Rabu, 31 Agustus 2022 14:22 WIB

Segera Kenali! Penyakit Asam Urat Yang Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

picture-of-article

Penyakit asam urat atau dikenal sebagai gout adalah salah satu jenis peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Kondisi asam urat biasa dirasakan pada bagian jari kaki, pergelangan kaki, lutut maupun pada ibu jari kaki. Penyakit ini biasa terjadi pada pria berusia diatas 30 tahun serta wanita yang memasuki fase menopause, dengan dapat disebabkan oleh faktor keturunan, konsumsi minuman manis atau alkohol serta konsumsi obat atau akibat dari kondisi medis lain.

Adapun untuk gejala yang biasa timbul berupa nyeri pada bagian persendian, terjadi pembengkakan sendi, rasa atau sensasi panas pada persendian, hingga terdapat benjolan atau disebut thopi. Gejala-gejala tersebut jika berlangsung cukup lama dapat merusak sendi hingga jaringan lunak disekitarnya, selain itu kristal asam urat juga dapat terbentuk di ginjal dan saluran kemih sehingga berisiko mengganggu fungsi ginjal atau menimbulkan batu ginjal (nefrolitiasis).

Pencegahan terhadap penyakit asam urat ini dapat dilakukan dengan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat, seperti dengan :

  1. Melakukan olahraga teratur 30 menit setiap hari.
  2. Menghindari konsumsi minuman beralkohol.
  3. Mengonsumsi makanan yang bergizi, beragam, dan berimbang.
  4. Perbanyak minum air putih.

Namun jika sudah mengalami gejala dari penyakit asam urat, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat pengobatan yang diresepkan untuk meredakan serta mencegah terjadinya komplikasi pada bagian vital lain. 

Baca juga : Hindari Risiko Gagal Ginjal Kronis Dengan Jalani Pola Hidup Sehat

0 Disukai

201 Kali Dibaca