Kamis, 20 Oktober 2022 13:08 WIB

Tingkatkan Kesadaran Osteoporosis Dengan Lakukan Langkah Tepat Jaga Kesehatan Tulang

Ditinjau oleh : Osteoporosis atau pengeroposan tulang menjadi salah satu penyakit yang mengintai pada lansia.

picture-of-article

Osteoporosis atau pengeroposan tulang menjadi salah satu penyakit yang mengintai pada lansia. Berdasarkan data dari International Osteoporosis Foundation (IOF), osteoporosis dapat terjadi pada satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria berusia 50 tahun keatas. Penyakit osteoporosis dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh sehingga berisiko terjadi patah tulang akibat jatuh, terbentur ataupun gerakan tiba-tiba.

Mengingat hal tersebut, IOF mengajak masyarakat dunia untuk lebih peduli terkait osteoporosis pada peringatan Hari Osteoporosis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober. Pada tahun ini, IOF mengambil tema “Step Up For Bone Health” yang akan menyoroti pentingnya gaya hidup sehat dalam menjaga kekuatan tulang untuk mencegah terjadinya patah tulang.

Adapun beberapa faktor risiko terjadinya osteoporosis adalah seperti pengaruh usia yang semakin bertambah, kurangnya asupan vitamin D dan kalsium, faktor menopause bagi wanita, faktor genetik maupun faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok ataupun mengonsumsi alkohol berlebih.

Guna mencegah terjadinya osteoporosis, berikut terdapat beberapa langkah yang dapat berguna untuk menjaga tulang tetap sehat. Beberapa langkah tersebut meliputi :

  1. Lakukan olahraga teratur
    Melakukan latihan beban, penguatan otot serta latihan keseimbangan menjadi opsi terbaik dalam menjaga kekuatan otot dan tulang tubuh.
     
  2. Makan-makanan bergizi dan menyehatkan tulang
    Makanan yang tinggi akan kalsium, vitamin D dan protein menjadi penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, paparan sinar matahari saat pagi hari juga cukup baik untuk membantu mendapatkan vitamin D.
     
  3. Hindari kebiasaan gaya hidup yang buruk
    Pertahankan berat badan ideal serta hindari merokok ataupun minum-minuman beralkohol berlebih.
     
  4. Cari tahu apakah anda memiliki faktor risiko osteoporosis
    Jika memiliki riwayat keluarga osteoporosis atau sedang mengonsumsi obat tertentu yang mempengaruhi kesehatan tulang, periksa pada dokter untuk memastikan kesehatan tulang.
     
  5. Lakukan uji dan perawatan jika diperlukan
    Jika telah berisiko tinggi osteoporosis, segera dapatkan pengobatan dari dokter atau segera ubah gaya hidup guna membantu melindungi diri dari patah tulang.

Baca juga : Mengenal Gangguan Metabolisme Pada Tubuh & Cara Mencegahnya

0 Disukai

247 Kali Dibaca