• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terpopuler

Info Terbaru

image-newest
Berita

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-newest
Artikel

Mengenal Lebih Jauh Tentang Telemedicine Rabu, 16 Desember 2020 03:21 WIB Di tengah masa pandemi Covid-19, Telemedicine merupakan salah satu layanan yang marak digunakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan. Sebenarnya layanan telemedicine ini tidak hadir secara di khusus di saat pandemi covid-19 ini, layanan ini telah ada sebelumnya, dengan menggunakan perangkat teknologi yang berbeda. Telemedicine merupakan pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh dokter umum atau dokter gigi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk kepentingan konsultasi dan pengobatan individu maupun kelompok masyarakat. Telemedicine dapat dilakukan dalam bentuk moda daring tulisan, suara dan atau video secara langsung. Telemedicine dapat dilakukan secara langsung (sinkronis) ataupun secara tidak langsung (asinkronis): Telemedicine sinkronis : dilakukan dengan cara interaktif secara langsung, misalnya melalui video call, sehingga baik dokter atau pasien dapat berinteraksi langsung untuk konsultasi. Walau konsultasi dilakukan secara online, dokter tetap memegang data kesehatan pasien sebagai dasar konsultasi tersebut. Telemedicine asinkronis : data kesehatan pasien dikirim melalui email kepada dokter, dipelajari, kemudian muncul diagnosa. Menurut WHO, ada 4 hal tentang telemedicine yang saling terkait: Untuk memberikan dukungan klinis Mengatasi hambatan geografis dan jarak Menggunakan berbagai jenis perangkat teknologi informasi Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Fungsi utama dari telemedicine adalah mempermudah pelayanan medis oleh tenaga/fasilitas kesehatan, bagi masyarakat yang lokasinya sulit dijangkau. Selain fungsi utama tesebut, telemedicine juga mempunyai beberapa fungsi antara lain : Mempercepat dan memudahkan sistem rujukan Membantu pertolongan pertama pada pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit Membantu akses kesehatan bagi masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan Membantu mengurangi kepadatan rumah sakit sehingga layanan di rumah sakit bisa lebih maksimal bagi pasien yang membutuhkan. Dalam melakukan layanan kesehatan di masa pandemi covid-19, Yakes Telkom juga melakukan layanan telemedicine kepada para pelanggannya. Pelanggan dapat mengakses layanan telemedicine dari manapun, dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimilikinya. Pelanggan dapat melakukan interaksi langsung dengan dokter melalui daring tulisan, suara ataupun video call. Proses telemedicine akan menjadi lebih cepat dengan adanya hasil pemeriksaan penunjang dalam bentuk soft copy yang telah dikirim oleh pihak laboratorium. Sehingga dengan layanan telemedicine ini pelanggan Yakes Telkom tetap mendapatkan layanan kesehatan dengan rasa aman, mudah, cepat, akurat dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang telah terintegrasi. Dalam pelaksanaan telemedicine tentu dibutuhkan berbagai macam dukungan antara lain koneksi internet yang stabil agar layanan konsultasi dapat berjalan lancar, dan yang paling penting adalah edukasi kepada masyarakat tentang cara akses telemedicine dengan menggunakan teknologi yang ada. Sehingga dalam situasi pandemi ini, telemedicine tetap menjadi pilihan utama meski masyarakat masih bisa mengakses fasilitas layanan kesehatan secara langsung. (YKS-04)

image-newest
Artikel

Serba Serbi Sikat Gigi Sabtu, 24 Oktober 2020 10:56 WIB Mulut adalah salah satu sumber bersarangnya bakteri. Bakteri dapat berpindah tempat ketika kita melakukan aktivitas menggosok gigi. Oleh karena itu sangat penting mengganti sikat gigi secara berkala agar kesehatan rongga mulut kita selalu dalam keadaan prima sehingga meminimalkan bakteri untuk masuk ke tubuh akibat salah menyimpan sikat gigi. Berikut serba serbi tentang sikat gigi yang perlu Yakes Family ketahui : Bagaimana cara memilih sikat gigi yang benar Pilih sikat gigi yang bulu sikat yang lunak / soft Pilih sikat gigi yang permukaan bulu sikatnya rata Bagaimana cara merawat sikat gigi yang benar Sikat gigi tidak boleh dipakai bergantian Segera cuci bersih sikat gigi setelah digunakan dari kotoran dan pasta gigi yang tersisa Simpan sikat gigi dalam posisi berdiri, biarkan mengering Bila dalam wadah bersama, kepala sikat gigi tidak boleh saling bersentuhan, gunakan sikat gigi berpenutup yang berongga Kapan sikat gigi harus diganti Bila bulu sikat sudah rusak, terasa kaku, bulu bulu sikat tidak teratur atau maksimal 3 bulan Nah, agar kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga, jangan malas untuk rutin mengganti sikat gigi ya ! (YKS-04) Referensi : Blog.99.co.Indonesia Sumber gambar : www.freepik.com

image-newest
Berita

Lomba Masak Virtual #DiRumahAja Yakes Regional II Sabtu, 24 Oktober 2020 10:54 WIB Tagar #DiRumahSaja saat ini bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Sejak ditetapkan menjadi pandemi global oleh badan kesehatan dunia WHO maret lalu, kegiatan dirumah saja menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Mulai dari belajar, bekerja, sampai ibadah dilakukan dirumah saja. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap survive dimasa pandemi. Walau semua kegiatan dilakukan dirumah saja tidak membuat masyarakat kehabisan ide untuk melakukan hal–hal positif dan produktif. Sama halnya yang dilakukan tim pembinaan Yakes Telkom di seluruh regional. Mulai Agustus hingga September telah dilakukan lomba masak virtual bagi peserta pensiun dan keluarga. kegiatan ini pertama dilakukan karena sistem penilaian lomba yang tidak menilai rasa makanan sebagaimana lomba masak pada umumnya. Adapun jenis masakan yang akan dilombakan berbahan dasar ikan. Lomba masak virtual Yakes Regional II Jakarta dan Banten dimulai dari tahap pendaftaran yang dilakukan pada Agustus 2020. Rabu (9/9) menjadi hari yang dinanti oleh para peserta lomba masak virtual Yakes Regional II Jakarta dan Banten. Penilaian lomba masak virtual dilakukan dalam tiga sesi. Setiap sesi akan diikuti oleh 3 peserta. Bertindak sebagai juri dari lomba masak virtual kali ini adalah Chef Anzas yaitu Chef Hospital Aerofood Catering Service dan Zahrina Tresna Wahidin, S.Gz yaitu Dietisien Rumah Sakit Cipto Mangkusumo Kencana.

image-newest
Berita

Tingkatkan Layanan Proaktif, Yakes Luncurkan SABAYA Sabtu, 24 Oktober 2020 10:51 WIB Dalam mewujudkan salah satu misi untuk memberikan pelayanan yang lebih proaktif, Yakes Telkom resmi meluncurkan program SABAYA pada Kamis (24/09) bertempat di Kantor Yakes Regional III Jawa Barat. SABAYA atau Sahabat Yakes merupakan program yang bertujuan sebagai pendamping bagi pelanggan VVIP serta pelanggan yang sangat membutuhkan bantuan seperti lansia dan penyandang cacat. SABAYA dibentuk menjadi tiga bagian yaitu, sebagai layanan personal VVIP, sebagai layanan empati, dan sebagai bentuk kolaborasi bersama program YAKIN dan Comforta. Launching SABAYA ini dihadiri oleh T. Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom, jajaran Senior Leader, Kepala Klinik Yakes Telkom, serta seluruh Kepala Yakes Telkom Nasional beserta jajarannya yang menghadiri secara virtual melalui video conference. Disamping itu kegiatan peluncuran SABAYA ini juga sekaligus menjadi peresmian program SEHARUM (Sehat Di Rumah) dengan mendatangi pelanggan VVIP bersama beberapa dokter dan tim SABAYA ke rumah pelanggan tersebut. Dengan diluncurkannya beberapa program baru ini, semoga Yakes Telkom dapat lebih memberikan layanan terbaik dengan cinta. (YKS00)

image-newest
Informasi

Metode Tracing Kontak Erat Penderita Covid-19 bagi Pelanggan Yakes Jateng & DIY Sabtu, 24 Oktober 2020 10:51 WIB Masih tingginya angka penularan covid-19 di wilayah Jateng & DIY, yaitu berada di urutan ke-3 setelah DKI Jakarta dan Surabaya, menuntut kita untuk lebih waspada dan tetap pro aktif dalam mencegah terjadinya penularan. Jika ada salah satu pelanggan (Karyawan Telkom/TelkomGroup/Pensiunan) kita terindikasi terinfeksi Covid-19, bagaimanakah cara kita melakukan tracing dengan baik untuk mencegah penularannya? Mungkinkah kita melakukan investigasi pada semua yg berkontak? Berapa banyak waktu yang dibutuhkan? Untuk itu Yakes Regional Jateng & DIY berinovasi membuat langkah sederhana untuk mempersingkat waktu investigasi dalam bentuk pengisian link google form yang di dalamnya berisi serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan tracing kontak erat penderita Covid-19. Hasil pengisian link google form tersebut  digunakan untuk menentukan apakah pelanggan memerlukan pemeriksaan laboratorium (rapid test/pemeriksaan darah rutin /CRP kuantitatif/swab) atau cukup isolasi mandiri tanpa pemeriksaan laboratorium. Tentu saja kejujuran pelanggan dalam menjawab pertanyaan yang ada di google form tersebut menjadi kunci keberhasilan tracing dengan metode ini. Dengan tersosialisasinya link google form ini kepada seluruh pelanggan, besar harapan jika suatu saat Yakes Telkom Regional Jateng & DIY dihadapkan pada suatu kondisi harus melakukan tracing, berapapun jumlah peserta yang di tracing tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tindak lanjut bagi yang kontak erat dengan pelanggan yang terindikasi Covid-19 dapat segera dilakukan. (YKS-04)

image-newest
Berita

SABAYA Bantu Proses Restitusi Pelanggan Sabtu, 24 Oktober 2020 09:46 WIB Melayani dengan Cinta adalah slogan terbaru dari Yakes Telkom dan ini dibuktikan dengan SABAYA (Sahabat Yakes), kegiatan perdana SABAYA Yakes Regional Jatim Bali Nusra dilaksanakan pada Jumat (25/09) diwakili oleh Ivan Noviansyah selaku PIC Yakes Regional Jatim Bali Nusra dan Aris Allatas sekalu petugas Restitusi dengan kegiatan mendatangi pelanggan yang akan melakukan restitusi. SABAYA bertujuan sebagai pendamping pelanggan VVIP serta yang sangat membutuhkan bantuan seperti lansia dan penyandang cacat. Dalam melaksanakan program ini, tetap harus memperhatikan kondisi wilayah serta harus selalu malaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Dalam kegiatan kali ini Tim SABAYA mendatangi pensiunan yang ingin mengajukan Restitusi setelah operasi Katarak, beliau sangat berterima kasih dengan fasilitas dan perhatian yang diberikan YAKES, dengan proses yang cepat dan tepat pengajuan restitusi dapat dilakukan di rumah Tidak lupa selalu jaga kesehatan di saat pandemi, patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, dengan adanya SABAYA semoga Yakes Telkom mampu memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan karena SEHAT TEKAD KITA, MELAYANI DENGAN CINTA (YKS05-01)

image-newest
Berita

Pagi Ceria di Yakes Regional Jatim Bali Nusra Sabtu, 24 Oktober 2020 09:45 WIB Surabaya – Senin (28/9) Yakes Regional V Jawa Timur melaksanakan kegiatan PAGI CERIA (Pelanggan Berbagi Cerita) para pelanggan Yakes Telkom. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting dan diikuti oleh 31 peserta yang disiarkan langsung di tiga TPKK di Jawa Timur, yaitu TPKK Ketintang, TPKK Kanwa, serta TPKK Denpasar agar para pelanggan yang hadir di klinik dapat mendengar langsung cerita dan tips yang akan dibagikan. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing pengalaman serta cerita dari para pelanggan tentang tips untuk hidup lebih sehat. PAGI CERIA kali ini menghadirkan Ibu Gondhosari dari Surabaya dan Ibu Sumiati pengurus KJS Kediri. Sharing tips kesehatan pertama disampaikan ibu Gondhosari yang sering kita jumpai setiap rabu pagi sebagai Instruktur Yoga, bahwa untuk hidup lebih sehat selain makanan dan olah raga juga diimbangi dengan hidup yang harus ceria sehingga tidak menyebabkan kita stress. Sharing kedua disampaikan oleh ibu Sumiati selaku Pengurus KJS Kediri, disampaikan bahwa dalam hidup kita tetap harus gembira, jangan mebawa permasalahan yang ada sampai berlarut-larut karena dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme dalam tubuh kita, ujarnya. Cerita dari kedua pelanggan ini semoga dapat mengispirasi pelanggan yang lain untuk dapat lebih sehat apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. (YKS05-01)