Selasa, 02 Mei 2023 14:43 WIB

Kesehatan Mental

picture-of-article

Definisi stres bagi kebanyakan orang cenderung berfokus pada perasaan negatif yang ditimbulkannya. Namun, apa sebenernya stres itu? Stres adalah respon adaptif terhadap situasi yang dianggap menantang atau mengancam kesejahteraan seseorang. Terdapat dua hal terkait stres yang perlu dikenali, yaitu eustress dan distress

Oleh karena itu, stres tidak selamanya buruk. Setiap orang memiliki pengalaman subjektif yang berbeda yang dapat menyebabkan stres dan setiap orang merespon dengan cara yang berbeda pula.

Penting bagi kita untuk mengenali sumber stres di kehidupan. Untuk mengenalinya, perhatikan baik-baik habits, attitude, dan excuces pada diri kita. Setelah sumber stres dapat diidentifikasi, kelola dengan tepat agar wellbeing tetap terjaga. Yuk, kenali cara-caranya!

1. Avoid – hindari stress yang tidak perlu
Pada dasarnya, tidak sehat untuk menghindari situasi stres yang perlu ditangani, namun kita mungkin akan terkejut dengan banyaknya penyebab stres dalam hidup yang ternyata bisa dihilangkan. Penting untuk mengenal batasan diri dan buat to-do-list untuk mengetahui prioritas kita.

2. Alter – ubah situasi yang membuat stress
Jika kita tidak dapat menghindari situasi stres, cobalah untuk mengubahnya. Hal ini melibatkan perubahan cara dalam berkomunikasi dan bertindak. Cobalah untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Be willing to compromise!

3. Adapt – beradaptasi dengan stressor
Jika pemicu stress tidak dapat diubah, ubah diri kita dengan cara beradaptasi terhadap situasi stress. Cobalah untuk melihat situasi stres dari perspektif yang berbeda, tetapkan standar yang masuk akal untuk diri sendiri. Look at the big picture, apakah layak kita menguras energi dan waktu untuk stressor tersebut? Dan jangan lupa, practice gratitude!

4. Accept – menerima hal-hal yang tidak dapat diubah
Beberapa sumber stres tidak dapat dihindari, seperti kematian orang yang dicintai atau penyakit serius. Dalam kasus ini, cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan menerima segala sesuatu sebagaimana adanya. Penerimaan mungkin sulit, tetapi hal ini lebih tepat untuk dilakukan. Look for the upside, fokuslah pada hal-hal yang dapat kita kendalikan seperti cara kita memilih untuk bereaksi terhadap masalah.

Baca juga : Kesehatan Mata, Gigi, dan Tulang Belakang

2 Disukai

323 Kali Dibaca