Rabu, 07 September 2022 17:19 WIB

Manajemen Stress yang Baik Untuk Mental yang Sehat

Ditinjau oleh : Masuk kedalam agenda Wellbeing Activity, webinar Sharing Santuy kali ini mengangkat tema “Coping with Stress”

picture-of-article

Masuk kedalam agenda Wellbeing Activity, webinar Sharing Santuy kali ini mengangkat tema “Coping with Stress” pada Rabu (7/9). Stress merupakan hal yang sering kita temui disekitar kita, namun dengan manajemen stress yang baik, kita dapat mengatasi stress tersebut.

Kegiatan webinar kali ini diikuti oleh seluruh insan Yakes Telkom. Rahmi Maya Fitri, S.Psi selaku pembicara langsung menjelaskan apa itu stress. “Stress adalah respon adaptif terhadap situasi yang dianggap menantang atau mengancam kesejahteraan seseorang. Stress dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu: Eustress (yang bersifat sehat, positif, dan konstruktif), dan Distress (yang bersifat tidak sehat, negative, dan destruktif)” ujarnya.

Stress disebabkan oleh setiap kondisi lingkungan yang memberikan tuntutan, baik secara fisik atau emosional pada individu. Gejalanya juga dapat kita lihat melalui reaksi tubuh dan merupakan eviden yang kuat atas stress yang kita alami.

“Jika seseorang mengalami stress, apa yang dapat kita lakukan?kita harus dapat melakukan manajemen stress seperti: Menghilangkan atau mengubah stressor, menghindari dari sumber stress (berlibur, unplugging), mengubah persepsi terhadap sumber stress, mengendalikan konsekuensi dari stress, dan menerima dukungan sosial. Namun jika masalah yang kita alami sudah terlalu berat dan mulai mengganggu Kesehatan, maka sudah saatnya kita untuk mencari pertolongan ahli”, imbuhnya.

Sangat penting bagi kita untuk mengenali keadaan psikis diri kita sendiri, dan dengan dengan menerapkan manajemen stress yang baik, tujuannya adalah untuk mendapatkan mental yang sehat.

Baca juga : Waspada! Cacar Monyet Terdeteksi Di Indonesia, Ini Hal-Hal yang Perlu Diketahui

0 Disukai

57 Kali Dibaca