Senin, 08 Maret 2021 11:10 WIB

Apa yang Dilakukan Bila Terkonfirmasi Positif?

Konfirmasi adalah seseorang yang melakukan pemeriksaan PCR Test dan dinyatakan hasilnya positif. Apa yang dilakukan bila terkonfirmasi positif?

  1. Jika tanpa gejala, maka disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan tidak perlu dilakukan follow up ulang PCR.
  2. Jika ada gejala ringan, maka lakukan isolasi mandiri di rumah dengan memperhatikan perubahan gelaja-gelaja yang dirasakan.
  3. Jika ada gejala sedang, disarankan untuk masuk Rumah Sakit Rujukan dan dilakukan perawatan.
  4. Jika ada gejala berat, disarankan segera ke Rumah Sakit rujukan untuk dilakukan perawatan dan dievaluasi oleh Tim Khusus.
  1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas pada tempat yang ditentukan.
  2. Jika sakit (demam, batuk, flu dan nyeri tenggorokan), maka tetap di rumah. Tidak berpergian ke tempat kerja, sekolah, pasar, ataupun ke ruang publik untuk mencegah penularan.
  3. Memanfaatkan fasilitas telemedicine atau social media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter atau perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat perjalanan dari daerah yang terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.
  4. Selama di rumah, selalu menggunakan masker. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya dan jaga jarak 1  (satu) meter dari anggota keluarga lain.
  5. Gunakan perlengkapan terpisah  (alat makan dan alat mandi yang terpisah dengan penghuni lainnya). Tentukan pengecekan suhu tubuh harian, amati batuk, flu, dan sesak napas.
  6. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu pola makan yang bergizi, banyak minum air putih, usahakan berjemur di ruang terbuka sekitar pukul 10.00-11.00 WIB selama 10-15 menit. 
  7. Hubungi fasilitas kesehatan jika ada sakit berlanjut (misal: demam bertambah tinggi, anosmia dan sesak napas) untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca juga : Cara Desinfeksi yang Benar