Jumat, 13 Oktober 2023 17:50 WIB

Jaga Mata Tetap Sehat, Ditengah Kebiasaan Pasca Pandemi Covid-19

Ditinjau oleh : Jaga Mata Tetap Sehat, Ditengah Kebiasaan Pasca Pandemi Covid-19

picture-of-article

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mengubah banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan masyarakat terhadap penggunaan gadget untuk beraktivitas dan bekerja. Kebiasaan baru dengan bekerja secara daring menyebabkan sebagian orang lebih sering menghabiskan waktu di depan layar gadget, hal ini dapat berakibat buruk dengan menciptakan risiko gangguan pada mata.

Berkaca pada hal tersebut, Yakes-Telkom dalam rangka memperingati hari penglihatan sedunia menggelar Webinar Kesehatan dengan tema “Menjaga Kesehatan Mata di Masa Pasca Covid-19”. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (12/10) pagi tersebut menghadirkan narasumber dokter spesialis mata RS Primaya Bekasi Utara, dr. Susan Sri Anggraini, Sp.M.

Dalam paparannya, dr. Susan menjelaskan bahwa aktivitas yang berlebihan menggunakan gadget dapat meningkatkan potensi munculnya penyakit seperti mata kering, hingga dapat mengurangi kemampuan mata seperti mata minus. Selain itu perubahan cuaca panas akhir-akhir ini juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit pada mata.

“Karena akhir-akhir ini cuaca panas, banyak ditemukan keluhan pasien dengan mata merah, kemungkinan karena debu dan asap yang sering terpapar di luar rumah/outdoor, sehingga keluhan gangguan mata merah mengeluarkan kotoran mata dan berair, yang bisa disebabkan karena iritasi debu, alergi debu dan infeksi, karena di udara seperti ini diluar rumah banyak virus, bakteri, jamur” jelas dr. Susan.

Menyikapi hal tersebut, dr. Susan memberikan tips untuk dapat menggunakan rumus 20-20-20 dalam menggunakan gadget saat beraktivitas. Rumus tersebut memiliki arti yaitu setelah 20 menit menggunakan gadget, alihkan pandangan keluar untuk melihat objek dengan jarak 20 kaki (6 meter) dalam waktu 20 detik. Pola rumus ini dapat mengurangi risiko dari ketegangan otot mata yang dapat menyebabkan gangguan dalam penglihatan.

Di penghujung acara, dr Susan berbagi tips untuk menjaga kesehatan mata sebagai berikut: 

  1. Periksa mata secara rutin minimal 2 tahun sekali, Usia diatas 40 tahun disarankan untuk memeriksa mata setahun sekali untuk mencegah penyakit mata yang berhubungan dengan usia seperti katarak, glaucoma dan deteksi dini masalah mata yang ditimbulkan oleh penyakit seperti diabetes dan hipertensi.
     
  2. Konsumsi makanan yang bergizi yang kaya akan vitamin A, vitamin C, lutein, vitamin E, selenium dan asam lemak omega 3.
     
  3. Makan makanan sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan karena banyak omega dan untuk menjaga agar kolesterol tidak naik yang bisa menyebabkan kelainan di saraf mata.
     
  4. Hindari pemakaian gadget yang lama.
     
  5. Hindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, bisa dicegah dengan kacamata anti sinar ultraviolet untuk mencegah terjadinya katarak.
     
  6. Olahraga secara teratur bisa menurunkan resiko penyakit mata yang disebabkan oleh DM, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
     
  7. Berhenti merokok (meningkatkan resiko katarak, degenerasi macula/ kemunduran pada saraf-saraf karena faktor usia dan kerusakan saraf optik)

Bagi Yakes-Family yang ingin menyaksikan kembali webinar “Menjaga Kesehatan Mata di Masa Pasca Covid-19”, dapat mengunjungi Youtube Yakes Telkom atau klik link berikut ini : bit.ly/WebinarKesehatanMatadiMasaPascaCovid

Baca juga : Kenali Tanda-tanda Demam Dengue!

0 Disukai

1205 Kali Dibaca