• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Kesehatan

Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu Kamis, 21 September 2023 17:40 WIB Jakarta - Dalam upaya menjaga kesehatan yang paripurna bagi peserta, Yakes-Telkom terus memberikan update informasi terkait berbagai penyakit yang berpotensi menyerang para peserta. Bentuk peran aktif yang dilakukan oleh Yakes-Telkom adalah dengan menghadirkan Webinar kesehatan secara rutin dengan mengangkat isu-isu penting terkait pengelolaan kesehatan bagi para peserta, salah satunya adalah Webinar Kesehatan dengan tema ‘Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu’ bersama dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA, FAsCC, FAPSIC, FESC, FSCAI (Dokter Spesialis Jantung RS Mitra Keluarga Bekasi Timur). Webinar yang diadakan pada Kamis (21/9) siang ini, dipandu langsung oleh Manager Health Service Operation Yakes Regional IV Jawa Tengah & DIY, dr. Dyah Pamulatsih serta diikuti oleh seluruh peserta Yakes-Telkom di seluruh Indonesia. Dalam paparannya, dr. Isman menyampaikan serangan jantung dapat terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia. Penyebab utama dari risiko terjadinya serangan jantung adalah pola hidup yang tidak sehat.  “Salah satu gejala yang timbul saat seseorang mengalami serangan jantung koroner adalah rasa sakit di dada. Gejala ini bisa saja disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak dijaga, mager atau malas untuk beraktivitas fisik secara rutin, maupun dikarenakan adanya riwayat penyakit lain,” jelas dr. Isman Selain itu, dr. Isman juga menjelaskan terkait masa kritis di jam-jam pertama dari serangan jantung yang perlu ditanggapi dengan baik. Beberapa hal tersebut seperti memastikan keluhan yang dirasakan adalah serangan jantung, Hubungi Call Center 119 atau Heart line (021-5682424), serta berusaha untuk tenang dan jangan gelisah. “Faktor-faktor resiko apa saja yang menyebabkan penyakit jantung dan jantung koroner, mulai dari merokok, kolesterol, hipertensi, diabetes, genetik, yang memberikan kontribusi semuanya berkontribusi terhadap terjadinya bisul di dalam dinding pembuluh darah yaitu aterosklerosis. ada plak sehingga bisa terjadi bisul dalam pembuluh darah bisa pecah dan jika terjadi akan terjadi pembekuan darah” tambah dr. Isman.  Oleh karena itu, dr. Isman juga menambahkan terkait rumus untuk mencegah terjadinya serangan jantung koroner yang meliputi : 0-3-5-140-5-3-0  Sesi webinar kemudian ditutup dengan tanya jawab yang melibatkan peserta, salah satunya seperti yang disampaikan oleh Bapak Issoepanggihno dari KJS P2Tel Yogyakarta yang bertanya terkait waktu yang tepat saat menolong pasien serangan jantung saat ataupun setelah beraktivitas. “Jawabannya adalah langsung, jadi jika ada yang tiba-tiba pingsan atau mengalami kondisi serangan jantung saat ataupun setelah beraktivitas maka segera dilakukan pertolongan dengan mengatur posisi kepala agar tegak keatas, kemudian dapat melakukan cek kondisi pernapasan serta nadi dari korban. Jadi segera lakukan pertolongan, jangan menunda jika kondisinya seperti itu,” jawab dr. Isman. Untuk Yakes Family yang ingin mengetahui lebih lengkap terkait webinar “Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu” dapat mengunjungi Youtube Yakes-Telkom atau klik link berikut ini : Webinar Kesehatan Yakes Telkom

image-newest
Info Korporasi

‘Menyapa Pelanggan dengan Cinta’ Wujud Kolaborasi Bersama Sambut Hari Pelanggan Nasional Selasa, 05 September 2023 10:55 WIB Jakarta - Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2023, Yakes Telkom kembali menyelenggarakan kunjungan kepada pelanggan. Spesial dalam menyambut hari Pelanggan Nasional 2023 ini, Yakes melakukan kolaborasi bersama HCM, Dapen, dan Srikandi Telkom serta Forsikatel dengan kampanye “Menyapa Pelanggan dengan Cinta”. “Menyapa Pelanggan dengan Cinta” ini dilakukan dengan mengunjungi Karyawan/Pensiunan Telkom beserta Keluarga yang sedang dalam kondisi sakit. Hal ini menjadi komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk Pelanggan. Kegiatan yang dilakukan serentak pada Senin (4/9) ini, melibatkan SL HCBP, Manajemen Yakes-Telkom, Manajemen Dapen, Forsikatel, serta Srikandi Telkom. Adapun kunjungan terbagi menjadi Hospital Visit dan Homecare Visit yang dilakukan bersamaan di seluruh wilayah Telkom Regional dari Sumatera sampai dengan Kawasan Timur Indonesia. SM HCBP Center TelkomGroup, Sendy Aditya K. dalam hospital visit di RS Jakarta menyampaikan kegiatan “Menyapa Pelanggan dengan Cinta” ini merupakan bagian dalam kolaborasi bersama dari setiap pihak untuk terus memastikan pelayanan terbaik kepada Pelanggan. “Kunjungan ini, sebagai peringatan di Hari Pelanggan Nasional yang dilakukan bersamaan dengan kolaborasi dengan Yakes, Dapen, Forsikatel, serta Srikandi Telkom ingin memastikan pelayanan terbaik bagi peserta,” jelas Sendy. Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro dalam hospital visit yang dilakukan di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur menyampaikan Pelayanan Prima menjadi salah satu aspek penting yang diberikan kepada Pelanggan oleh Yakes-Telkom. “Pelayanan Prima menjadi salah satu poin penting yang juga menjadi salah satu misi yakes di dalam POT CINTA. Kami terus berupaya secara optimal dalam memberikan pelayanan paripurna bagi pada Peserta,” jelas Priyo.

image-newest
Info Korporasi

Kupas Tuntas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Melalui Ngobras Sehat Yakes Telkom Jumat, 01 September 2023 13:53 WIB Jakarta - Dalam upaya meningkatkan awareness peserta terhadap informasi pelayanan kesehatan yang dilakukan untuk peserta, Yakes-Telkom menggelar Ngobras Sehat (Ngobrol Santai Bareng Yakes soal Layanan Kesehatan) pada Jumat (1/9). Kegiatan yang berlangsung secara online tersebut, menghadirkan OVP Medical & Quality Healthcare Heru Agung Nugrahanto, OVP Cust Engagement & Digital Experience Wawan Iskandar, dan OSM Promotive & Preventive dr. Rena Winasis serta seluruh peserta Yakes-Telkom. Dalam paparannya, dr. Rena memberikan penjelasan terkait update informasi pelayanan kesehatan bagi peserta Yakes-Telkom. Dalam kesempatan tersebut, dr. Rena juga menjelaskan beragam inovasi yang telah dilaksanakan oleh Yakes Telkom, salah satunya adalah digitalisasi melalui Mobile Apps Lovit. “Kedepannya kami akan berinovasi untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada bapak-ibu peserta dengan mudah melalui 1 aplikasi Lovit ini. Beberapa fitur yang telah kami siapkan di aplikasi Lovit, seperti info Kepesertaan, Peta Fasilitas Kesehatan, Pendaftaran Layanan Kesehatan, Skrining Sehat, hingga Telekonsultasi Ahli. Jadi sudah cukup lengkap bapak-ibu, meskipun kedepannya masih akan kita kembangkan,” jelas dr. Rena. Diakhir, dr. Rena juga kembali mengingatkan kepada para peserta untuk tetap menjaga kesehatan secara paripurna, terutama bagi para peserta yang kondisi lingkungannya sedang terdampak polusi udara. Kegiatan kemudian dilanjut dengan sesi panel diskusi, para peserta dapat memberikan pertanyaan terkait pelayanan yang ada di Yakes-Telkom. Diakhir, OVP Medical & Quality Healthcare Heru Agung menyampaikan kegiatan ini menjadi langkah baru untuk Yakes dalam memberikan update terkait pelayanan kesehatan kepada peserta. “Diharapkan buat kedepannya, kegiatan Ngobras Sehat ini akan hadir secara rutin dengan mengangkat tema bahasan tertentu.” tutup Heru.

image-newest
Info Korporasi

Perluas Cakupan Mitra Layanan, Yakes Telkom Jalin Kerjasama dengan Jakarta Eye Center Group Kamis, 10 Agustus 2023 19:48 WIB Sebagai bagian dalam upaya peningkatan layanan kesehatan bagi pesertanya, Yakes Telkom jalin kerjasama kemitraan dengan JEC Eye Hospital & Clinics. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dirut Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro dan Presdir JEC Group Dr. dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K) di Graha Merah Putih Telkom Bandung, Kamis (10/8). Turut hadir pada acara tersebut Direktur Layanan Kesehatan Yakes Telkom, M. Suny Arifianto, Direktur Investasi Keuangan dan Umum Notje Rosanti, Direktur Keuangan JEC Eye Hospital and Clinics Budi Djatmiko Musaffa, Wakil Direktur Operasional dr. T Kusumo S. Pada kesempatan tersebut Tri Priyo menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan Yakes Telkom tidak lagi secara regional tetapi secara nasional termasuk melakukan B2B dengan mitra sehingga pelayanan yang diberikan Yakes Telkom dari Sabang sampai Merauke dapat dilakukan secara maksimal dan tidak hanya bagus di beberapa tempat saja.  "Harapannya dengan adanya kolaborasi ini, Yakes Telkom dan JEC bisa memberikan kebermanfaatan bersama yang seluas-luasnya, agar amanah yang diemban oleh masing-masing pihak dapat terwujudkan," ungkap Priyo. Harapan senada juga diungkapkan oleh dr. Johan yang mengapresiasi terjalinnya mutual collaboration bagi kedua belah pihak . "Kerjasama ini merupakan langkah baru bagi JEC dan Yakes Telkom untuk bersinergi dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta. Harapan kami kerjasama bisa berlangsung langgeng, semakin besar, serta kami bisa memberi layanan yang maksimal," jelasnya.   Melalui kerjasama yang dilakukan dengan JEC Eye Hospital and Clinics, peserta Yakes Telkom dapat mengakses layanan kesehatan di 13 titik rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan konsep One Stop Service sehingga mempermudah peserta yang mengalami masalah kesehatan mata untuk dapat dilayani di satu tempat tanpa harus dirujuk ke rumah sakit lain. Kerjasama ini juga tentunya didasari prinsip value creation yang memberikan benefit yang maksimal bagi kedua belah pihak, termasuk diantaranya pemanfaatan BPJS Kesehatan serta kemudahan proses pelayanan kesehatan baik bagi mitra, Yakes Telkom, maupun pesertanya.

image-newest
Info Korporasi

Memperkuat Kolaborasi Dalam Memberikan Pelayanan Bagi Peserta, Direksi Yakes Telkom Kunjungi 3 Mitra Rumah Sakit di Bandung Jumat, 21 Juli 2023 11:26 WIB Bandung (21/7) - Dalam agenda memperkuat kolaborasi bersama untuk memberikan Pelayanan Prima bagi peserta, Direksi Yakes-Telkom kembali melakukan kunjungan ke 3 rumah sakit mitra layanan kesehatan di Kota Bandung. Direktur Utama Yakes-Telkom Tri Priyo Anggoro dan Direktur Layanan Kesehatan M. Suny Arifianto ditemani oleh GM Regional 3 Jawa Barat Sonny Khoeroni beserta rombongan mengunjungi tiga rumah sakit yang diantaranya adalah RSJP Paramarta, RS Muhammadiyah Bandung, &  Santosa Hospital Kopo Bandung.  Dalam kunjungan pertama di RSJP Paramarta, rombongan disambut langsung oleh CEO RSJP Paramarta, Pahlawanda Peni serta Direktur RSJP Paramarta dr. Jimmy Agung Pambudi, Humas dan Marketing dr. Glen, Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Stefany Sandradewi. Dalam pertemuan tersebut, Peningkatan layanan digitalisasi dengan RSJP Paramarta menjadi salah satu fokus pembahasan. Layanan untuk melakukan tracking terhadap pasiennya. salah satunya adalah layanan medical check up yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat. layanan tersebut mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena memudahkan mereka dalam melakukan medical check up secara mandiri hanya dengan mengandalkan aplikasi dari My Paramarta.  Sementara itu pada kunjungan di RS Muhammadiyah Bandung, rombongan Direksi Yakes-Telkom disambut langsung oleh Direktur Utama RS Muhammadiyah Bandung, M. Kautsar Boesoirie, Sp.M (K), MM. Pada pertemuan tersebut, topik improvement pelayanan menjadi salah satu perbincangan yang hangat. “Saya baru dengar bahwa ada satu Yayasan yang mempunyai filosofi memperlakukan pensiunannya seperti orangtua sendiri, menurut saya luar biasa, kita akan mengusahakan yang terbaik” ucap Direktur Utama RS Muhammadiyah Bandung M. Kautsar Boesoirie, Sp.M (K), MM. Sementara itu pada kunjungan ke Santosa Hospital Kopo Bandung, Direktur Utama Santosa Hospital Bandung dr. Rachim Dinata Marsidi Sp. B Finac M. Kes, Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan, dr. Koko Sudjadi SH., M.H.Kes, Direktur Umum dan Operasional, dr. HR. Asep Hidayat Sugiri MARS, serta Direktur Pelayanan JKN/BPJS, dr. H Dadang Prihadi, DTMH., MPH menyambut langsung kunjungan Direksi Yakes-Telkom.  “Dalam memasuki transformasi tahap dua ini kita akan memasuki tahap digitalisasi agar proses kerjasama yang terjadi antara Yakes dan rumah sakit itu transparan. jadi, harapannya proses administrasi dan operasional berjalan dengan efektif”, ujar Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yayasan Kesehatan Telkom. Sejalan dengan hal tersebut, SHB Kopo merupakan salah satu rumah sakit swasta dengan penggunaan IT yang cukup handal. Salah satu digitalisasi yang diterapkan oleh SHB Kopo yaitu adanya aplikasi untuk pasien yang berisikan informasi mengenai jadwal praktik dokter, pendaftaran online, hasil pemeriksaan penunjang, info kamar, dan fitur summary patient (daftar riwayat obat, daftar alergi pasien yang tercatat di rumah sakit, dan daftar riwayat operasi)

Info Terpopuler

image-popular
Info Korporasi

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Info Korporasi

Soft Launching FAST Sebagai Implementasi Core Values AKHLAK Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 WIB Yakes Telkom terus berinovasi mendukung visi dan misi serta salah satu yang tercantum dalam POT CINTA yaitu Pelayanan Prima. Bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021, Yakes Telkom memperkenalkan FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment), Jumat pagi ini (01/10). Acara soft launching FAST dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui vicon. Hadir pada kegiatan ini BoD, SL, dan seluruh karyawan Yakes Telkom. M. Suny Arifianto selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum Yakes Telkom menerangkan bahwa FAST merupakan inovasi pelayanan berbasis Fast Respon Team dengan reaksi cepat khususnya untuk usaha live safing dan menurunkan resiko fatality pada pasien yang dibutuhkan pada saat ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dengan tiga target customer yaitu: 1. Tim pengawalan atau peserta Event di lingkungan TelkomGroup. 2. Peserta Home Care yang memerlukan pelayanan cepat. 3. Emergency Patient Faskes Yakes Telkom dan Pasien Penanganan Khusus. Konsep layanan ini akan terintegrasi dengan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat demi meningkatkan kenyamanan peserta Yakes.  Lebih lanjut Suny menyampaikan bahwa FAST akan diimplementasikan terlebih dahulu di Regional Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini FAST menjalankan tugas perdananya di Papua sebagai pendampingan pelayanan kesehatan TelkomGroup pada PON XX Papua. Pada kesempatan berikutnya, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yakes Telkom memberikan sambutan sekaligus melakukan soft launching FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment). Priyo menjelaskan bahwa FAST dalam pelaksanaannya merupakan cerminan dari implementasi dari nilai-nilai AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif serta Kolaboratif. Lebih lanjut Priyo mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh tim FAST yang hadir baik di Bandung, Jakarta, dan Papua seraya berpesan agar seluruh tim mampu menunjukkan perannya sebagai tim yang responsif terhadap setiap kebutuhan peserta atas layanan Yakes. Priyo juga mengucapkan selamat bertugas kepada tim FAST yang bertugas mendukung event PON XX di Papua yang saat ini mengawal kesehatan Direktur EBIS Edi Witjara dan jajaran yang belum lama tiba untuk memastikan kesiapan tim TelkomGroup dalam mendukung suksesnya PON XX Papua. (YKS03)