Jumat, 01 April 2022 18:33 WIB

Pahami Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh : Kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian untuk tetap dijaga

picture-of-article

Kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian untuk tetap dijaga, jika kesehatan mental mengalami gangguan maka kondisi fisik dan kualitas hidup akan mengalami penurunan. Sehat secara mental merupakan keadaan ketika seseorang merasa sejahtera secara psikologis, emosional maupun sosial.

Mental yang sehat berpengaruh besar pada cara orang berpikir, bertindak, merasa, serta membuat keputusan. Menjaga kesehatan mental bukan hanya perlu dilakukan oleh orang dewasa, namun juga berlaku pada anak-anak, remaja, serta orang lanjut usia. Orang-orang dengan kesehatan mental yang baik dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensinya secara maksimal.

Selain itu, mental yang sehat juga mendukung untuk mampu berpikir positif pada setiap kondisi sehingga menimbulkan ketenangan dalam menghadapi suatu masalah. Dalam kehidupan sosial, orang dengan mental sehat dapat dengan mudah mengatur komunikasi dengan baik serta mudah bergaul dan memiliki pertemanan yang sehat.

Kesehatan mental yang baik juga meningkatkan hormon-hormon yang membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit kronis seperti stroke, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Namun perlu diketahui dalam menjalani aktivitas setiap harinya, tubuh akan menerima beberapa ‘serangan’ yang dapat membuat kesehatan mental terganggu. Hal ini seperti terjadinya gangguan suasana hati, ataupun terjadinya emosi yang tak bisa dikendalikan. Kedua gangguan tersebut dapat terjadi akibat lingkungan yang ditempati tidak terlalu baik.

Adapun dalam menjaga kesehatan mental, terdapat 10 poin panduan umum yang bisa diterapkan. Hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Hargai diri sendiri, misalnya dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  2. Usahakan untuk selalu melihat sisi positif dari suatu masalah.
  3. Perlakukan dirimu seperti kamu memperlakukan orang lain yang kamu sayangi.
  4. Temukan cara terbaik mengelola stres untuk diri sendiri, misalnya menulis buku harian, berjalan-jalan, dan berbincang atau deep talk.
  5. Mensyukuri segala hal yang dimiliki agar dapat menerima dan mencintai diri sendiri.
  6. Terapkan pola hidup yang sehat, seperti konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.
  7. Kembangkan potensi yang kita miliki atau coba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.
  8. Pelihara hubungan yang baik dengan orang lain.
  9. Lakukan hal-hal yang membuat kita bahagia.
  10. Berhenti bersikap terlalu perfeksionis.

Perlu kita sadari, kesehatan mental ini merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Kesehatan mental dalam diri perlu dijaga guna memastikan kondisi dari fisik, mental, emosi serta kehidupan berjalan dengan baik.

Baca juga : Ini Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Hepatitis Akut Berat

0 Disukai

115 Kali Dibaca