Jumat, 21 Oktober 2022 08:59 WIB

Simak Tips Berikut, Cegah Terjadinya Peningkatan Gula Darah

Ditinjau oleh : Gula darah tinggi atau biasa disebut hiperglikemia menjadi salah satu faktor berbahaya dari penderita diabetes.

picture-of-article

Gula darah tinggi atau biasa disebut hiperglikemia menjadi salah satu faktor berbahaya dari penderita diabetes. Hiperglikemia terjadi saat kadar glukosa dalam darah mencapai lebih dari 300 mg/dl, hal tersebut dapat ditandai dengan gejala sering merasa haus, pusing, penglihatan kabur, buang air kecil meningkat, hingga napas terengah-engah. Hal ini dapat terjadi akibat beberapa hal, salah satunya adalah akibat hobi makan yang terlalu manis dan jarang bergerak.

Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan gula darah, meliputi :

  1. Pertahankan kondisi berat badan ideal, hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan kaya akan serat.
  2. Melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik.
  3. Berhenti merokok, serta juga berhenti untuk minum-minuman alkohol.
  4. Mengelola stres, untuk mencegah terganggunya produksi serotonin sehingga tubuh dapat memproduksi insulin dengan tepat.
  5. Mengonsumsi makanan yang sehat, meliputi konsumsi gizi tepat dan juga diseimbangkan oleh 3-5 porsi buah dan sayur, serta mengurangi konsumsi garam, gula dan lemak jenuh.

Selain itu, mengenal gejala hiperglikemia dari penyakit diabetes juga dapat dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin agar diabetes dapat ditangani lebih cepat dan menghindari terjadinya komplikasi serius. Adapun beberapa gejala utamanya nya seperti sering mengalami buang air kecil (poliuri), Cepat merasa lapar (polifagia), serta cepat haus (polidipsi).

Cari tahu lebih banyak tentang Diabetes dengan mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau klik Playlist Tentang Diabetes Melitus

 

Baca juga : Laju Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Kemenkes Ajak Untuk Masyarakat Tetap Perkuat Prokes

1 Disukai

62 Kali Dibaca