Jumat, 01 April 2022 17:32 WIB

Luangkan Waktu Untuk Bangun Kualitas Hubungan Bersama Keluarga

picture-of-article

Membangun kualitas dari hubungan antar anggota keluarga merupakan sebuah tantangan tersendiri, hal ini dikarenakan setiap anggota keluarga perlu membangun komitmen yang kuat dalam mengambil keputusan yang sulit dan penting. Perlu diingat menjalani kehidupan berkeluarga tidak hanya untuk sementara waktu namun untuk seumur hidup, oleh karena itu penting untuk membangun kualitas hubungan antar keluarga serta menjaga keharmonisan tersebut.

Lantas bagaimana cara yang baik untuk menjaga keharmonisan ataupun kualitas hubungan dalam berkeluarga? Dalam menjalani kehidupan keluarga, tantangan yang selalu hadir perlu dihadapi dengan kekompakan dan komitmen yang kuat. Ini menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi cara pandang dan sikap masing-masing anggota keluarga.

Adapun beberapa cara yang dapat diterapkan dalam menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah sebagai berikut :

  1. Mengadakan Waktu Berkualitas untuk Keluarga
    Memanfaatkan dan memaksimalkan waktu bersama keluarga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam membangun kualitas hubungan antar anggota keluarga. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan waktu bersama seperti berikut ini :

    - Gunakan waktu bersama setiap hari untuk saling menyapa, berbincang, ataupun berbagi tawa.
    - Pastikan setiap anggota keluarga mematikan gadget saat menghabiskan waktu bersama, hal ini guna menjaga fokus masing-masing anggota keluarga dalam melakukan hal bersama.
    - Lakukan obrolan empat mata dengan setiap anggota keluarga untuk memperkuat hubungan antar individu.
    - Lakukan hal-hal rutin bersama, seperti bermain bersama atau pergi rekreasi bersama.
     
  2. Bangun Komunikasi Yang Positif Dalam Keluarga
    Komunikasi positif disini berarti untuk masing-masing anggota keluarga dapat mendengar tanpa menghakimi dan mengungkapkan pikiran serta perasaan sendiri secara terbuka dan hormat. Komunikasi positif membantu semua anggota keluarga merasa dipahami, dihormati serta dihargai satu sama lain, hal ini membantu dalam memperkuat kualitas hubungan antar anggota keluarga.

    Selain itu, komunikasi non-verbal juga penting dilakukan dalam membangun keharmonisan dalam keluarga. Hal ini meliputi bentuk perasaan, perhatian serta rasa sayang.
     
  3. Berikan Porsi Yang Seimbang
    Dalam keluarga, peran ayah dan ibu perlu seimbang antara menjadi orang tua ataupun menjadi pasangan. Pembagian porsi antara peran orang tua dan pasangan ini lah yang perlu diperhatikan agar selalu seimbang, selain selalu memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak perlu juga menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai pasangan.

Selain itu, dalam membangun keharmonisan keluarga mulailah dari hal-hal kecil lain seperti memanfaatkan tiap momen sehari-hari untuk menanyakan kabar ataupun mendengarkan saran, keluhan maupun curhatan dengan tanpa menghakimi namun lebih memahami.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Faktor Risiko Osteoporosis di Usia Senja

0 Disukai

183 Kali Dibaca