Terus Wujudkan Pelayanan Prima untuk Peserta
Rabu, 06 November 2024 16:23 WIB
Berangkat dari komitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam mengelola kesehatan Peserta, Yakes Telkom senantiasa melakukan peningkatan layanan melalui perbaikan sarana dan prasarana serta melakukan berbagai inovasi dan pemanfaatan teknologi digital terkini demi memberikan kemudahan dan kenyamanan Peserta dalam mengakses setiap layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya.
Berbagai program layanan Yakes diimplementasikan secara komprehensif dan terpadu, mulai dari program yang bersifat pembinaan atau edukasi kesehatan (promotif-preventif), hingga program yang sifatnya penyembuhan dan pemulihan kesehatan (kuratif-rehabilitatif).
Dengan hadirnya berbagai program layanan kesehatan secara holistik tersebut diharapkan dapat memberikan beragam pilihan bagi peserta dalam mengakses layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan demi mencapai derajat kesehatan yang lebih baik bagi setiap peserta.
Berikut adalah gambaran singkat dari beberapa layanan kesehatan yang difasilitasi oleh Yakes Telkom:
Edukasi Kesehatan melalui Program Promotif Preventif (Pembinaan) Kesehatan
Yakes senantiasa berupaya untuk memperluas wawasan pesertanya agar dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri. Berbagai aktivitas yang dapat diikuti sesuai dengan kebutuhan dan preferensi peserta hingga saat ini semakin masif berlangsung, diantaranya:
Olahraga bersama, baik secara offline maupun kelas virtual (melalui zoom).
Kegiatan Klub Kesehatan.
Edukasi Kesehatan yang secara rutin terangkum dalam Yakes Trivia melalui akun resmi Yakes di Instagram maupun Facebook, video kesehatan lengkap di akun resmi Yakes di Youtube.
Diskusi Kesehatan.
Konseling Gizi dan Psikologi yang terlaksana secara online maupun offline.
dan masih banyak lagi.
Standarisasi Layanan/ Tingkatkan Kenyamanan di Klinik Yakes
Untuk memberikan Yakes Operational Excellence, Yakes-Telkom telah memastikan standarisasi layanan melalui raihan akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk seluruh Klinik Yakes yang dikelolanya dengan predikat Paripurna.
Saat ini untuk memberikan layanan kesehatan tingkat pertama, Yakes Telkom mengelola 16 Klinik Yakes yang tersebar di seluruh regional di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Kawasan Timur Indonesia.
Selain Klinik yang dikelola sendiri, Yakes juga bekerja sama dengan klinik-klinik mitra untuk memastikan setiap pesertanya dapat mengakses layanan kesehatan tingkat pertama dengan mudah. Upaya memperluas kerjasama juga dilakukan dengan klinik utama selain Telkomedika, yaitu dengan jejaring klinik Kimia Farma yang lokasinya tersebar hingga ke area pelosok nusantara.
Adapun berbagai upaya meningkatkan customer experience yang positif dari peserta, Yakes melakukan berbagai pembenahan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan peserta seperti perbaikan tata ruang klinik, penyediaan sarana pendaftaran atau booking antrian (KIOS K) yang dapat diakses mandiri, pengelolaan tenaga medis yang handal, hingga memperbaiki proses restitusi agar lebih mudah bagi peserta.
Terus Memperluas Kerjasama dengan Jejaring Mitra Rumah Sakit
Pada layanan kesehatan tingkat lanjut, dalam hal ini Rawat Jalan dan Rawat Inap, Yakes Telkom juga melakukan berbagai upaya perluasan coverage layanan melalui penambahan jejaring Mitra Rumah Sakit dan Mitra Klinik. Hal ini menjadi wujud nyata Yakes Telkom dalam menyediakan akses layanan rawat inap dan rawat jalan yang mudah diakses serta upaya pemerataan layanan kesehatan bagi seluruh peserta.
Setidaknya saat ini telah ada 536 Klinik MItra dan 404 Rumah Sakit Mitra yang dapat diakses oleh peserta Yakes Telkom di Seluruh Indonesia. Diantaranya Primaya Hospital Group, Jakarta Eye Center Group, Hermina Group, dan Jakarta Heart Center/Jantung Jakarta, dan masih banyak lagi.
Penambahan jejaring Mitra Rumah Sakit juga diimbangi dengan adanya penambahan Yakes Account Manager (Yakes AM) yang selalu siaga dalam menjamin kelancaran pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta dalam perawatan di Rumah Sakit Mitra. Peran Yakes AM inipun menjadi bentuk kepedulian Yakes Telkom untuk membantu peserta dalam mendapat akses layanan kesehatan yang handal.
Telemedicine via WA Chat 0811 50 5000 22, Lebih Mudah Lebih Aman
Layanan Telemedicine merupakan fasilitas yang mendukung Peserta untuk melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus datang langsung ke Klinik. Layanan yang bisa diakses melalui chat WA di nomor 0811 50 5000 22 ini memudahkan Peserta yang tidak memungkinkan untuk melakukan kunjungan langsung ke Klinik karena kondisi tertentu.
Telemedicine juga memungkinkan Peserta untuk melakukan permintaan obat rutin melalui WA tanpa harus ke Klinik, namun tetap harus memperhatikan persyaratan yang ditetapkan seperti misalnya pasien/peserta telah memiliki resep obat rutin pada 25 hari terakhir dan bukan merupakan pasien selesai rawat inap. Pengajuan obat rutin melalui Telemedicine ini dapat diajukan maksimal 3 kali dengan rentang waktu yang sama.
LOVIT, Hadirkan Layanan Kesehatan dalam Genggaman
Beragam pembaruan yang dilakukan pada lini pelayanan pun diiringi dengan adanya proses digitalisasi melalui Aplikasi LOVIT. Aplikasi LOVIT (sebelumnya Yakes Mobile) yang tersedia di PlayStore maupun AppStore ini menjadi aplikasi mobile milik Yakes Telkom yang menyediakan beragam fitur menarik untuk bisa digunakan peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan secara cepat, mudah, dan lengkap.
LOVIT dilengkapi belasan fitur yang memudahkan Peserta dalam mengakses kebutuhan kesehatannya seperti:
Booking/pendaftaran layanan Klinik maupun layanan konsultasi Psikologi & Gizi
Pengajuan Restitusi Online
Pengajuan Obat Rutin
Akses Program Promotif & Preventif (Pembinaan) Kesehatan
Informasi terkait Layanan Yakes
Informasi Kepesertaan faskes Yakes
Update Data Peserta
Riwayat Kesehatan
Health Corner (untuk mengukur mandiri Indeks Massa Tubuh)
Video Sehat
Skrining Sehat
Info Peta Layanan (untuk mencari lokasi Klinik atau apotik terdekat)
Update info kesehatan terkini
dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang masih dikembangkan untuk semakin melengkapi kebutuhan Peserta.
Inovasi-inovasi untuk mengembangkan aplikasi LOVIT terus dilakukan melalui untuk bisa memberikan One Stop Healthcare Solution yang lebih personalized, lebih termonitor, dan tentunya semakin memenuhi kebutuhan sehat setiap penggunanya.
Permudah Akses menghubungi Petugas Yakes melalui Contact Center
Peningkatan layanan juga kami terapkan pada layanan Contact Center (15000 22) dan WA Chat (0811 50 5000 22) yang terus membantu Peserta dalam mengakses layanan kesehatan Yakes Telkom secara cepat.
Peserta yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan bantuan terkait layanan Yakes (misal informasi layanan klinik, pengajuan restitusi online, layanan kepesertaan Yakes, dll) dapat menghubungi petugas Contact Center melalui telepon ataupun melalui chat WA sesuai dengan kenyamanan Peserta.
Untuk memastikan Peserta terbantu setiap saat, petugas Contact Center selalu siaga merespon pertanyaan Peserta setiap hari (termasuk weekend) mulai pukul 6.00 s.d. 21.00 WIB.
Layanan Contact Center melalui WA Chat Kesya mencakup:
Layanan Informasi
Layanan Agent
Selain melalui telepon maupun WA Chat, Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan ke petugas Contact Center melalui akun resmi Yakes Telkom (@yakestelkom) di media sosial seperti Instagram, Facebook, serta email melalui website (yakestelkom.or.id).