• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Korporasi

Yakes Telkom sabet dua Penghargaan AKHLAK Refleksi 1 tahun AKHLAK BUMN Kamis, 15 Juli 2021 17:42 WIB Jakarta – Satu tahun sejak dicanangkannya core value AKHLAK di seluruh lingkungan BUMN Indonesia, Yakes Telkom mendapatkan penghargaan di acara Refleksi 1 tahun AKHLAK BUMN. Yakes Telkom sebagai Anak Perusahaan Telkom mendapatkan Penghargaan kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Loyal Terbaik sebagai Juara Satu dan Indeks Implementasi Kompetensi sebagai Runner Up, Kamis (15/7). Direktur Utama Yakes Telkom, Tri Priyo Anggoro mewakili Insan Yakes Telkom untuk menerima Sertifikat dan Juga Piala secara Digital. Tri Priyo Anggoro mengucapkan Terima kasih kepda seluruh Insan Yakes Telkom yang sudah bahu membahu untuk mengimplementasikan core value AKHLAK di kesahrian dalam bekerja di Yakes. Acara Refleksi 1 tahun AKHLAK BUMN ini diadakan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan ACT Consulting. Pemberian Penghargaan ini berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode September 2020–Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan anak perusahaannya. Dari riset dan kajian yang dilakukan secara periodik tersebut kemudian diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan. Dengan adanya penghargaan AKHLAK ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat insan Yakes Telkom dalam memberikan layanan Kesehatan kepada pesertanya dan dapat menerapkan Core Value AKHLAK dalam keseharian. (Jaka/red01)

image-newest
Info Korporasi

Sosialisasi Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Vaksin Bagi Peserta Pensiun Kamis, 17 Juni 2021 16:08 WIB Bandung - Pada saat ini angka kenaikan kasus covid-19 di lingkungan TelkomGroup sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan, menjadi hal yang wajib bagi Yakes Telkom untuk mengingatkan kembali agar angka kasus tersebut tidak melebihi angka tertinggi pada januari 2021. Dengan melalui aplikasi zoom meeting, Yakes Telkom menggelar sosialisasi untuk pencegahan penyebaran Covid-19 bagi peserta pensiun pada Rabu (16/6). Kegiatan ini diikuti oleh jajaran BOD dan Senior Leader Yakes Telkom, Ketua P2Tel beserta jajarannya, Seluruh pengurus cabang P2Tel, dan Tim SAHATY (Sahabat Sehat Yakes). Pada sambutannya, Tri Priyo Anggoro selaku Dirut yakes Telkom menyampaikan bahwa dengan meningkatnya kembali angka penyebaran Covid di Indonesia, kita merasa sangat penting untuk melakukan sosialisasi kepada peserta pensiun agar dapat terhindar dari penyebaran virus tersebut dengan tetap menerapkan 5M. “Dengan kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta sosialisasi dapat bertambah wawasannya mengenai penyebaran virus dan vaksin, serta dapat dengan optimal menjaga diri dari penyebaran virus” ujarnya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh dr. Rena Winasis selaku Narasumber. Dalam pemaparannya, Rena menyampaikan bahwa Berdasarkan laporan harian per tanggal 14 Juni 2021, total peserta yakes yang terkonfirmasi positif sebanyak 5.018 yang dibagi menjadi dua kategori, kategori karyawan dan Keluarga sebanyak 2.514, sedangkan dari Pensiunan dan Keluarga sebanyak 2.504. Total meninggal 203 jiwa terdiri dari karyawan dan keluarga 28 peserta dan dari pensiunan 175 peserta. Berdasarkan angka sebaran yang terkonfirmasi covid yang positif paling banyak ialah usia produktif 31-45 tahun, sedangkan angka tertinggi yang meninggal dunia paling banyak ialah usia 60 tahun keatas, karena kondisi usia 60 tahun keatas mempengaruhi penurunan kekebalan tubuh serta resiko dikarenakan penyakit penyerta yang dimiliki. “Pada saat ini awal dari kenaikan angka kasus covid-19 sudah banyak di sekitar kita. Diakibatkan lengahnya prokes yang terjadi dikarenakan mengikuti kegiatan-kegiatan pasca hari raya agama. Untuk itu, sekarang kita semua tidak boleh lengah lagi dan wajib untuk menerapkan 5M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan”, imbuhnya. Mengenai vaksinasi, perlu diketahui bahwa Yakes Telkom bukanlah yang mengatur program vaksin, karena vaksin terbatas dikomandoi oleh pemerintah melalui kemenkes yang sudah dimulai dari januari hingga saat ini, dan untuk tenaga kesehatan Yakes Telkom hampir semuanya sudah divaksin, hanya sebagian yang belum dikarenakan terkendala kondisi kesehatan. Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh Pemerintah dengan titik pelaksanaannya di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pusat Vaksin di kota besar. Pencapaian secara nasional masih sangat jauh dari angka 100%, secara total peserta Yakes Telkom yang sudah divaksin sebanyak 16.950 atau 19,17% dari total 88.394. Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas lagi agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Ayo tetap Semangat Yakes Family, bersama kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. (YKS00)

image-newest
Info Kesehatan

MEMPERSIAPKAN MASA PENSIUN Jumat, 21 Mei 2021 15:04 WIB Seseorang yang akan pensiun perlu mempertimbangkan apakah akan tetap melanjutkan bekerja atau tidak. Banyak orang yang mengambil pekerjaan baru setelah pensiun dari karir utama mereka, yaitu pekerjaan temporari atau self-employment. Namun, ada juga yang memilih untuk menikmati masa pensiunnya dengan kembali aktif melakukan hal yang menjadi hobby-nya, yang mungkin dulu tidak sempat dilakukan saat bekerja. Pertanyaan yang sering muncul sebelum seseorang pensiun biasanya adalah “Berapa banyak uang yang akan saya butuhkan?”, “Apakah tabungan yang saya persiapkan sudah cukup?”. Namun ketika permasalahan yang banyak diperbincangkan adalah seputar finansial, sebenarnya ada hal lain yang perlu untuk dipersiapkan, yaitu kondisi emosional. Sedikit orang yang mempertimbangkan kondisi emosional (penyesuaian psikologis) yang turut berpengaruh ketika kita berada pada masa pensiun. Penyesuaian ini termasuk pada kemampuan kita untuk siap menerima identitas karir yang telah hilang, menghabiskan waktu yang lebih banyak dengan keluarga, dan mencari kegiatan yang dapat membuat kita tetap aktif. Perubahan-perubahan yang dialami antara lain dari sisi biologis (misal: penurunan pada masa tulang yang menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh, mudah retak, dan proses penyembuhan memakan waktu yang lebih lama), kognitif (misal: kecepatan dalam memproses informasi -yang terukur melalui waktu reaksi- berkurang seiring dengan penambahan usia), hingga sosio-emosional. Perubahan tersebut akan menjadi tantangan bagi diri kita. Maka dari itu, persiapan terhadap kondisi psikologis merupakan hal penting yang perlu untuk dilakukan agar kita dapat menjalani masa pensiun dengan bahagia. Beberapa pensiunan terkadang ada yang menjalani masa pensiunnya dengan bahagia, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dan menjalankan hobi yang dulu tidak dapat mereka nikmati. Namun yang lainnya, dapat mengalami kecemasan, depresi, dan perasaan kehilangan. Penelitian yang dilakukan oleh psikolog menemukan bahwa orang-orang yang benar-benar terlibat dalam kegiatan-kegiatan pasca pensiunnya akan mendapatkan keuntungan secara psikologis. Untuk itu,  kita perlu untuk memberikan waktu dalam mempersiapkan masa pensiun, baik dalam segi sosial maupun psikologis untuk mencari tahu apa yang dapat membuat kita bahagia ketika menikmati masa pensiun kelak dan tidak hanya terpaku pada masalah finansial. Berikut adalah tips singkat yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan diri: Connect. Jalinlah hubungan dengan orang-orang di sekitar. Bangunlan hubungan dengan dukungan yang positif sehingga memberikan manfaat bagi diri kita. Be Active. Cobalah untuk melakukan aktivitas di luar seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau bahkan menari. Beraktivitas fisik dapat membuat kita merasa lebih baik. Lakukan aktivitas fisik yang kita senangi dan sesuai dengan mobilitas kita. Take Notice. Tingkatkan rasa ingin tahu. Hargai setiap momen. “Be aware” terhadap dunia serta perasaan Anda. Merefleksikan pengalaman pribadi dapat membantu Anda untuk mengapresiasi segala hal di dalam hidup. Keep Learning. Cobalah hal-hal baru atau temukan kembali hobby lama. Daftarkan diri kita mengikuti kegiatan yang baru, misalnya mempelajari alat musik atau belajar memasak. Give. Lakukan hal baik terhadap orang di sekitar. Ucapkan terima kasih, berikan senyum, sapaan, dan pujian kepada orang lain. Berterima kasihlah terhadap segala hal baik yang terjadi di dalam hidup kita.   Kelima tips di atas dapat kita lakukan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. So, persiapkanlah kondisi psikologis kita untuk menghadapi masa pensiun. Ingat, pensiun tidak seperti melompat dari papan seluncur, pensiun adalah sebuah proses dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya. (oleh : Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog)   Sumber: Santrock, John W. (2013). Life-span Development (fourteenth edition). NY: McGraw Hill. Southern Health and Social Care Trust. (2013). Booklet of Five Ways to Wellbeing: Simple Steps to Improve your Mental Wellbeing. London. http://www.apa.org/monitor/2014/01/retiring-minds.aspx

image-newest
Info Korporasi

HUT ke-23 YAKES Telkom: Sehat, Bahagia, Penuh dengan Cinta Jumat, 23 April 2021 08:18 WIB Bandung – Kamis (22/4), Yakes Telkom menginjak usia yang ke-23. Pada tahun ini, tentu saja Yakes Telkom memiliki harapan sebagaimana yang terukir pada tema Sehat, Bahagia, Penuh dengan Cinta. Berdiri sejak 1998 Yakes Telkom menjadi Institusi Mandiri dengan visi Menjadi institusi kesehatan terbaik di Indonesia dalam mengelola Layanan Kesehatan berbasis managed care dengan pemanfaatan teknologi digital. T. Zilmahram sebagai Direktur Utama Yakes Telkom terus berbenah mengembangkan Program-program yang senantiasa hadir memberikan yang terbaik bagi Insan TelkomGroup. Perayaan hari jadi tersebut dilaksanakan secara virtual dengan dihadiri beberapa partisipan dari seluruh Indonesia yang berlangsung secara istimewa dengan rangkaian acara yang sangat menarik. Dihadiri oleh Afriwandi selaku Ketua Pembina Yakes Telkom, Heri Supriadi selaku Anggota Pembina Yakes Telkom, harry Suseno selaku Ketua Pengawas Yakes Telkom, Djaka Sundan beserta Jajaran pengurus P2TEL, Edward Simanjuntak selaku Ketua DPP Sekar Telkom, dan para pimpinan TelkumGroup, serta seluruh Direktur Yakes Telkom dari awal hingga akhir. Dalam pidatonya T. Zilmahram menyebutkan POT CINTA menggambarkan komitmen dari seluruh Insan Yakes untuk memberikan Pelayanan Prima, Operasional Handal, didukung oleh Teknologi Tepat, membangun Citra Positif dan adanya Investasi berkelanjutan. T. Zilmahram menambahkan Yakes Ibarat POT CINTA yang bermakna mengurus Pelanggan dengan penuh cinta, mengurus karyawan dengan penuh perhatian, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi untuk seluruh Stakeholdernya. Yakes Telkom berperan membawa pelanggan ke taraf Kesehatan yang paripurna dengan mengintegrasikan Kesehatan fisik, jiwa, pikiran, sosial, dan spiritual. Pada usia Yakes Telkom ke-23 ini, sudah saatnya kita menuju “Connecting Wellness” yang akan saya canangkan pada Hari Jadi Yakes Yakes sekarang ini, ujar Zil. Connecting Wellness merupakan positioning fungsi dan peran Yakes Telkom setelah mengarungi sejarahnya selama 23 tahun serta menjawab tantangan saat ini dan masa depan, imbuh Zil. Selain itu pengumuman para pemenang lomba HUT Yakes ke 23 turut memeriahkan acara puncak HUT ke 23 YAKES, dan ditutup dengan Tausiah oleh Ustadz Dr. Aam Amirudin. Acara berlangsung dengan sangat meriah dengan participant diatas 400 menjadikan kemeriahan acara walaupun berlangsung secara virtual tapi tetap meriah. #SehatTekadKIta #MelayanidenganCinta (YKS03-2/Red02)

Info Terpopuler

image-popular
Info Korporasi

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Korporasi

Soft Launching FAST Sebagai Implementasi Core Values AKHLAK Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 WIB Yakes Telkom terus berinovasi mendukung visi dan misi serta salah satu yang tercantum dalam POT CINTA yaitu Pelayanan Prima. Bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021, Yakes Telkom memperkenalkan FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment), Jumat pagi ini (01/10). Acara soft launching FAST dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui vicon. Hadir pada kegiatan ini BoD, SL, dan seluruh karyawan Yakes Telkom. M. Suny Arifianto selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum Yakes Telkom menerangkan bahwa FAST merupakan inovasi pelayanan berbasis Fast Respon Team dengan reaksi cepat khususnya untuk usaha live safing dan menurunkan resiko fatality pada pasien yang dibutuhkan pada saat ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dengan tiga target customer yaitu: 1. Tim pengawalan atau peserta Event di lingkungan TelkomGroup. 2. Peserta Home Care yang memerlukan pelayanan cepat. 3. Emergency Patient Faskes Yakes Telkom dan Pasien Penanganan Khusus. Konsep layanan ini akan terintegrasi dengan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat demi meningkatkan kenyamanan peserta Yakes.  Lebih lanjut Suny menyampaikan bahwa FAST akan diimplementasikan terlebih dahulu di Regional Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini FAST menjalankan tugas perdananya di Papua sebagai pendampingan pelayanan kesehatan TelkomGroup pada PON XX Papua. Pada kesempatan berikutnya, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yakes Telkom memberikan sambutan sekaligus melakukan soft launching FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment). Priyo menjelaskan bahwa FAST dalam pelaksanaannya merupakan cerminan dari implementasi dari nilai-nilai AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif serta Kolaboratif. Lebih lanjut Priyo mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh tim FAST yang hadir baik di Bandung, Jakarta, dan Papua seraya berpesan agar seluruh tim mampu menunjukkan perannya sebagai tim yang responsif terhadap setiap kebutuhan peserta atas layanan Yakes. Priyo juga mengucapkan selamat bertugas kepada tim FAST yang bertugas mendukung event PON XX di Papua yang saat ini mengawal kesehatan Direktur EBIS Edi Witjara dan jajaran yang belum lama tiba untuk memastikan kesiapan tim TelkomGroup dalam mendukung suksesnya PON XX Papua. (YKS03)

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/