Senin, 17 Oktober 2022 14:54 WIB

Jangan Anggap Sepele, Kenali Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh : Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh

picture-of-article

Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Selain untuk mengatur tekanan darah, ginjal juga berfungsi sebagai detoksifikasi darah yang membantu tubuh untuk menyaring limbah dan membuangnya melalui urin. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika ginjal mengalami gangguan sehingga tidak dapat berjalan dengan normal.

Berdasarkan data, Penyakit Ginjal menjadi salah satu penyakit mematikan ke-10 di Indonesia dengan catatan kematian lebih dari 42 ribu per tahunnya. Pada umumnya gangguan pada ginjal biasa menyerang orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan gangguan penyakit tersebut dapat terjadi pada anak-anak. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui dan mencegah terjadinya gangguan pada ginjal?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyampaikan beberapa tanda dan gejala yang perlu diperhatikan terkait penyakit ginjal, tanda-tanda tersebut meliputi :

  • Mengalami tekanan darah tinggi
  • Terjadi perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehari
  • Adanya darah dalam urin
  • Sakit kepala
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sesak, Mual & Muntah
  • Mengalami lemah saat tidur
  • Mengalami bengkak pada bagian kaki atau pergelangan kaki pada waktu pagi hari.

Selain itu, menerapkan perubahan perilaku masyarakat dengan menerapkan cara CERDIK. Perubahan perilaku CERDIK ini meliputi :

  1. Cek kesehatan secara berkala,
  2. Enyahkan asap rokok,
  3. Rajin aktivitas fisik,
  4. Diet sehat dengan kalori seimbang,
  5. Istirahat cukup, dan
  6. Kelola stres.

Selain menerapkan perilaku CERDIK, tahap pencegahan juga dapat dilakukan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan aktivitas fisik teratur, menjaga pola makan dengan makanan sehat (rendah lemak, rendah garam, dan tinggi serat), minum air putih minimal 2 liter per hari, dan juga tidak mengonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait penyakit ginjal, dapat mengunjungi channel youtube Yakes Telkom atau klik link berikut : Penyakit Ginjal - Yakes Telkom

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Stroke untuk Save #PreciousTime

0 Disukai

205 Kali Dibaca