Rabu, 10 Agustus 2022 09:30 WIB

Catat! Ini Tips Penting Dari Ahli Gizi Untuk Penderita Diabetes Melitus

Ditinjau oleh : Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit tersering di dunia yang dapat menyebabkan kematian

picture-of-article

Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit tersering di dunia yang dapat menyebabkan kematian. Diabetes yang tidak terdeteksi secara dini dapat menyebar ke organ lain sehingga menimbulkan penyakit komplikasi. Meskipun begitu, risiko tinggi diabetes dapat diturunkan dengan melakukan beberapa cara seperti :

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
  • Jalani pengobatan secara intensif
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin
  • Hingga mengatur kualitas makanan yang dikonsumsi

Untuk mengatur kualitas makanan bagi penderita diabetes melitus, terdapat aturan 3J yang bisa diterapkan. Aturan 3J ini meliputi :

  1. Jadwal, penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi 3 kali makan besar dan 3 kali snack dalam satu hari, dengan pengaturan rentang selama 3 jam. Selain itu, penderita diabetes harus menghindari terlambat jam makan guna mencegah mengonsumsi makanan secara berlebih dalam satu waktu.
     
  2. Jumlah, pastikan dalam satu kali makan isi setengah piring dengan sayur-sayuran, kemudian seperempatnya diisi dengan sumber protein nabati dan hewani yang tidak digoreng, serta seperempat lainnya diisi dengan sumber karbohidrat.
     
  3. Jenis, hindari konsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi karena dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Nah untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait Diabetes Melitus, Yakes Family dapat mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui bit.ly/PlylsDiabetesMelitus

Selain info di atas, jika ingin melihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link:

linktr.ee/YakesPromotifPreventif

Baca juga : Terapkan Cara CERDIK, Cegah Penyakit pada Ginjal

0 Disukai

73 Kali Dibaca