Selasa, 01 November 2022 11:23 WIB

Waspada Penyakit Pinggang Kronis, Ini Beberapa Hal Yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh : Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang biasa dirasakan pada bagian sekitar panggul dan perut

picture-of-article

Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang biasa dirasakan pada bagian sekitar panggul dan perut. Rasa nyeri ini terjadi pada sekitar tulang lumbar, diantara cakram, jaringan otot dan saraf tulang punggung. Pada kebanyakan kasus, orang merasa aktivitas harian yang berlebih menjadi penyebabnya dan menganggap dengan istirahat dapat menyembuhkan rasa sakitnya. Namun, pada beberapa kasus nyeri pinggang perlu diperhatikan lebih dan mendapat penanganan yang tepat.

Rasa nyeri pada bagian pinggang yang berlangsung secara berkelanjutan hingga 3 bulan atau lebih, dapat dinyatakan sebagai nyeri pinggang kronis. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada sumber anatomi seperti akar saraf, otot, struktur fasia, tulang, persendian, maupun organ di dalam rongga perut. Selain itu, adanya regangan pada otot dan ligamen maupun arthritis osteoporosis juga dapat menjadi penyebab dalam nyeri pinggang kronis. 

Adapun beberapa faktor risiko dari nyeri pinggang kronis ini meliputi :  

  • Usia, resiko nyeri pinggang bertambah sesuai dengan pertambahan usia
  • Kurang aktivitas fisik
  • Kelebihan berat badan
  • Penyakit seperti arthritis dan kanker dapat menyebabkan nyeri pinggang
  • Mengangkat benda berat dengan cara yang salah
  • Psikologis

Olahraga dan aktivitas fisik dapat menjadi opsi dalam penanganan awal nyeri pinggang kronis, hal tersebut dikarenakan olahraga dan aktivitas fisik memiliki efek terapi yang dapat meringankan gejala nyeri pada pinggang. Namun perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas fisik harus dilakukan terarah, teratur dan terukur.

Asupan protein seimbang juga mendukung penguatan tulang dan otot guna mencegah terjadinya nyeri pada bagian pinggang. Asupan protein normal harian yaitu 0,75 gram tiap kilogram berat badan. Penguatan tulang dengan menjaga asupan gizi seimbang, khususnya konsumsi kalsium dan vitamin D. Asupan kalsium normal harian yaitu 1000-1200 miligram per hari, sedangkan vitamin D yaitu 600 IU per hari untuk dewasa. 

Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait penyakit gangguan pada sendi, tulang maupun otot, dapat mengunjungi halaman Serba-Serbi Kesehatan Yakes Telkom

Baca juga : YakesFact : Mengenal 2 Tokoh Bidang Kesehatan Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2022

1 Disukai

417 Kali Dibaca