Selasa, 27 Juni 2023 12:48 WIB

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Kualitasnya Terjaga

Ditinjau oleh : Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Kualitasnya Terjaga

picture-of-article

Cara menyimpan daging kurban sebenarnya hampir sama dengan menyimpan daging yang dibeli di pasar. Namun sebagian orang saat menerima daging kurban kadang tidak langsung dimasak, tapi disimpan untuk beberapa waktu sebagai stok. 

Nah ikuti tips berikut agar daging yang kita simpan tahan lama dan kualitasnya tetap baik: 

1) Cuci tangan sebelum menyentuh daging.

2) Simpan segera daging yang sudah dibersihkan ke dalam freezer. Daging yang beku dapat disimpan hingga 4-12 bulan (sumber: USDA). Jangan mencuci daging dengan air. Pencucian dengan air mentah dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi.

3) Pisahkan setiap bagian-bagian daging dalam wadah yang berbeda serta pisahkan juga daging sapi dan kambing. Hal ini untuk meminimalisir cemaran mikrobia.

4) Simpan daging yang sudah dipisahkan ke dalam wadah tertutup sesuai porsi setiap kali masaknya

5) Terapkan sistem first in first out.

6) Jangan bekukan daging yang sebelumnya sudah dicairkan. Hal ini dapat menurunkan kualitas daging dan mempercepat daging membusuk.

7) Lakukan proses thawing (pencairan) dengan cara memindahkan daging beku yang semula berada dalam freezer ke dalam kulkas (suhu 0-5 derajat celcius). Proses pencairan ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam/kg daging. Proses thawing juga bisa dilakukan dengan membungkus rapat daging beku ke dalam plastik. Kemudian rendam plastik tersebut kedalam wadah yang berisi air dingin. Proses thawing dengan teknik ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam/kg daging.

Baca juga : Keep Calm and Enjoy Your Long Weekend!

0 Disukai

1037 Kali Dibaca