Kamis, 21 Juli 2022 15:18 WIB

Awas! Kelompok Ini Rentan Terkena Long Covid

Ditinjau oleh : Kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia menimbulkan kekhawatiran terkait risiko terkena Long Covid

picture-of-article

Kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia menimbulkan kekhawatiran terkait risiko terkena Long Covid atau gejala Covid-19 berkepanjangan. Long Covid sendiri merupakan kondisi dimana seseorang masih merasakan gejala Covid-19 dalam jangka waktu lama, bahkan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Umumnya kasus long Covid ini terjadi selama 2 bulan setelah pasien dinyatakan negatif Covid-19, dengan mengalami gejala seperti sakit pada bagian dada, detak jantung tidak teratur, mengalami nyeri sendi, sulit tidur (insomnia), demam hingga mengalami depresi atau rasa cemas berlebih.

Adapun beberapa kelompok yang memiliki risiko tinggi terkena long Covid adalah 

  • Berusia diatas 50 tahun, 
  • Kelompok masyarakat yang mengalami keparahan fase akut Covid-19,
  • Serta yang memiliki penyakit penyerta atau Komorbid seperti, Hipertensi, Obesitas, Kondisi psikiatrik yang mendasari, dan Penyakit imunosupresif.

Mengingat tingginya risiko tersebut, penting untuk kelompok rentan terkena long Covid terus menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, hingga menjaga jarak jika di kerumunan.

Baca juga : Wajib Tau! Ini 3 Manfaat Penting Vaksin Covid-19

0 Disukai

259 Kali Dibaca