Selasa, 02 Agustus 2022 12:06 WIB

Pekan ASI Sedunia, Ingatkan Pentingnya Menyusui Untuk Kebutuhan Gizi Anak

picture-of-article

Menyusui merupakan kunci dari peningkatan gizi dan ketahanan pangan bagi anak di berbagai negara, karena dapat mencegah anak mengalami kurang gizi (malnutrisi). Hal tersebutlah yang menjadi salah satu fokus utama dalam Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week yang diperingati setiap 1 - 7 Agustus. Peringatan ini juga menjadi pembangkit kesadaran dan dukungan publik untuk pemberian ASI bagi anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beserta dengan UNICEF menyampaikan pemberian ASI eksklusif dan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan bagian penting dalam menjaga kebutuhan gizi yang optimal bagi bayi, hal tersebut juga membantu pertahanan kuat agar terhindar dari malnutrisi dan mengurangi stunting pada anak.

Dalam kampanye Pekan ASI Sedunia tahun 2022 ini, Aliansi Dunia untuk Aksi Menyusui atau World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) mengkoordinasikan gerakan kampanye yang mendorong masyarakat untuk lebih mengerti terkait praktik pemberian makan yang baik untuk anak-anak, termasuk dalam menyusui, memberikan makanan pendamping serta mengedukasi tentang malnutrisi dan bahayanya.

WHO telah merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan, diikuti dengan melanjutkan menyusui dengan makanan pendamping ASI yang sesuai hingga 2 tahun dan seterusnya.

Baca juga : YakesFact : Mengenal 2 Tokoh Bidang Kesehatan Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2022

0 Disukai

166 Kali Dibaca