Sabtu, 23 Juli 2022 08:42 WIB

Hari Anak Nasional Jadi Momentum Tingkatkan Kepedulian Dalam Pemenuhan Hak Anak

Ditinjau oleh : Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN) setiap tahunnya

picture-of-article

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN) setiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini, Hari Anak Nasional mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang kemudian diterjemahkan dalam 3 tagline penting, yakni Peduli Pasca Pandemi Covid-19, Anak Tangguh Pasca Covid-19, dan Anak Tangguh, Indonesia Lestari.

Peringatan Hari Anak Nasional ini diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemenpppa RI) sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan juga pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Pelaksanaan Hari Anak Nasional tahun ini menghadapi tantangan akibat adanya COVID-19 di Indonesia yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak, mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Adapun beberapa tujuan khusus dalam pelaksanaan Hari Anak nasional ini meliputi :

  1. Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa
  2. Mendorong berbagai aspek pemerintahan serta media massa untuk menjadi leading sector untuk melakukan kerja aktif dalam keterlibatan tumbuh kembang anak.
  3. Mendorong tercapainya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030
  4. Meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan positif
  5. Menurunkan angka kekerasan terhadap anak
  6. Memastikan anak tetap mendapatkan hak belajar, bermain dan bergembira pasca pandemi COVID-19 sehingga tidak terjadi perkawinan di usia anak.

Baca juga : Kembali Beraksi, Tim FAST Yakes Telkom Amankan Kegiatan Fun Walk HUT 57 Telkom

0 Disukai

283 Kali Dibaca