Selasa, 06 September 2022 13:16 WIB

Pahami Faktor Risiko & Gejalanya, Untuk Hidup Sehat Tanpa Diabetes

Ditinjau oleh : Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap diabetes, hingga akhirnya baru tersadar ketika kondisinya sudah parah

picture-of-article

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap diabetes, hingga akhirnya baru tersadar ketika kondisinya sudah parah. Penyakit yang disebabkan oleh adanya penurunan produksi insulin dalam tubuh ini dapat memicu penyakit lainnya seperti stroke, penyakit jantung, gagal ginjal hingga mengancam nyawa. 

Namun, diabetes merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang pada dasarnya dapat dikontrol dan dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengetahui tanda atau gejala diabetes sedini mungkin. Memahami faktor risikonya menjadi langkah penting agar dapat mencegah penyakit diabetes sejak dini.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan potensi terjadinya diabetes meliputi kegemukan, kurang gerak, merokok, hipertensi, dislipidemia, riwayat penyakit jantung serta melakukan diet yang tidak seimbang. Beberapa faktor risiko tersebut dapat ditangani dengan merubah gaya hidup dengan perilaku CERDIK, yakni :

  • Cek kesehatan secara berkala,
  • Enyahkan asap rokok,
  • Rajin beraktivitas fisik,
  • Diet yang sehat dan seimbang,
  • Istirahat yang cukup, 
  • Kelola stres.

Selain itu, mengenal gejala penyakit diabetes juga dapat dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin agar diabetes dapat ditangani lebih cepat dan menghindari terjadinya komplikasi serius. Adapun beberapa gejala utamanya nya seperti sering mengalami buang air kecil (poliuri), Cepat merasa lapar (polifagia), serta cepat haus (polidipsi).

Cari tahu lebih banyak tentang Diabetes dengan mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau klik Playlist Tentang Diabetes Melitus

Baca juga : Memasuki Peralihan Musim, Waspadai Penyakit DBD

0 Disukai

101 Kali Dibaca