GENTA ini dapat menjadi alat untuk mengingatkan dan menjadi pionir dalam menjalankan program-program Yakes Telkom agar lebih baik lagi ke depannya. “GENTA ini harus selalu gesit, energik punya semangat atau daya juang yang tinggi, lalu harus selalu inovatif, tangguh tidak mudah menyerah dan patah semangat, dan yang terakhir itu harus aktif” jelasnya. Satuan Tugas GENTA Yakes Telkom terdiri dari 99 karyawan dari seluruh regional dan masih termasuk ke dalam generasi milenial. Ardya Prahasta selaku Kabid Umum Yakes Telkom menyampaikan tugas utama dari GENTA adalah untuk membantu tim culture berkolaborasi dalam mengimplentasikan program culture Yakes Telkom, menjadi model dalam menjalankan nilai-nilai culture dan pedoman kerja POT CINTA untuk citra positif, dan mendokumentasikan setiap kegiatan terutama yang diadakan oleh tim culture dan Yakes Ranger. Menyusul pernyataan tersebut, Zil kembali menyampaikan GENTA juga harus mampu mensosialisasikan dan menyebarkan informasi seputar yakes kepada para pelanggan, tapi tetap menerapkan Akhlak sebagai core value atau tata nilai dari perusahaan. “Biar tidak misleading, sebagai insan BUMN kita harus tetap mengedapankan AKHLAK, yaitu harus Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif” tambah Zil. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan penyematan atribut berupa topi kepada beberapa karyawan yang mendaftarkan diri sebagai tim GENTA sekaligus penyerahan kunci motor YAKIN kepada Kepala Regional III Jawa Barat oleh Dirut Yakes Telkom.  Besar harapannya GENTA dapat mengemban amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya. (YKS00)

Berita

Silaturahmi Yakes Telkom dengan P2Tel Bandung – Dalam rangka mempererat tali silutahrahmi untuk memperkuat sinergitas. Kali ini Direktur Utama Yakes Telkom beserta dengan jajarannya melakukan pertemuan dengan Persatuan Pensiunan Telkom (P2TEL). Jumat (18/9), Silaturahmi digelar di Ruang Rapat Direktur, Kantor Pusat Yakes Telkom. Dihadiri oleh Ketua Umum P2Tel beserta jajaran pengurus P2Tel lainnya. Selain untuk mempererat silaturahmi, kunjungan P2Tel kali ini bertujuan untuk saling berbagi informasi. Teuku Zilmahram, selaku Direktur Utama Yakes Telkom sangat mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari para pengurus P2Tel. “P2Tel ini adalah senior kami yang merupakan keluarga besar Telkom, dan dengan tetap menjalin silaturahmi ini dapat membantu kita untuk mensosialisasikan program baru kita kepada seluruh anggota P2Tel dan masyarakat.” Tutur Zil. Selain itu Zil juga kembali menyampaikan POT CINTA yang menjadi pedoman Yakes Telkom untuk bekerja dan melayani. “Kita ini sekarang memiliki sebuah pedoman yang dinamakan dengan POT CINTA, filosofinya yakes dianalogikan sebagai wadah yang merawat dan melayani dengan penuh cinta kepada seluruh pelanggan” jelas Zil. Pada kesempatan selanjutnya, Jaka Sundan selaku Ketua Umum P2Tel mengucapkan selamat menjalankan tugas mulianya kepada Teuku Zilmahram sebagai Direktur Utama Yakes yang baru. Jaka pun berharap Yakes dan P2Tel dapat saling berkolaborasi untuk menjadi instansi dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi pelanggan. (YKS00)

Berita

Launching YAKIN, Demi Menjangkau Pelanggan Lebih Jauh Bandung – Kamis (17/9) Pagi, Yakes Telkom melakukan kegiatan peluncuran dan pelepasan program YAKIN (Yakes Layanan Keliling) bertempat di Kantor Yakes Regional III Jawa Barat. Acara tersebut dihadiri oleh Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Layanan dan umum Yakes Telkom beserta jajarannya, serta Kepala Yakes Regional III Jawa Barat dan jajarannya. YAKIN adalah program yang bertujuan untuk mempermudah akses bagi pelanggan yakes yang jauh dari kantor pelayanan. Dengan melayani pelanggan secara lebih proaktif, “YAKIN” siap bergerak mengunjungi pelanggan dan memberikan layanan yang dibutuhkan. Program ini merupakan wujud nyata tekad Yakes untuk melayani dengan cinta. Acara diawali dengan yel-yel Yakes Telkom “Sehat Tanpa Obat Melayani Dengan Cinta” secara bersama-sama untuk membangkitan semangat dari para peserta yang hadir. Dalam sambutannya, Teuku Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom menyampaikan bahwa seluruh karyawan Yakes Telkom merupakan seorang “pelayan” yang harus siap siaga melayani ketika dibutuhkan kapan saja oleh pelanggan. “Sehebat apapun jabatan kita, tetap saja sebetulnya kita adalah pelayan. Maka dari itu tugas utama kita adalah melayani pelanggan. Dalam hal ini kita harus melayani pelanggan dengan penuh cinta seperti halnya kita merawat orangtua kita sendiri” jelasnya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan armada mobil YAKIN secara simbolis dan penyematan pin kepada personil tim YAKIN, oleh Teuku Zilmahram dan Tri Priyo Anggoro. Dengan menggunakan atribut APD secara lengkap, tim YAKIN siap melayani pelanggan pertama yang bertempat di Cimahi dengan segenap hati dan penuh cinta. (YKS00)