Minggu, 06 Februari 2022 10:31 WIB

Sakit Tenggorokan Sampai Batuk Berdahak? Ini Tips Mengatasinya!

Ditinjau oleh : Batuk merupakan salah satu reaksi wajar tubuh ketiga membersihkan iritasi dan infeksi yang terjadi di sekitar kerongkongan

picture-of-article

Batuk merupakan salah satu reaksi wajar tubuh ketiga membersihkan iritasi dan infeksi yang terjadi di sekitar kerongkongan, namun dengan kondisi covid varian Omicron yang sedang menyebar luas kita harus cukup waspada dengan gejala tak biasa tersebut. Cara mengatasi batuk berkepanjangan bisa dengan banyak minum, terapi uap hingga mengkonsumsi bahan-bahan herbal.

Meskipun begitu, saat ini banyak rekomendasi obat herbal yang dapat diandalkan untuk meredakan batuk jika dikonsumsi secara teratur. Dilansir dari Medical News Today pada 3 Februari kemarin, berikut beberapa bahan yang dapat diolah menjadi minuman obat untuk meredakan batuk.

Pertama ada teh madu yang berdasarkan penelitian yang dilakukan pada anak-anak, madu hitam yang dicampur dengan air hangat maupun teh dapat efektif meredakan batuk serta memberikan efek tenang serta hangat pada tubuh.

Selain itu, ada juga Jahe yang dapat meredakan batuk kering maupun asma. Hal tersebut karena Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang juga dapat meredakan mual serta nyeri yang terjadi akibat batuk.

Ada juga Jus Nanas untuk meredakan batuk berdahak, dimana nanas sendiri memiliki kandungan bromelain yang merupakan enzim bersifat anti-inflamasi serta memiliki sifat mukolitik yang dapat memecah lendir dalam batuk. Namun untuk beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bromelain di dalam nanas, hal ini tidak direkomendasikan.

Selanjutnya ada Teh Peppermint, dimana sifat menthol dalam peppermint juga dapat membantu anda untuk menenangkan tenggorokan dan melegakan pernapasan. Selain meredakan batuk, teh peppermint ini juga cocok untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan Kunyit yang ditambahkan dalam teh. Kunyit yang memiliki senyawa aktif seperti Kurkumin serta memiliki sifat anti-inflamasi sangat cocok untuk meredakan batuk.

Selain dengan mengkonsumsi beberapa rempah-rempah, batuk juga dapat diatasi dengan menghirup uap hangat ataupun berkumur dengan air garam. Namun jika beberapa tips diatas tidak membuahkan hasil yang cukup baik, ada baiknya anda melakukan konsultasi langsung kepada dokter.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Faktor Risiko Osteoporosis di Usia Senja

0 Disukai

184 Kali Dibaca