Rabu, 27 Juli 2022 10:27 WIB

Hari Hepatitis Sedunia, PR Besar Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Hepatitis

Ditinjau oleh : Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day) diperingati pada tanggal 28 Juli setiap tahunnya

picture-of-article

Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day) diperingati pada tanggal 28 Juli setiap tahunnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia agar dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya virus hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh virus, melansir dari laman worldhepatitisday.org setiap 30 detik seseorang dinyatakan meninggal akibat penyakit Hepatitis.

Pada tahun 2022 ini, Hari Hepatitis Sedunia mengangkat tema “I Can’t Wait”. Dimana tema tersebut merepresentasi keadaan orang-orang untuk dapat mengambil tindakan dan juga meningkatkan kesadaran akan hepatitis karena ‘hepatitis tidak dapat menunggu’. 

Selain itu tema “I Can’t Wait” juga menjadi pendesak kebutuhan untuk mendukung penuh upaya eliminasi hepatitis, terutama selama pandemi Covid-19 ini serta mendukung gerakan untuk mencapai tujuan eliminasi penularan hepatitis pada tahun 2030 mendatang.

Terdapat 3 macam penyakit hepatitis yang paling umum ditemukan, yakni Hepatitis A, Hepatitis B, dan juga Hepatitis C. Adapun gejala-gejala yang timbul meliputi sakit perut, kelelahan, penyakit kuning (kulit dan mata menguning).

Beberapa pencegahan dari penyakit hepatitis dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan memakai sabun, mencuci alat makan dengan bersih, menggunakan air bersih serta melakukan vaksinasi

Baca juga : Catat! Ini Tips Penting Dari Ahli Gizi Untuk Penderita Diabetes Melitus

0 Disukai

451 Kali Dibaca