Kamis, 16 Juni 2022 08:46 WIB

Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Penyakit Ginjal Kronis Yang Sering Tidak Disadari

picture-of-article

Penyakit Ginjal Kronis merupakan kondisi dimana fungsi ginjal mengalami penurunan secara bertahap yang disebabkan adanya kerusakan dari jaringan ginjal. Penyakit ginjal kronis ini dapat menyebabkan cairan, elektrolit serta limbah dalam tubuh akan menumpuk dan menimbulkan banyak gangguan.

Berdasarkan laporan dari NHS, penyakit ginjal kronis ini cenderung tidak menimbulkan gejala pada saat masih dalam tahap awal. Hal ini dikarenakan tubuh masih dapat mengatasi adanya penurunan fungsi ginjal yang signifikan, sehingga pada tahapan awal penyakit ginjal kronis ini dapat didiagnosis dengan melakukan tes rutin seperti tes darah atau urin.

Adapun gejala yang dapat ditimbulkan pada tahap lanjutan dari penyakit ginjal kronis ini adalah seperti :

  • Penurunan berat badan dan nafsu makan yang buruk
  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Darah dalam urin
  • Mengalami sulit tidur (insomnia)
  • Sakit kepala
  • Sering merasa tidak enak badan

Setelah masuk pada tahapan stadium 4 dan 5, penderita penyakit ginjal kronis baru akan merasakan adanya gangguan metabolisme dalam tubuh yang ditandai dengan adanya gejala seperti :

  1. Tekanan darah tinggi yang tak terkendali
  2. Bengkak pada bagian kaki dan pergelangannya
  3. Buang air menjadi sedikit

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, disarankan untuk segera menemui dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sementara itu, terkait pengobatan dari penyakit ginjal kronis ini dapat dilakukan dengan mendapat obat-obatan rutin, cuci darah, hingga transplantasi ginjal. Namun untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, menjalani pola hidup sehat dan melakukan kontrol penyakit secara rutin dapat menjadi opsi terbaik.

Baca juga : Peringati Hari Demam Berdarah ASEAN, Mari Kenali Apa Itu Demam Berdarah Dengue

0 Disukai

53 Kali Dibaca