Senin, 20 Juni 2022 16:47 WIB

Mengenal Pneumonia, Penyakit Paru-Paru yang Berbahaya

Ditinjau oleh : Pneumonia merupakan salah satu penyakit pernapasan akut yang menyerang paru-paru

picture-of-article

Pneumonia merupakan salah satu penyakit pernapasan akut yang menyerang paru-paru. Paru-paru menjadi organ vital dalam tubuh yang rentan terserang berbagai jenis mikroba seperti virus dan bakteri. Disaat seseorang terkena pneumonia, bagian dalam paru-paru yang bertugas menjadi tempat bertukarnya udara (alveoli) kerap kali terisi oleh cairan infeksi yang dapat menyebabkan terganggunya proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh.

Pneumonia menjadi penyebab 14% kematian pada anak dibawah 5 tahun di tahun 2019 lalu, Asia Selatan dan Sahara Afrika menjadi wilayah yang memiliki dampak pneumonia paling buruk di dunia. Penyakit pneumonia ini dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali pada anak-anak, namun meskipun begitu penyakit ini masih dapat dicegah dengan beberapa pengobatan yang relatif terjangkau.

Penyakit pneumonia dapat disebabkan oleh banyak jenis mikroba seperti, bakteri, virus serta jamur dapat menjadi penyebab dari pneumonia. Streptococcus pneumoniae merupakan salah satu bakteri yang paling sering menginfeksi, terutama pada anak-anak. Kemudian ada Haemophilus influenzae type B (Hib), sedangkan pada kasus pneumonia akibat virus dapat disebabkan oleh Respiratory syncytial virus.

Selain itu, pneumonia merupakan penyakit yang dapat menular melalui cairan pernapasan penderita seperti dahak, liur dan mukus hidung. Pneumonia juga dapat menular melalui udara saat penderita batuk maupun bersin, dan pada kasus bayi yang baru lahir, pneumonia juga dapat ditularkan melalui darah.

Baca juga : Pentingnya Jaga Keamanan Makanan Yang Masuk Kedalam Tubuh

0 Disukai

27 Kali Dibaca