Rabu, 19 Oktober 2022 10:10 WIB

Awas! Ini Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Musim Hujan

Ditinjau oleh : Seiring dengan datangnya musim penghujan, meningkat juga ancaman gangguan kesehatan bagi tubuh

picture-of-article

Seiring dengan datangnya musim penghujan, meningkat juga ancaman gangguan kesehatan bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan saat musim hujan tubuh mengalami perubahan suhu pada lingkungan yang cukup drastis, sehingga mudah untuk terserang penyakit. Selain itu saat musim hujan berbagai jenis mikroba akan lebih mudah berkembangbiak, sehingga risiko penyebaran penyakit dapat meningkat.

 Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan ini seperti :

  1. Influenza
    Penyakit pernapasan menular yang disebabkan virus Influenza ini dapat menyerang secara ringan hingga berat. Gejala dari penyakit ini meliputi tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin hingga rasa nyeri pada otot dan sendi. Adapun untuk cara mencegahnya dapat dilakukan dengan melakukan olahraga dan istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta mencuci tangan dan memakai masker saat flu.
     
  2. Demam Berdarah Dengue (DBD)
    Penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini sering terjadi saat musim hujan akibat perkembangbiakan nyamuk yang meningkat. DBD dapat menimbulkan gejala demam tinggi dan flu, dan jika tidak ditangani dengan baik berisiko mengancam nyawa. Adapun cara mencegahnya adalah dengan melakukan 3M Plus yakni, Menguras bak mandi, Menutup tempat air dan Memanfaatkan barang bekas dan juga melakukan pemberantasan sarang nyamuk.
     
  3. Diare
    Penyakit diare juga sering terjadi saat musim hujan, hal ini dikarenakan meningkatnya perkembangbiakan bakteri, virus atau parasit yang dapat mengkontaminasi makanan. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadi gangguan pencernaan, adapun cara mencegahnya adalah dengan mencuci tangan pakai air mengalir, serta menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

Selain melakukan pencegahan pada penyakit-penyakit tersebut, berikut terdapat tips dalam mencegah berbagai penyakit yang dapat terjadi saat musim penghujan. Beberapa tips tersebut meliputi :

  • Meningkatkan sistem imun tubuh dengan beristirahat teratur, makan makanan yang bergizi
  • Lakukan Olahraga teratur meskipun hanya dari dalam rumah.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  • Hindari gigitan nyamuk dengan membersihkan lingkungan kita yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Bersama, Cegah Terjadinya Kanker Payudara

1 Disukai

216 Kali Dibaca