Kamis, 10 November 2022 16:04 WIB

YakesFact : Mengenal 2 Tokoh Bidang Kesehatan Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2022

Ditinjau oleh : Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2022

picture-of-article

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2022, Presiden Joko Widodo memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional sebagai tanda jasa dan penghormatan. Pada tahun 2022 ini, terdapat 5 tokoh yang menerima gelar Pahlawan Nasional, dengan 2 diantaranya merupakan tokoh di bidang kesehatan. Siapa saja itu? Yuk simak dalam informasi berikut !

Tokoh bidang kesehatan pertama yang mendapat gelar Pahlawan Nasional adalah DR. dr. H. R. Soeharto, yang pada tahun 1942 sempat dipercaya sebagai dokter pribadi dari Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Selain itu, H.R. Soeharto juga dipercaya untuk mengelola poliklinik yang ditujukan untuk melayani kesehatan khususnya bagi 6 ribu tukang becak, serta Ia pun ditugaskan sebagai kepala bagian Kesehatan Pusat Tenaga Rakyat (Putera).

H.R. Soeharto juga merupakan salah satu orang yang memprakarsai berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tokoh bidang kesehatan kedua yang mendapat gelar Pahlawan Nasional tahun 2022 ini adalah dr. Raden Rubini Natawisastra yang merupakan dokter di Rumah Sakit Pusat CBZ (saat ini RS Cipto Mangunkusumo). dr. Raden Rubini pada awal karirnya menjalankan misi kemanusiaan dengan menjadi dokter keliling melayani pengobatan di daerah terpencil dan pedalaman di wilayah Kalimantan Barat.

Ia juga berjuang untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan persalinan menggunakan cara tradisional.

Selain dari kedua tokoh bidang kesehatan tersebut, terdapat 3 tokoh lainnya yang menerima gelar Pahlawan Nasional pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini. Tokoh-tokoh tersebut meliputi KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan pemimpin Yogyakarta yang berperan penting dalam saat krisis keamanan di Ibu Kota Jakarta pada Desember 1945, Haji Salahuddin Bin Talabuddin yang berjuang dalam menyebarkan dakwah islam, serta K. H. Ahmad Sanusi yang merupakan seorang pembaharu dalam pendidikan islam.

Dalam rangka Hari Pahlawan Nasional 2022 ini, mari terus lanjutkan perjuangan para pahlawan, dengan menjadi pahlawan masa kini yang senantiasa menjaga kesehatan diri dan lingkungan, terus berusaha & membantu sesama. Untuk menjadikan Indonesia yang lebih sehat, maju dan sejahtera.

Baca juga : Jaga Imun Tubuh & Jalankan Prokes Masih Jadi Kunci Pola Hidup Sehat

0 Disukai

263 Kali Dibaca