Rabu, 11 Mei 2022 14:46 WIB

Tetap Waspadai Penyebaran Covid-19 Pasca Libur Lebaran

Ditinjau oleh : Kasus Covid-19 di Indonesia kini terus menunjukan tren penurunan kasus baru.

picture-of-article

Kasus Covid-19 di Indonesia kini terus menunjukan tren penurunan kasus baru. Namun meskipun begitu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengajak masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19. Hal ini berkaitan dengan pasca libur Lebaran idul fitri lalu.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan saat ini Kemenkes terus memantau terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran. Selama pemantauan yang dilakukan pada libur hari nasional sebelumnya, Menkes Budi Gunadi mengatakan bahwa terjadi kecenderungan lonjakan kasus terjadi pada hari ke-27 sampai ke-34 pasca liburan.

“Nah sekarang kita sudah tujuh hari sesudah hari raya, jadi kami mengusulkan kepada Bapak Presiden kalau kita tunggu dulu sekitar 20 sampai 25 hari ke depan untuk melihat apakah ada pola kenaikan yang sama seperti liburan Lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru sebelumnya,”jelas Menkes Budi Gunadi dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta pada Senin (9/5)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kasus Covid-19 ini belum berakhir, sehingga tetap penting untuk masyarakat melakukan pembatasan kegiatan serta menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19 usai libur lebaran.

“Pemerintah akan memantau pergerakan kasus dalam satu dan dua minggu ke depan dengan memperkuat testing dan tracing. Kami juga mengimbau untuk mengoptimalkan work from home selama beberapa waktu ke depan untuk mengurangi risiko penyebaran virus ini,”jelas Menko Marves, Luhut

Baca juga : Hepatitis Akut Masih Menjadi Ancaman, Masyarakat Diharapkan Tetap Waspada

0 Disukai

28 Kali Dibaca