Jumat, 13 Januari 2023 10:58 WIB

Mulai Kebiasaan Baik Dengan Berolahraga Pagi

Ditinjau oleh : Olahraga memang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

picture-of-article

Olahraga memang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, namun ternyata berolahraga pada pagi hari masih menjadi pilihan yang baik dalam memperoleh manfaat maksimalnya. Menyisihkan waktu 15-30 menit setiap pagi hari untuk berolahraga, dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dalam menjalani hari. Olahraga di pagi hari juga lebih disarankan kepada orang-orang yang sedang melakukan program diet, karena dapat menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Selain itu, berikut ini juga terdapat beberapa manfaat dari berolahraga di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Beberapa hal tersebut meliputi : 

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Menurut penelitian dari Jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise pada tahun 2012 lalu, olahraga di pagi hari tercatat dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Oleh karenanya, proses metabolisme yang baik di dalam tubuh dapat mendukung kesehatan secara umum dan berperan penting dalam menurunkan berat badan.
     
  2. Mendukung Proses Pembakaran Kalori Yang Lebih Efektif
    Orang yang melakukan olahraga di pagi hari sebelum sarapan dapat mendukung proses pembakaran kalori yang efektif dalam menurunkan berat badan.
     
  3. Membuat Diri Lebih Fokus
    Olahraga juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Berdasarkan studi yang berada dalam British Journal of Sports Medicine, olahraga pagi dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran visual dan pengambilan keputusan selama beraktivitas di siang hari.
     
  4. Dapat Membuat Tidur Lebih Nyenyak
    Berolahraga di pagi hari juga baik untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Hal tersebut terjadi akibat paparan cahaya matahari pagi dapat meningkatkan kadar melatonin di malam hari yang baik untuk membantu tubuh mendapat tidur yang berkualitas.

Itulah beberapa manfaat dari berolahraga di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat juga untuk mendapat manfaat yang lebih baik, lakukan juga pengaturan pola makan dan menjalani gaya hidup yang sehat dan bersih. Untuk Yakes Family yang ingin mencari tahu jenis olahraga yang bisa dilakukan, dapat mengunjungi Youtube Channel Yakes-Telkom atau klik link Panduan Olahraga Mandiri Bersama Yakes-Telkom.

Baca juga : Mengenal Dislipidemia, Bahaya Tingginya Kolesterol Dalam Darah

0 Disukai

253 Kali Dibaca