Rabu, 14 Juli 2021 10:12 WIB

Karies Rampan

Karies rampan adalah karies yang terjadi sangat cepat, mengenai beberapa gigi serta sering menimbulkan rasa sakit. Karies ini sering ditemukan pada anak usia di bawah lima tahun dengan penyebaran yang tertinggi pada anak usia tiga tahun. Adanya rasa sakit mengakibatkan anak sering kali menangis atau rewel yang tidak menentu waktunya.

  • Setelah makan, bersihkan gusi anak dengan kain atau lap bersih. Bersihkan atau sikat gigi anak jika giginya sudah erupsi (tumbuh). Bersihkan dan pijat gusi pada area yang ompong dan mulai flossing menggunakan benang gigi ke semua gigi anak yang telah erupsi, biasanya pada usia 2-2,5 tahun. 
  • Jangan membiarkan anak tertidur sambil minum melalui botol yang berisi susu formula atau jus buah atau larutan yang manis.
  • Jika anak membutuhkan dot untuk pemberian makan yang regular pada malam hari atau hingga tertidur, jangan pernah memasukkan dot dengan minuman yang manis.
  • Mulai berkunjung ke dokter gigi sejak tahun pertama kelahiran secara teratur. Jika anak mempunyai masalah dengan giginya, segera periksakan ke dokter gigi.

Perawatan yang pertama dilakukan adalah menghilangkan rasa nyeri dengan obat-obatan secara lokal dengan zinc oxide eugenol dan secara oral dengan obat sedatif dan analgesik. Setelah rasa nyeri mulai hilang, gigi dibersihkan untuk membuang semua jaringan yang membusuk. Hal ini dilakukan untuk menghentikan perkembangan bakteri dalam gigi sehingga karies pun akan terhenti. Selain itu, jagalah pola makan anak agar tetap sehat, kurangi memberikan makanan manis untuk anak.

Baca juga : Kesehatan Gigi dan Mulut pada Pasien GGK