Senin, 18 Juli 2022 11:01 WIB

Jangan Anggap Sepele Nyeri Pada Sendi, Bisa Jadi Gejala MSD !

picture-of-article

Sering mengalami nyeri sendi, kelelahan, kelemahan otot, keterbatasan gerak hingga kehilangan sensorik atau mati rasa pada otot tubuh bisa menjadi pertanda dari penyakit Musculoskeletal Disorder atau biasa disebut MSD. Kelainan pada Muskuloskeletal ini merupakan kondisi kelainan atau penyakit yang melibatkan otot, tulang, sendi, ligamen, tendon dan jaringan pengikat tubuh.

MSD ini cukup erat kaitannya dengan kebiasaan bergerak seseorang, cedera, hingga dampak dari penyakit lain, sehingga menimbulkan keterbatasan gerak dan penurunan produktivitas dalam bekerja ataupun aktivitas lainnya. Resiko penyakit MSD dapat dipengaruhi dari usia, jenis pekerjaan, tingkat aktivitas, riwayat keluarga serta gaya hidup.

Gejala umum dari penyakit MSD ini dapat berupa nyeri yang menetap atau berulang, merasa kaku pada sendi, pembengkakan, dan juga berdenyut. Biasanya gejala tersebut dirasakan pada bagian tubuh seperti leher, bahu, pergelangan tangan, punggung, paha, kaki, lutut maupun ankle.

Beberapa kondisi dari MSD meliputi fraktur (patah tulang), arthritis, nyeri punggung bawah, skoliosis, kifosis, lordosis pada tulang punggung, dan beberapa kondisi lain.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap terkait Musculoskeletal Disorder (MSD) dapat mengunjungi link : yakestelkom.or.id/serba-serbi-kesehatan/gangguan-sendi-tulang-otot-musculoskeletal-disorder

Baca juga : Laju Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Kemenkes Ajak Untuk Masyarakat Tetap Perkuat Prokes

0 Disukai

432 Kali Dibaca