Kamis, 17 Juni 2021 16:08 WIB

Sosialisasi Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Vaksin Bagi Peserta Pensiun

Ditinjau oleh : Bandung - Pada saat ini angka kenaikan kasus covid-19 di lingkungan TelkomGroup sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan,

picture-of-article

Bandung - Pada saat ini angka kenaikan kasus covid-19 di lingkungan TelkomGroup sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan, menjadi hal yang wajib bagi Yakes Telkom untuk mengingatkan kembali agar angka kasus tersebut tidak melebihi angka tertinggi pada januari 2021. Dengan melalui aplikasi zoom meeting, Yakes Telkom menggelar sosialisasi untuk pencegahan penyebaran Covid-19 bagi peserta pensiun pada Rabu (16/6). Kegiatan ini diikuti oleh jajaran BOD dan Senior Leader Yakes Telkom, Ketua P2Tel beserta jajarannya, Seluruh pengurus cabang P2Tel, dan Tim SAHATY (Sahabat Sehat Yakes).

Pada sambutannya, Tri Priyo Anggoro selaku Dirut yakes Telkom menyampaikan bahwa dengan meningkatnya kembali angka penyebaran Covid di Indonesia, kita merasa sangat penting untuk melakukan sosialisasi kepada peserta pensiun agar dapat terhindar dari penyebaran virus tersebut dengan tetap menerapkan 5M. “Dengan kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta sosialisasi dapat bertambah wawasannya mengenai penyebaran virus dan vaksin, serta dapat dengan optimal menjaga diri dari penyebaran virus” ujarnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh dr. Rena Winasis selaku Narasumber. Dalam pemaparannya, Rena menyampaikan bahwa Berdasarkan laporan harian per tanggal 14 Juni 2021, total peserta yakes yang terkonfirmasi positif sebanyak 5.018 yang dibagi menjadi dua kategori, kategori karyawan dan Keluarga sebanyak 2.514, sedangkan dari Pensiunan dan Keluarga sebanyak 2.504. Total meninggal 203 jiwa terdiri dari karyawan dan keluarga 28 peserta dan dari pensiunan 175 peserta. Berdasarkan angka sebaran yang terkonfirmasi covid yang positif paling banyak ialah usia produktif 31-45 tahun, sedangkan angka tertinggi yang meninggal dunia paling banyak ialah usia 60 tahun keatas, karena kondisi usia 60 tahun keatas mempengaruhi penurunan kekebalan tubuh serta resiko dikarenakan penyakit penyerta yang dimiliki.
“Pada saat ini awal dari kenaikan angka kasus covid-19 sudah banyak di sekitar kita. Diakibatkan lengahnya prokes yang terjadi dikarenakan mengikuti kegiatan-kegiatan pasca hari raya agama. Untuk itu, sekarang kita semua tidak boleh lengah lagi dan wajib untuk menerapkan 5M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan”, imbuhnya.

Mengenai vaksinasi, perlu diketahui bahwa Yakes Telkom bukanlah yang mengatur program vaksin, karena vaksin terbatas dikomandoi oleh pemerintah melalui kemenkes yang sudah dimulai dari januari hingga saat ini, dan untuk tenaga kesehatan Yakes Telkom hampir semuanya sudah divaksin, hanya sebagian yang belum dikarenakan terkendala kondisi kesehatan. Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh Pemerintah dengan titik pelaksanaannya di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pusat Vaksin di kota besar. Pencapaian secara nasional masih sangat jauh dari angka 100%, secara total peserta Yakes Telkom yang sudah divaksin sebanyak 16.950 atau 19,17% dari total 88.394.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas lagi agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Ayo tetap Semangat Yakes Family, bersama kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. (YKS00)

Baca juga : Yuk ikuti serial komik