• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Korporasi

Peringati Hari Pelanggan Nasional, Yakes Menyapa Via Fun Yoga Sabtu, 04 September 2021 08:14 WIB Memperingati hari pelanggan nasional yang jatuh pada hari Sabtu, 4 September 2021, Yakes Telkom menyapa seluruh pelanggannya melalui kegiatan Fun Yoga for Relaxation yang diikuti oleh keluarga besar TelkomGroup mulai dari karyawan, pensiunan hingga keluarga. Kegiatan yang bertema Senyummu adalah Senyumku ini bertujuan untuk menyapa pelanggan sekaligus menjaga kesehatan pelanggan agar tetap prima melalui kegiatan Yoga. Kegiatan yang bersifat relaksasi ini diharapkan dapat mengembalikan energi setiap pesertanya setelah melewati rutinitas selama seminggu penuh.  Direktur Utama Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro ketika membuka acara menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan terlebih dalam kondisi pandemi, karena kondisi tubuh yang prima merupakan senjata utama dalam melewati masa pandemi. Walaupun dilakukan secara virtual seperti saat ini namun tidak mengurangi esensinya. Apapun bentuk dan sarananya, yang penting upaya meningkatkan daya tahan tubuh melalui olahraga terutama harus tetap rutin dilakukan. Priyo juga menyampaikan bahwa momen tersebut bertepatan dengan 1 tahun hadirnya POT CINTA, wujud komitmen Yakes untuk memberikan pelayanan dengan cinta. Yakes terus berupaya melakukan berbagai kegiatan promotif untuk memastikan seluruh pelanggannya berada dalam kondisi kesehatan prima. Ia berharap seluruh pelanggan dapat terlibat aktif dalam berbagai kegiatan peningkatan kesehatan, karena kesehatan paripurna adalah tujuan kita semua. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Yoga yang dipandu oleh instruktur Yoga Yakes, Diki Akbari, Ulantri dan Ilyas. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti gerakan-gerakan Yoga yang cukup mudah. Bahkan terlihat diantara peserta ada yang mengajak cucu-cucunya untuk ikut serta. Rasa sayang Yakes kepada pelanggan juga ditunjukkan dengan upaya Yakes untuk selalu mengingatkan pentingnya vaksinasi sebagai upaya melindungi dari keparahan penyakit covid-19. Penjelasan vaksinasi dan perkembangan kondisi pandemi disampaikan oleh dr. Rena Winasis. Mengingat peserta Yoga kali ini sebagian besar adalah pensiunan, vaksinasi menjadi sangat penting mengingat mereka tentunya perlu saling melindungi keluarga (cucu atau anak) dari bahaya penularan Covid 19. dr. Rena juga mengingatkan seluruh peserta untuk selalu lagi-lagi patuh menjalankan prokes 6M - Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilitas, dan Menghindari makan bersama. Sebagai wujud terimakasih kepada pelanggannya, Yakes membagi-bagikan 21 set gimmick menarik kepada 7 peserta pertama yang join Zoom, 7 peserta dengan gerakan Yoga paling seru, dan 7 peserta yang berhasil menjawab quiz yang diajukan di akhir acara. Tetap semangat untuk menjaga kesehatan. Tetap sehat, bahagia dan tersenyum. Karena Senyummu adalah Senyumku.

image-newest
Info Kesehatan

Tips Meeting Online Yang Aman Bagi Kesehatan Senin, 30 Agustus 2021 13:06 WIB Hai Yakes Family, Penerapan FWA tentunya membuat kita semakin akrab dengan aktivitas meeting online. Nah, gimana ya caranya supaya kita dapat melakukan meeting online dengan nyaman dan aman bagi kesehatan?  Yuk simak tips berikut ini agar kita bisa tetap produktif di kantor, tempat satelit, maupun di rumah serta kesehatan kita tetap terjaga baik.. Salam sehat tekad kita, melayani dengan cinta   INFO YAKES TIPS MEETING ONLINE YANG AMAN BAGI KESEHATAN Selama pandemi, penerapan Flexible Working Arrangement (FWA) menjadi kebijakan yang diambil untuk membatasi mobilitas dan menahan penyebaran virus corona. Aktivitas meeting online menjadi kebiasaan baru yang akrab di keseharian kita.  Nah, agar meeting online dapat kita lakukan dengan nyaman dan aman bagi kesehatan mata, telinga dan tulang (punggung) kita, yuk ikuti beberapa tips berikut ya.. Perhatikan Posisi Duduk  Pastikan kita duduk di kursi, kaki menapak di lantai, punggung tegak (sudut 90°). Hindari meeting online di atas kasur karena dapat menyebabkan gangguan punggung. Sesuaikan Pengaturan Monitor Beri jarak 45 cm antara monitor dan mata atau pas dengan jarak satu lengan kita. Posisikan monitor agak di bawah garis pandang mata, ini akan mengurangi risiko mata kering. Atur kecerahan layar, tidak terlalu cerah ataupun redup. Atur Pencahayaan Ruang yang Tepat Pastikan pencahayaan ruangan cukup, tidak terlalu terang atau terlalu redup untuk menghindari ketegangan mata dan sakit kepala.  Bila Dalam Situasi Harus Memakai Headphone, Gunakan dengan Bijak Penggunaan headphone berlebih ketika meeting online dapat berisiko gangguan pendengaran. Hindari mengenakan headphone melebihi 8 jam perhari. Lakukan aturan 60/60, yaitu pada volume maksimal 60% dengan batas waktu penggunaan maksimal 60 menit lalu beri jeda telinga untuk istirahat.  Tips Memilih Headphone - Sebaiknya memilih yang mempunyai fitur noice-cancelling untuk mencegah naiknya volume headphone akibat background noise.  - Pilih model wired. Headphone/earphone wireless mengandung risiko radiasi dibandingkan model wired. - Headphone lebih aman dibanding Earphone. Semakin dekat sumber suara ke gendang telinga (seperti model earphone) maka semakin besar potensi merusak gendang telinga Istirahat Berkala Lakukan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, alihkan pandangan mata ke sesuatu berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Hal ini akan mengurangi ketegangan mata. Lakukan juga peregangan ringan sebanyak 3 gerakan minimal 8 hitungan agar otot tidak kaku. Jangan lupa selalu makan makanan bergizi dan rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan membuat kita tetap produktif.  Salam sehat! === referensi: WHO, 2015, Hearing loss due to recreational exposure to loud sounds www.medicalnewstoday.com - Sitting Position for Good Posture www.verywellhealth.com - 8 Ways to Reduce Eye Strain While WFH www.gadgetbriefs.com - Are Wired Headphones Safer Than Wireless www.sfaudiology.com - Headphone Safety Tips for Preserving Your Hearing

image-newest
Info Kesehatan

Merawat Pasien Covid-19 di Rumah Senin, 23 Agustus 2021 09:50 WIB INFO YAKES Merawat Pasien Covid-19 di Rumah World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan rekomendasi mengenai perawatan pasien Covid-19 di rumah hingga kondisi kesehatannya pulih kembali atau maksimal 10 hari ke depan, dengan catatan gejalanya ringan (demam, batuk kering, sesak napas ringan).  Walaupun tergolong ringan, perawatan tidak boleh dilakukan sembarangan. Anggota keluarga yang merawat perlu memahami cara merawat yang tepat agar kondisi kesehatan pasien membaik dan yang merawat serta anggota keluarga lain tidak tertular. Panduan Merawat Pasien Covid-19 di Rumah 1. Penuhi kebutuhan pasien Berikan makanan dengan kandungan gizi baik sehingga imun tubuh dapat optimal, perbanyak minum, berikan suplemen yang mempercepat pemulihan. Berikan parasetamol bila demam, sakit otot atau pusing. 2. Pastikan kesehatan pasien secara rutin setiap hari  Cek saturasi oksigen setiap hari menggunakan oximeter. Bila level saturasi di bawah 94% segera hubungi dokter untuk mendapat saran penanganan yang tepat. Bila level saturasi kurang dari 90% segera bawa ke rumah sakit. 3. Lakukan protokol kesehatan dengan baik Gunakan dobel masker. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air. Bersihkan rutin bagian-bagian rumah yang sering disentuh dengan desinfektan. Bersihkan pula pakaian pasien menggunakan deterjen dan air dengan suhu 60-90 derajat Celcius. Pastikan membuang sampah dan bahan sisa dari pasien dalam plastik tertutup sebagai sampah infeksius. Usahakan sirkulasi udara yang baik (ventilasi udara dalam rumah tetap terbuka). 4. Batasi kontak langsung Gunakan ruangan dan kamar mandi terpisah. Hindari penjenguk. Gunakan alat makan terpisah. 5. Kenali tanda darurat pada pasien   Tanda-tanda umum pasien Covid diantaranya demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, kehilangan indera penciuman dan perasa, mata merah, sakit kepala. Bila terlihat tanda-tanda darurat seperti kesulitan bernapas, nyeri dada terus menerus, tidak bisa bangun, perubahan warna kulit segera hubungi dokter atau bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental dan rohani dengan selalu berpikiran positif agar daya tahan tubuh meningkat dan mempercepat penyembuhan. Dan yang terpenting, selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Pemberi Sehat agar diberi kesehatan yang baik.  Salam Sehat! referensi: WHO, 2021. 5 Steps for Managing Patients with COVID-19 at Home. SE Menkes, 2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Covid-19 ------------------ FB/IG/Youtube @yakestelkom Diarium - page Covid Updates www.yakestelkom.or.id Apps Yakes Mobile Halo Sadaya 1500022

Info Terpopuler

image-popular
Info Korporasi

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Info Korporasi

Soft Launching FAST Sebagai Implementasi Core Values AKHLAK Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 WIB Yakes Telkom terus berinovasi mendukung visi dan misi serta salah satu yang tercantum dalam POT CINTA yaitu Pelayanan Prima. Bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021, Yakes Telkom memperkenalkan FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment), Jumat pagi ini (01/10). Acara soft launching FAST dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui vicon. Hadir pada kegiatan ini BoD, SL, dan seluruh karyawan Yakes Telkom. M. Suny Arifianto selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum Yakes Telkom menerangkan bahwa FAST merupakan inovasi pelayanan berbasis Fast Respon Team dengan reaksi cepat khususnya untuk usaha live safing dan menurunkan resiko fatality pada pasien yang dibutuhkan pada saat ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dengan tiga target customer yaitu: 1. Tim pengawalan atau peserta Event di lingkungan TelkomGroup. 2. Peserta Home Care yang memerlukan pelayanan cepat. 3. Emergency Patient Faskes Yakes Telkom dan Pasien Penanganan Khusus. Konsep layanan ini akan terintegrasi dengan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat demi meningkatkan kenyamanan peserta Yakes.  Lebih lanjut Suny menyampaikan bahwa FAST akan diimplementasikan terlebih dahulu di Regional Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini FAST menjalankan tugas perdananya di Papua sebagai pendampingan pelayanan kesehatan TelkomGroup pada PON XX Papua. Pada kesempatan berikutnya, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yakes Telkom memberikan sambutan sekaligus melakukan soft launching FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment). Priyo menjelaskan bahwa FAST dalam pelaksanaannya merupakan cerminan dari implementasi dari nilai-nilai AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif serta Kolaboratif. Lebih lanjut Priyo mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh tim FAST yang hadir baik di Bandung, Jakarta, dan Papua seraya berpesan agar seluruh tim mampu menunjukkan perannya sebagai tim yang responsif terhadap setiap kebutuhan peserta atas layanan Yakes. Priyo juga mengucapkan selamat bertugas kepada tim FAST yang bertugas mendukung event PON XX di Papua yang saat ini mengawal kesehatan Direktur EBIS Edi Witjara dan jajaran yang belum lama tiba untuk memastikan kesiapan tim TelkomGroup dalam mendukung suksesnya PON XX Papua. (YKS03)