Senin, 04 April 2022 16:53 WIB

Bangun Jiwa Positif Dengan Kembangkan Hobi yang Bermanfaat

picture-of-article

Berbagai masalah kesehatan mental seperti stres, depresi, serta kecemasan menjadi permasalahan bagi berbagai kalangan belakangan ini, hal ini dikarenakan adanya tekanan yang signifikan dari lingkungan luar. Memiliki hobi yang bermanfaat menjadi salah satu opsi terbaik untuk menanggulangi masalah kesehatan mental tersebut. Hobi sendiri merupakan hal penting yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh terhadap beban pekerjaan ataupun kegiatan rutin sehari-hari.

Melakukan hobi sendiri terbukti dapat meredakan stres, selain itu terdapat beberapa manfaat dari melakukan hobi tersebut, seperti : 

  • Meningkatkan Kekuatan Fisik, untuk kegiatan hobi fisik dapat meningkatkan kesehatan fisik dan fungsi otak.
  • Manfaat Mental dan Emosional,  untuk hobi berkesenian seperti melukis, bermusik, fotografi, dll dapat mengurangi stres dan membuat pikiran rileks dari masalah sehari-hari.
  • Manfaat Sosial dan Interpersonal, melakukan hobi juga bagus bersosialisasi dan menambah teman baru serta memungkinkan membangun ‘support system’ baru.
  • Melatih Kreativitas, untuk hobi berkesenian atau kreatif dapat membantu otak untuk lebih kreatif untuk melakukan berbagai pekerjaan dibidang apapun.
  • Mengembangkan Diri Sendiri, berbagai hobi juga meningkatkan rasa percaya diri, harga diri, serta meningkatkan kualitas hidup, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dalam diri sendiri.

Pengembangan hobi juga dapat membantu untuk mengatur waktu dalam work-life balance, karena terkadang banyaknya kegiatan yang dilakukan membuat kita lupa waktu untuk beristirahat, jadi dengan memiliki hobi maka kita dapat mengatur kembali waktu untuk mengistirahatkan pikiran dengan menjalankan hal yang kita sukai.

Namun tidak mudah untuk menemukan hobi yang bermanfaat yang bisa kita jalani. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa cara yang dapat membantu untuk menemukan hobi yang sejalan dengan selera serta bermanfaat untuk pengembangan diri, yang diantaranya adalah :

  1. Ketahui Hal Apa yang Selama Ini Ingin Dilakukan
    Hal pertama adalah dengan memastikan hal yang ingin dilakukan selama ini, jika sudah menemukan hal yang ingin dilakukan cobalah untuk mulai mencari informasi terkait aktivitas tersebut.
     
  2. Mengingat Hobi atau Kesenangan Di Masa Kecil
    Cobalah kembali mengingat kesenangan ataupun hobi yang biasa dilakukan saat masih kecil. Hal ini dapat membantu kita untuk menentukan hobi yang dapat dilakukan, ini juga dapat membantu untuk menghidupkan kembali kenangan masa kecil.
     
  3. Sesuaikan Dengan Waktu Luangmu
    Lakukan lah hobi pada waktu luang, jangan sampai hobi yang dijalani malah mengganggu pekerjaan utama maupun urusan penting lain dalam hidup. Jadi sebelum memilih menjalankan hobi tertentu, ketahui juga waktu yang bisa dapat diluangkan.
     
  4. Jangan Ragu Untuk Mencoba Banyak Hal
    Jika tidak juga menemukan hobi yang berkaitan dengan hal yang kita inginkan, cobalah beberapa hobi umum dengan mengikuti komunitasnya ataupun sekedar mempelajari hobi tersebut. Nantinya jika telah menemukan yang cocok pilih 1 untuk menjadi hobi yang dijalankan secara berkelanjutan.
     
  5. Jangan Sampai Hobi Membebani Pikiran
    Hobi seharusnya menjadi penghilang stres dari banyaknya pekerjaan ataupun kegiatan dalam hidup. Jadi pastikan untuk hobi yang dijalani adalah hobi yang dapat dinikmati serta membangkitkan kembali semangat dalam tubuh serta tidak menimbulkan stres baru. Jika hobi yang dijalani mulai terasa membebani dari segi pikiran ataupun biaya, ada baiknya untuk segera ditinggalkan dan mencari hobi baru.

Baca juga : Hari Perawat Sedunia, Angkat Fokus Tema Investasi Keperawatan dan Menghormati Hak Perawat

0 Disukai

96 Kali Dibaca