Senin, 14 November 2022 14:39 WIB

Hari Diabetes Sedunia, Momentum Penting Bangkitkan Kesadaran Diri Akan Penyakit Diabetes

picture-of-article

14 November di setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Peringatan ini menjadi momentum penting untuk kembali membangkitkan kesadaran diri akan penyakit diabetes. Pada tahun ini, tema besar yang disampaikan adalah sejalan dengan kampain Hari Diabetes Sedunia 2021-2023 yakni “Access to Diabetes Care”.

Berdasarkan data dari WHO, prevalensi diabetes di dunia terus mengalami peningkatan hingga 10-12% dari total populasi. Hal ini mengakibatkan seseorang dengan diabetes akan memikirkan penyakitnya setiap 20 menit, setiap hari dalam hidupnya. Sebanyak 95% kasus diabetes yang terjadi di dunia berjenis diabetes tipe 2. Tidak seperti diabetes tipe 1 yang penyebabnya dipicu oleh kondisi genetik, diabetes tipe 2 penyebabnya dipengaruhi oleh gaya hidup dan obesitas. Singkatnya, penyakit diabetes tipe 2 bisa dicegah.

Hal tersebut, yang menjadi fokus utama dalam peringatan Hari Diabetes Sedunia tahun ini. Ini memunginkan komunitas dunia mampu membangun kesadaran untuk mencegah diabetes dan menerapkan gaya hidup sehat.

Beberapa langkah hidup sehat yang dapat dilakukan untuk terkena diabetes, meliputi : 

  • Berhenti Merokok, selain tidak baik untuk paru-paru, rokok juga dapat meningkatkan risiko terhadap seseorang terkena diabetes.
  • Menjaga Berat Badan Ideal, dengan mengatur pola makan dengan gizi yang seimbang. Hal ini dapat menurunkan risiko obesitas yang dapat menimbulkan gejala diabetes.
  • Mengonsumsi Makanan yang Sehat, yakni dengan mengkonsumsi rutin makanan dengan gizi seimbang dan disertai dengan pengurangan asupan gula, garam serta lemak jenuh.
  • Rutin Lakukan Cek Gula Darah, hal ini bermaksud untuk dapat mendeteksi dini dari kandungan gula darah dalam tubuh, sehingga dapat memastikan penanganan secara tepat.
  • Lakukan Aktivitas Fisik, seperti berolahraga secara rutin untuk menjaga kadar gula dalam darah tidak berlebih.

Adapun untuk aktivitas fisik, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, seperti latihan aerobik, berenang, bersepeda ataupun melakukan yoga. Aktivitas fisik atau olahraga secara teratur dapat mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas sel-sel insulin didalam tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah.

Cari tahu lebih banyak tentang Diabetes dengan mengunjungi halaman Mengenal Diabetes Melitus

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Stroke untuk Save #PreciousTime

0 Disukai

252 Kali Dibaca