Senin, 22 Mei 2023 14:05 WIB

Kesehatan Jantung

picture-of-article

Rontgen Dada

Pemeriksaan 2 dimensi terhadap jantung, temuan terbanyak adalah atherosclerosis (terlihat tanda penyumbatan oleh lemak di pembuluh darah), kalsisikasi aorta (pengerasan dinding aorta akibat aterosklerosis) dan pembesaran jantung (dimana secara alami membesar secara normal karena pertambahan usia, namun juga indikasi otot jantung yang bekerja terlalu keras dalam memompa darah pada usia muda).

Jika terdapat pemeriksaan jantung lainnya yang memberikan hasil serupa, maupun adanya gejala seperti sesak, nyeri dada. Segerakan ke dokter.

Merupakan pemeriksaan sederhana digunakan untuk mengecek ritme dan aktifitas listrik jantung pada posisi istirahat.

Gangguan ritme: bradikardia (<60x/menit), takikardia (>100x/menit), dan fibrilasi (tidak teratur dan cepat), gangguan hantaran listrik (blok), gangguan sumbatan pembuluh darah akibat sumbatan pembuluh darah baru/ lama, dan pembesaran jantung.

Kontrol hasil EKG apabila ditemukan informasi/ indikasi di atas dengan:

  • Istilah frequent, complete dan maligna dan/atau 
  • Gejala cepat lelah, berdebar, pusing, nyeri dada. Segerakan ke konsultasikan ke dokter.

 

 

Merupakan pemeriksaan aktifitas listrik Jantung dalam kondisi pembebanan tertentu (kecepatan, inklinasi alat treadmill) dengan tujuan mengetahui adanya gangguan pembuluh darah Jantung. Positif artinya terdapat gangguan pada pembuluh darah Jantung. Segerakanlah kontrol ke dokter, dengan atau tanpa gejala.

Kolesterol adalah bentuk lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga sel-sel tubuh untuk bekerja dengan normal. Namun, sangat penting untuk menjaga kadar kandungan tersebut tetap dalam ambang normal. Yuk kenali jenis & peran kolesterol:

Kunci: Lakukan pola hidup sehat yaitu konsumsi makanan bergizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, gandum atau biji-bijian, serta makanan sumber protein. Hindari makanan seperti daging, hati, kuning telur, udang, maupun produk susu olahan. Batasi juga penggunaan garam. Olahragalah dengan rutin dan teratur.

Merupakan test untuk mengetahui kebugaran Jantung. Jika hasil cukup, kurang dan kurang sekali, biasanya akan selaras dengan kondisi tubuh yang lekas letih, berdebar, pusing, mengantuk.

Kunci: Istirahat cukup dan milikilah kebiasaan olahraga yang rutin dan teratur.

Baca juga : Kesehatan Mental

0 Disukai

227 Kali Dibaca