Kamis, 15 September 2022 10:34 WIB

Terapkan Cara CERDIK, Cegah Penyakit pada Ginjal

Ditinjau oleh : Penyakit Ginjal masih menjadi salah satu penyakit mematikan ke-10 di Indonesia

picture-of-article

Penyakit Ginjal masih menjadi salah satu penyakit mematikan ke-10 di Indonesia, dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu per tahunnya. Tidak hanya itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan penyakit gagal ginjal kronis telah menyebabkan 850 ribu kematian setiap tahunnya di seluruh dunia. Oleh karena itu penting untuk masyarakat tetap mewaspadai dan melakukan pencegahan sedini mungkin dari penyakit ginjal. Lantas apa saja yang perlu dilakukan?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terus berupaya memberikan informasi terkait pencegahan penyakit tersebut dengan menerapkan perubahan perilaku masyarakat dengan menerapkan cara CERDIK. Perubahan perilaku CERDIK ini meliputi :

  • Cek kesehatan secara berkala,
  • Enyahkan asap rokok,
  • Rajin aktivitas fisik,
  • Diet sehat dengan kalori seimbang,
  • Istirahat cukup, dan
  • Kelola stres.

Selain menerapkan perilaku CERDIK, tahap pencegahan juga dapat dilakukan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan aktivitas fisik teratur, menjaga pola makan dengan makanan sehat (rendah lemak, rendah garam, dan tinggi serat), minum air putih minimal 2 liter per hari, dan juga tidak mengonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait penyakit ginjal, dapat mengunjungi channel youtube Yakes Telkom atau klik link berikut : Penyakit Ginjal - Yakes Telko

Baca juga : Memasuki Peralihan Musim, Waspadai Penyakit DBD

0 Disukai

32 Kali Dibaca