• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Kesehatan

Terus Wujudkan Pelayanan Prima untuk Peserta Rabu, 06 November 2024 16:23 WIB Berangkat dari komitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam mengelola kesehatan Peserta, Yakes Telkom senantiasa melakukan peningkatan layanan melalui perbaikan sarana dan prasarana serta melakukan berbagai inovasi dan pemanfaatan teknologi digital terkini demi memberikan kemudahan dan kenyamanan Peserta dalam mengakses setiap layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya. Berbagai program layanan Yakes diimplementasikan secara komprehensif dan terpadu, mulai dari program yang bersifat pembinaan atau edukasi kesehatan (promotif-preventif), hingga program yang sifatnya penyembuhan dan pemulihan kesehatan (kuratif-rehabilitatif). Dengan hadirnya berbagai program layanan kesehatan secara holistik tersebut diharapkan dapat memberikan beragam pilihan bagi peserta dalam mengakses layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan demi mencapai derajat kesehatan yang lebih baik bagi setiap peserta. Berikut adalah gambaran singkat dari beberapa layanan kesehatan yang difasilitasi oleh Yakes Telkom: Edukasi Kesehatan melalui Program Promotif Preventif (Pembinaan) Kesehatan Yakes senantiasa berupaya untuk memperluas wawasan pesertanya agar dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri. Berbagai aktivitas yang dapat diikuti sesuai dengan kebutuhan dan preferensi peserta hingga saat ini semakin masif berlangsung, diantaranya: Olahraga bersama, baik secara offline maupun kelas virtual (melalui zoom). Kegiatan Klub Kesehatan. Edukasi Kesehatan yang secara rutin terangkum dalam Yakes Trivia melalui akun resmi Yakes di Instagram maupun Facebook, video kesehatan lengkap di akun resmi Yakes di Youtube. Diskusi Kesehatan. Konseling Gizi dan Psikologi yang terlaksana secara online maupun offline. dan masih banyak lagi. Standarisasi Layanan/ Tingkatkan Kenyamanan di Klinik Yakes Untuk memberikan Yakes Operational Excellence, Yakes-Telkom telah memastikan standarisasi layanan melalui raihan akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk seluruh Klinik Yakes yang dikelolanya dengan predikat Paripurna. Saat ini untuk memberikan layanan kesehatan tingkat pertama, Yakes Telkom mengelola 16 Klinik Yakes yang tersebar di seluruh regional di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Kawasan Timur Indonesia. Selain Klinik yang dikelola sendiri, Yakes juga bekerja sama dengan klinik-klinik mitra untuk memastikan setiap pesertanya dapat mengakses layanan kesehatan tingkat pertama dengan mudah. Upaya memperluas kerjasama juga dilakukan dengan klinik utama selain Telkomedika, yaitu dengan jejaring klinik Kimia Farma yang lokasinya tersebar hingga ke area pelosok nusantara. Adapun berbagai upaya meningkatkan customer experience yang positif dari peserta, Yakes melakukan berbagai pembenahan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan peserta seperti perbaikan tata ruang klinik, penyediaan sarana pendaftaran atau booking antrian (KIOS K) yang dapat diakses mandiri, pengelolaan tenaga medis yang handal, hingga memperbaiki proses restitusi agar lebih mudah bagi peserta. Terus Memperluas Kerjasama dengan Jejaring Mitra Rumah Sakit Pada layanan kesehatan tingkat lanjut, dalam hal ini Rawat Jalan dan Rawat Inap, Yakes Telkom juga melakukan berbagai upaya perluasan coverage layanan melalui penambahan jejaring Mitra Rumah Sakit dan Mitra Klinik. Hal ini menjadi wujud nyata Yakes Telkom dalam menyediakan akses layanan rawat inap dan rawat jalan yang mudah diakses serta upaya pemerataan layanan kesehatan bagi seluruh peserta. Setidaknya saat ini telah ada 536 Klinik MItra dan 404 Rumah Sakit Mitra yang dapat diakses oleh peserta Yakes Telkom di Seluruh Indonesia. Diantaranya Primaya Hospital Group, Jakarta Eye Center Group, Hermina Group, dan Jakarta Heart Center/Jantung Jakarta, dan masih banyak lagi. Penambahan jejaring Mitra Rumah Sakit juga diimbangi dengan adanya penambahan Yakes Account Manager (Yakes AM) yang selalu siaga dalam menjamin kelancaran pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta dalam perawatan di Rumah Sakit Mitra. Peran Yakes AM inipun menjadi bentuk kepedulian Yakes Telkom untuk membantu peserta dalam mendapat akses layanan kesehatan yang handal. Telemedicine via WA Chat 0811 50 5000 22, Lebih Mudah Lebih Aman Layanan Telemedicine merupakan fasilitas yang mendukung Peserta untuk melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus datang langsung ke Klinik. Layanan yang bisa diakses melalui chat WA di nomor 0811 50 5000 22 ini memudahkan Peserta yang tidak memungkinkan untuk melakukan kunjungan langsung ke Klinik karena kondisi tertentu. Telemedicine juga memungkinkan Peserta untuk melakukan permintaan obat rutin melalui WA tanpa harus ke Klinik, namun tetap harus memperhatikan persyaratan yang ditetapkan seperti misalnya pasien/peserta telah memiliki resep obat rutin pada 25 hari terakhir dan bukan merupakan pasien selesai rawat inap. Pengajuan obat rutin melalui Telemedicine ini dapat diajukan maksimal 3 kali dengan rentang waktu yang sama. LOVIT, Hadirkan Layanan Kesehatan dalam Genggaman Beragam pembaruan yang dilakukan pada lini pelayanan pun diiringi dengan adanya proses digitalisasi melalui Aplikasi LOVIT. Aplikasi LOVIT (sebelumnya Yakes Mobile) yang tersedia di PlayStore maupun AppStore ini menjadi aplikasi mobile milik Yakes Telkom yang menyediakan beragam fitur menarik untuk bisa digunakan peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan secara cepat, mudah, dan lengkap. LOVIT dilengkapi belasan fitur yang memudahkan Peserta dalam mengakses kebutuhan kesehatannya seperti: Booking/pendaftaran layanan Klinik maupun layanan konsultasi Psikologi & Gizi Pengajuan Restitusi Online Pengajuan Obat Rutin Akses Program Promotif & Preventif (Pembinaan) Kesehatan Informasi terkait Layanan Yakes Informasi Kepesertaan faskes Yakes Update Data Peserta Riwayat Kesehatan Health Corner (untuk mengukur mandiri Indeks Massa Tubuh) Video Sehat Skrining Sehat Info Peta Layanan (untuk mencari lokasi Klinik atau apotik terdekat) Update info kesehatan terkini dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang masih dikembangkan untuk semakin melengkapi kebutuhan Peserta. Inovasi-inovasi untuk mengembangkan aplikasi LOVIT terus dilakukan melalui untuk bisa memberikan One Stop Healthcare Solution yang lebih personalized, lebih termonitor, dan tentunya semakin memenuhi kebutuhan sehat setiap penggunanya. Permudah Akses menghubungi Petugas Yakes melalui Contact Center Peningkatan layanan juga kami terapkan pada layanan Contact Center (15000 22) dan WA Chat (0811 50 5000 22) yang terus membantu Peserta dalam mengakses layanan kesehatan Yakes Telkom secara cepat. Peserta yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan bantuan terkait layanan Yakes (misal informasi layanan klinik, pengajuan restitusi online, layanan kepesertaan Yakes, dll) dapat menghubungi petugas Contact Center melalui telepon ataupun melalui chat WA sesuai dengan kenyamanan Peserta. Untuk memastikan Peserta terbantu setiap saat, petugas Contact Center selalu siaga merespon pertanyaan Peserta setiap hari (termasuk weekend) mulai pukul 6.00 s.d. 21.00 WIB. Layanan Contact Center melalui WA Chat Kesya mencakup: Layanan Informasi Layanan Agent Selain melalui telepon maupun WA Chat, Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan ke petugas Contact Center melalui akun resmi Yakes Telkom (@yakestelkom) di media sosial seperti Instagram, Facebook, serta email melalui website (yakestelkom.or.id).

Info Terpopuler

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Info Kesehatan

Hari Hipertensi Sedunia, Kenali Faktor Risiko & Cara Pencegahannya Selasa, 17 Mei 2022 14:21 WIB 17 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia atau dikenal dengan World Hypertension Day. Momen peringatan ini ditujukan untuk menyadarkan masyarakat terkait dengan pentingnya mengenali gejala, faktor risiko serta cara pencegahan dari penyakit hipertensi. Gerakan Hari Hipertensi Sedunia ini juga bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat dunia terkait komplikasi medis yang serius akibat hipertensi, informasi tentang pencegahannya, deteksi dini, serta tahapan pengobatannya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Jika kondisi ini berlangsung lama, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan juga stroke. Meskipun gejalanya sering tidak terlihat jelas, namun hipertensi masih dapat dideteksi serta dikontrol dengan baik. Hal tersebut seperti mengetahui beberapa faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hipertensi dalam tubuh, seperti : Usia Seiring bertambahnya usia, risiko tekanan darah tinggi juga akan meningkat. Selain itu risiko hipertensi juga akan lebih sering terjadi pada pria dewasa dibandingkan wanita.   Riwayat Keluarga Penyakit Hipertensi ini juga cenderung dapat diturunkan dalam silsilah keluarga, sehingga peran serta seluruh anggota keluarga dalam mencegah atau mendeteksi dini terjadinya hipertensi sangatlah penting.   Merokok Kebiasaan buruk merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi serta merusak lapisan dinding arteri, jika dibiarkan dapat menyebabkan arteri menyempit serta meningkatkan risiko penyakit jantung.   Obesitas Orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas juga memiliki risiko tinggi akan terjadinya hipertensi. Hal ini terjadi akibat tubuh yang semakin berat dapat meningkatkan kebutuhan darah dalam memasok oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh. Dengan meningkatnya aliran darah tersebut, maka dapat meningkatkan tekanan pada dinding arteri.   Konsumsi Garam Berlebih Serta Sedikit Mengkonsumsi Potasium Konsumsi garam (natrium) berlebih dapat menyebabkan tubuh menahan cairan yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah. Selain itu, kurangnya konsumsi zat potasium dapat meningkatkan tumpukan kadar natrium dalam darah.   Disebabkan Oleh Kondisi Kesehatan Tertentu Kondisi kesehatan yang kronis juga dapat meningkatkan risiko hipertensi, hal ini termasuk pada penderita penyakit ginjal, diabetes, serta sleep apnea. Dalam mendeteksi dini penyakit hipertensi ini, perlu dilakukan pengecekan berkala dalam mengukur tingkat tekanan darah. Meski begitu, pengukuran tekanan darah harus tetap dilakukan sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr. Erwinanto. SpJP(K). dr. Erwinanto menjelaskan bahwa proses pengukuran tekanan darah di rumah sebaiknya dilakukan setiap hari, setidaknya hingga 3 sampai 4 hari berturut-turut. Kemudian pada saat pengukuran tensi, dilakukan sebanyak 2 kali pengukuran dengan jeda waktu 1 hingga 2 menit untuk memastikan nilai tensi yang didapat adalah valid. "Lebih baik 7 hari berturut-turut pada pagi dan sore hari. Tingkat tekanan darah ditentukan oleh nilai rata-rata semua pengukuran , kecuali pengukuran hari pertama. Jadi, hasil hari pertama jangan dimasukin ke perhitungan rata-rata, ya,"jelas dr. Erwinanto Hipertensi juga dapat diatasi dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga terartur, mengkonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi minuman berkafein hingga berhenti merokok. Namun jika kondisi tekanan darah sudah tinggi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter serta mengkonsumsi obat penurun tekanan darah.