Selasa, 09 Maret 2021 10:54 WIB

Pengendalian Faktor Risiko Kejadian PJK

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit jantung koroner, yaitu:

  1. Menerapkan pola makan sehat
    Salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit jantung koroner adalah menerapkan pola makan yang sehat. Oleh karena itu, Anda bisa mulai lebih memerhatikan apa saja makanan yang Anda konsumsi demi menjaga kesehatan jantung.
  2. Hindari kebiasaan merokok
    Kebiasaan merokok memiliki dampak terhadap kesehatan jantung. Bahkan, menurut John Hopkins Medicine, merokok merupakan salah satu gaya hidup yang dapat menyebabkan berbagai masalah jantung, khususnya serangan jantung. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan terjadinya aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya plak pada pembuluh darah arteri. Oleh karena itu disarankan agar berhenti merokok dan tidak terpapar pada lingkungan perokok.
  3. Rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik
    Rutin berolahraga dan melakukan aktivititas fisik untuk mencegah terjadinya obesitas sebagai faktor risiko PJK.
  4. Menjaga berat badan ideal
    Menjaga berat badan dapat membantu mengontrol berbagai faktor risiko dari PJK. Usahakan dapat mencapai dan mempertahankan IMT normal yaitu 18.5-24.9 kg/m2, serta lingkar pinggang pada pria <90cm dan wanita <80cm
  5. Menjaga tekanan darah tetap normal
    Tekanan darah tinggi termasuk faktor risiko dari PJK. Disarankan menjaga tekanan darah <140/90 mmHg dan < 130/80 pada orang dengan gangguan ginjal, gagal jantung, atau diabetes.
  6. Mengendalikan kadar gula darah normal
    Pencegahan terhadap penyakit jantung koroner dapat dilakukan dengan menjaga kadar gula di dalam darah (GDP <110 mg/dl dan HbA1c <7%). Risiko mengalami penyakit jantung koroner akan jauh lebih tinggi apabila menderita diabetes.
  7. Mengurangi konsumsi alkohol
    Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit jantung, termasuk serangan jantung.
  8. Mengonsumsi obat-obat yang diresepkan oleh dokter
    Konsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter secara rutin. Obat-obat tersebut selain untuk meredakan gejala juga dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit.

Baca juga : Pengaturan Makan pada PJK